in

7 Lagu Legendaris yang Membuatmu Kangen Indonesia di Mana Saja!

Anda yang pernah menetap lama di luar negeri, entah untuk kuliah atau bekerja pasti pernah merasakan momen ini. Mendengarkan lagu di Youtube atau radio dan mendadak kangen sekali dengan Indonesia. Bahkan membuat kita ingin sekali menangis dan berharap besok bisa terbang kembali ke negara kita tercinta. Lagu-lagu yang anda dengarkan langsung membawa kerinduan anda mencapai batas yang tertinggi.

Di momen jelang 70 Tahun kemerdekaan Indonesia, izinkan kami menyajikan tujuh lagu legendaris yang Indonesia banget! Anda yang berada di dalam atau luar negeri, coba dengarkan, dendangkan di dalam hati. Rasakan betapa tinggal dan menetap di Indonesia itu adalah hal terindah yang pernah anda lakukan. Monggo kita dengarkan bersama!

1. Indonesia Raya – WR Supratman

Semua orang Indonesia pasti tahu lagu ini. Bahkan sejak kecil lagi ini telah mengisi hari-hari kita semua. Saat kita SD hingga SMA lagu ini selalu diputar ketika upacara bendera. Mungkin kita bosan dengan lagu ini. Tapi percayalah jika anda berada di luar negeri dan tengah berjuang, lagu ini akan membuat kangen. Bahkan tak bisa terbendung lagi.

https://www.youtube.com/watch?v=KLf2Pc84NhA

Lagu ciptaan WR Supratman ini menjadi lagu nasional dengan liriknya yang sempurna. Pemilihan katanya sangat tepat hingga membuat kita yang mendengarnya langsung bergetar. Lagu ini benar-benar membuat anda kangen untuk kembali. Lagu ini layak dinobatkan sebagai legendaris pemersatu bangsa. Hanya dengan mendengar musiknya saja, anda akan tanpa sadar menyanyikannya.

2. Rayuan Pulau Kelapa – Ismail Marzuki

“Tanah Airku Indonesia, Negeri Elok Amat Kucinta.” Penggalan lirik lagu ini benar-benar mengena. Terutama bagi kita yang mulai berkurang rasa nasionalismenya. Lagu ini akan memompa rasa nasionalisme dan membuat anda akan kangen. Membuat anda akan selalu teringat dengan negara bersemboyan Bhinneka Tunggal Ika!

Indonesia yang digambarkan dalam lagu ini benar-benar indah. Negeri yang sangat kita cinta dan puja sampai kapan pun. Meski sekarang negeri ini tak lagi hebat, aman, dan makmur seperti dahulu, kita harus tetap menjaganya. Bila perlu terus memperjuangkannya. Karena rayuan pulau kelapa: Indonesia, akan selalu menggoda kita untuk kembali pulang.

3. Hari Merdeka – H. Mutahar

Barangkali anda akan menitikkan air mata saat mendengarkan lagu ini tapi di luar negeri. Saat perayaan 17 Agustus anda masih menuntut ilmu atau bekerja dan hanya bisa melihatnya di TV atau radio. Begitu lagu di putar pikiran anda akan melayang ke masa anda masih muda. Memakai seragam sekolah lalu berdiri di tengah lapangan untuk upacara.

Well, lagu Hari Merdeka atau orang kerap menyebutnya lagu 17 Agustus ini sangat ngangenin. Bahkan anda bisa mengenalinya dengan cepat hanya dengan mendengarkan beberapa nada awal lagu. Liriknya yang padat dan penuh kata perjuangan bisa membuat pendengarnya langsung bersemangat. Memperjuangkan Indonesia yang kian terpuruk keadaannya sekarang. Semoga!

4. Garuda di Dadaku – Netral

Garuda di Dadaku adalah sebuah lagu dari sebuah grup band Netral. Sejak kemunculannya sebagai salah satu original soundtrack film, Lagu Garuda di Dadaku langsung melejit. Bahkan sudah menjadi lagu wajib di setiap event olahraga terutama sepak bola. Lagu Garuda di dadaku menyulut semangat semua rakyat Indonesia untuk mau berjuang membela Garuda yang selalu di dadanya.

Di setiap squad Garuda bertanding di luar negeri atau Indonesia lagu ini akan di putar. Bahkan jargon “Garuda di dadaku” menjadi sesuatu yang sangat bermakna. Ya, kita semua harus membela Garuda yang akan selalu ada di hati kita semua dengan cara yang sangat baik. Yaitu memenangkan setiap kejuaraan dengan cara yang sportif. Karena rakyat Indonesia yang beradab tidak akan suka dengan tawuran dan hal-hal tak penting lain. Setuju?

5. Bengawan Solo – Gesang

Bengawan Solo adalah lagu ciptaan dari Gesang, salah satu maestro musik Indonesia. Lagu ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 1940 saat Indonesia masih dijajah. Liriknya menceritakan tentang aliran Sungai Bengawan Solo. Sangat sederhana tapi memiliki makna yang dalam.

https://www.youtube.com/watch?v=bfRDtvnv9bg

Semua orang yang ada di Indonesia pasti mengetahui lagu ini dengan sangat baik. Lagu ini juga sangat dikenal di luar negeri. Bahkan beberapa musisi dunia melakukan cover lagu ini dengan nada yang lebih baik. Kita harus mengucapkan terima kasih kepada para tentara Jepang yang mempopulerkan lagu ini di negaranya hingga jadi mendunia. Bahkan era 40-50-an lagu ini termasuk lagu paling terkenal di kalangan warga Jepang di negaranya.

6. Bendera – Coklat

Tak ada yang meragukan lagu ciptaan Eros Sheila on 7 ini. Syair yang sangat sederhana tapi benar-benar mengena di hati. Setiap mendengarkan lagu yang dibawakan grup band Coklat ini, dijamin anda akan semangat. Irama yang sangat indah membuat pendengarnya bisa merinding dan ingat Indonesia!

“Merah putih teruslah kau berkibar, di ujung tiang tertinggi, di Indonesiaku ini!” Penggalan lirik ini cukup membuat kita bergetar. Ah, Indonesia adalah negara yang harus kita bela. Bendera merah putih harus kita kibarkan di mana saja, bila perlu di luar negeri! (Saat ajang olimpiade olahraga atau sains, sebagai contohnya!)

7. Kebyar-Kebyar – Gombloh

Kebyar-kebyar adalah lagu lawas ciptaan musisi hebat Gombloh. Lirik lagu ini ditulis dengan sangat sederhana. Mudah dihafal oleh siapa saja, bahkan hanya dalam sekali dengar. Lagu ini kerap dinyanyikan saat event khusus seperti acara kemerdekaan atau yang berbau Indonesia. Meski bukan lagu wajib nasional, isi lagu ini bisa memberikan semangat nasionalisme kita bertambah.

https://www.youtube.com/watch?v=2OclppU1mVc

Coba dengarkan beberapa lirik awal dari lagu ini: “Indonesia, merah darahku, putih tulangku.” Hanya dengan satu kalimat saja kita bisa tahu seberapa kuat makna lagu yang dipopulerkan sekitar tahun 1969 ini. Gombloh benar-benar membuat sebuah lagu yang menjadikannya legenda musik Indonesia meski kini ia telah tiada.

Itulah tujuh lagu legendaris yang akan membuat anda langsung kangen meski berada jauh dari Indonesia. Lagu ini akan menyeret anda kembali kepada kenangan yang tak akan terlupakan. Semuanya tersimpan di negara yang akan berulang tahun ke-70. Dirgahayu negeriku!

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Anak-Anak Paling Kuat di Dunia, Berani Lawan Mereka?

5 Cinta Soekarno untuk Indonesia