Ngeri, 5 Kutukan Paling Melegenda di Indonesia ini Bikin Merinding

oleh Adi Nugroho
14:01 PM on Feb 24, 2016

Kutuk bukanlah hal baru bagi orang Indonesia, terutama yang hidup di masa lalu. Mereka kerap mendengar kutuk atau sumpah serapah dari orang sakti atau dukun yang membuat seseorang jadi celaka. Hidupnya jadi menderita, mati, atau bahkan berubah menjadi objek tertentu, misalnya batu. Budaya kutuk mengutuk ternyata tak hanya ada di Indonesia saja. Di kebudayaan kuno suku-suku dunia pun kutuk juga kerap digunakan sebagai wujud dari kekesalan yang tiada habisnya.

Inilah lima kutuk paling melegenda yang ada di Indonesia. Kutuk-kutuk ini memperlihatkan jika apa yang keluar dari mulut sering kali jadi kenyataan. Bahkan hal-hal sepele pun akan membuat banyak orang jadi menderita. Karena mulutmu adalah harimau-mu. Mari kita simak bersama-sama, kutukan apa sajakah yang paling melegenda di Indonesia.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Kutukan Putri Pukes

Barangkali kita sering mendengar cerita tentang Malin Kundang yang dikutuk oleh ibunya menjadi batu. Namun batu yang ada di pantai sengaja dibuat oleh pemerintah pada tahun 1980-an untuk menarik banyak sekali wisatawan. Hal berbeda terjadi pada batu atau patung yang mirip sekali dengan wanita dan kerap dinamai Putri Pukes ini. Patung ini terdapat di dalam gua yang terletak di Aceh.

Kutukan Putri Pukes [image source]
Kutukan Putri Pukes [image source]
Sebuah cerita di masa lalu menuturkan jika Putri Pukes dikutuk jadi batu lantaran melakukan hal tak terpuji pada ibunya. Ia menendang sang ibu yang sedang salat gara-gara kesal. Ibu dari Putri Pukes menasihati anaknya untuk merelakan suami yang hilang saat perang. Putri Pukes justru marah dan menganggap ibunya tak memberikan harapan. Lalu kejadian mengerikan itu muncul akibat sang ibu kesal dan mengutuk Putri Pukes jadi batu.

2. Kampung yang Dikutuk Jadi Batu

Kutuk selanjutnya dilakukan oleh seorang raja yang tidak bisa mengatur apa yang ia ucapkan. Ia mengutuk semua orang di desa jadi batu lantaran tak mau menikahkan putrinya dengan anjing. Kejadian ini bermula saat alat tenun sang putri raja jatuh. Raja yang tamak berujar akan menikahkan siapa saja dengan putrinya asal mau mengambilkan alat itu. Sialnya, anjing dari kerajaan justru yang mengambilkan alat tenun itu.

Gua Mampu di Bone [image source]
Gua Mampu di Bone [image source]
Akhirnya semua orang dikutuk jadi batu dan saat ini ada di dalam gua. Cerita tentang masyarakat yang dikutuk dan juga guanya ini terletak di Desa Cabbeng, Bone, Sulawesi Selatan. Di dalam gua, banyak sekali objek yang mirip makhluk hidup seperti manusia dan hewan mirip kuda, buya, tikus, dsb. Gua yang bernama Mampu ini dikelola warga lokal dan jika ingin masuk harus membawa penerangan berupa obor.

3. Dukuh yang Hilang Dalam Semalam

Nama dukuh yang hilang dalam semalam itu adalah Legetang. Dukuh ini terletak di Desa Pekasiran, Kecamatan Bantur, Banjarnegara. Awalnya desa ini sangat makmur karena memiliki wilayah pertanian yang subur. Apa saja yang ditanam pasti tumbuh dan menjadi panen raya. Sayangnya, kelakuan penduduk dukuh ini sangat tidak bermoral. Hal-hal yang berhubungan dengan maksiat justru dilakukan setiap hari.

Tugu lokasi Legetang [image source]
Tugu lokasi Legetang [image source]
Suatu malam, saat hujan badai datang dengan dahsyat, sebuah longsor langsung memendam semua dukuh. Semua penduduk meninggal dunia dan hanya bersisa 2 saja yang hidup. Warga di sekitar sana percaya jika Tuhan telah memberikan kutuk dan azab yang pantas. Dengan adanya azab ini, semua orang akan sadar jika hidup di dunia ini harus sesuai dengan aturan yang ada, terutama aturan dari Tuhan.

4. Kutukan Berpisah Dengan Pasangan

Kutukan selanjutnya yang banyak dipercaya oleh orang-orang di Indonesia, khususnya yang tinggal di Malang. Ada sebuah cerita yang diturunkan dari generasi ke generasi tentang tempat yang bernama Air Terjun Coban Rondo. Jika seseorang datang ke sini dengan pasangan, ada kemungkinan akan terkena kutukan yang sangat mengerikan berupa berakhirnya hubungan.

Coban Rondo [image source]
Coban Rondo [image source]
Kutukan ini berawal dari kisah Dewi Anjarwati. Di sama lalu, ada seorang pria yang tertarik dengan kecantikan dewi ini. Padahal ia sudah memiliki seorang suami. Akhirnya, terjadilah pertarungan antara suami dan orang yang tertarik itu. Buntut dari pertarungan itu, dua pria yang menyukai Dewi Anjarwati meninggal dunia. Dan sejak saat itu ia menjanda dan bersembunyi di balik Air Terjun Coban Rondo.

5. Kutukan Lembu Suro di Gunung Kelud

Kutukan Lembu Suro—makhluk berkepala lembu—berbunyi: “Yoh, Kediri mbesuk bakal pethuk piwalesku sing makaping-kaping, yaiku Kediri bakal dadi kali, Blitar dadi latar, lan Tulungagung dadi kedung” Kediri akan jadi sungai, Blitar jadi padang yang luas, dan Tulungagung jadi tandon air. Kutuk ini diucapkan gara-gara raja ingkar untuk menikahkan Lembu Suro dengan sang putri yang bernama Kilisuci. Bahkan menguburnya dalam sumur yang sangat dalam di Gunung Kelud.

gunung Kelud [image source]
gunung Kelud [image source]
Terlepas akan benar atau tidaknya cerita ini. Saat Gunung Kelud meletus, kota yang disebutkan di atas memang menjadi seperti itu. Bahkan Kerajaan Majapahit yang ada di sekitar sana pun ikut lenyap dan hilang dari peradaban. Saat Gunung Kelud mulai meningkat aktivitasnya, biasanya ada juru kunci yang memberi sesajen. Hal ini dilakukan agar Lembu Suro tak lagi mengamuk.

Inilah lima kutukan paling melegenda yang ada di Indonesia. Bagaimana menurut sobat Boombastis semuanya? Adakah kutukan-kutukan serupa seperti di atas?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo
BACA JUGA