Kuliah Sambil Traveling ke Luar Negeri? Bisa Banget!

oleh Rizal
03:00 AM on Jun 26, 2015

Setiap orang punya mimpi dan ketika ditanya pasti bakal beragam banget jawabannya. Mulai dari punya istri seperti Raisa atau Chelsea Islan, hingga sukses seperti Donald Trump. Well, mimpi kadang nggak melulu hal-hal seperti itu. Punya pendidikan tinggi dan bisa traveling ke luar negeri juga bisa dikategorikan sebagai mimpi. Nah, tahu nggak sih kalau dua hal tersebut ternyata bisa lho digabungin.

Yup, kamu bisa menempuh pendidikan tinggi sembari liburan ke luar negeri. Caranya? Tentu aja dengan menempuh pendidikan di sana. Uniknya lagi, kamu nggak perlu mengeluarkan banyak biaya karena ada beberapa negara yang education cost-nya murah banget. HSCB belakangan merilis daftar negara yang biaya kampusnya cukup rendah. Penasaran? Simak ulasan yang bikin pengen ini!

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

1. Rusia

Banyak sekali alasan kenapa Rusia harus masuk daftar negara yang harus dikunjungi. Nggak hanya untuk mengagumi ciptaan tuhan lewat banyaknya wanita cantik di sini, kamu juga akan sangat dipuaskan dengan indahnya arsitektur khas yang bakal bikin kamu lupa berkedip saking eksotisnya.

Di Rusia banyak kampus yang menawarkan pendidikan terjangkau nih! [Image Source]
Di Rusia banyak kampus yang menawarkan pendidikan terjangkau nih! [Image Source]
Soal pendidikan, negaranya Vladimir Putin ini juga lumayan terjangkau lho jika dibandingkan dengan beberapa universitas negeri dan swasta di Indonesia. Kamu hanya membutuhkan sekitar $ 3.131 aja pertahun atau sekitar Rp 41,8 jutaan untuk jurusan teknik. Beberapa kampus beken bisa kamu pilih, misalnya North Eastern Federal University yang punya pemandangan kece dan fasilitas wah.

2. China

Bukan tanpa alasan kenapa sampai muncul ungkapan ‘belajar sampai ke negeri China’. Yup, meskipun hobi banget bikin barang KW, tapi kamu harus mengakui kalau Negeri Tirai Bambu ini adalah gudangnya ilmu pengetahuan. Kabar baik untuk kamu yang berminat menempuh pendidikan tinggi di sini. Yup, apalagi kalau bukan biayanya yang lumayan murah.

Pusing mikirin tugas? Ngadem bentar di sini! [Image Source]
Pusing mikirin tugas kampus? Ngadem bentar di sini! [Image Source]
Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya nggak lebih dari $ 3.983 aja atau senilai dengan Rp 53 jutaan pertahun. Soal traveling di sini, sepertinya nggak perlu penjelasan mendalam mengenai hal-hal keren apa aja yang bisa kamu dapatkan di China. Ada banyak tempat-tempat keren yang bisa kamu kunjungi, mulai dari hal-hal yang berbau teknologi sampai unsur-unsur budaya. Asik banget deh!

3. Taiwan

Masih dari Asia, negara yang ada di Laut China Timur ini juga jadi destinasi wisata yang asik banget buat dikunjungi. Apalagi kamu yang pengen ngrasain gimana asiknya kehidupan malamnya yang seperti nggak ada matinya itu. Selain jadi tempat yang gokil banget untuk liburan, Taiwan juga menawarkan kampus-kampus keren dengan biaya murah.

Night life di Taipie ini bikin ngampus tetep asik [Image Source]
Night life di Taipie ini bikin ngampus tetep asik [Image Source]
Berapa kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk belajar di sini? Cukup terjangkau kok, hanya sektiar $ 3.270 aja atau sekitar Rp 43,5 jutaan pertahun. Asiknya lagi, buat kamu yang berprestasi dan punya daya saing greget, beberapa universitas di sini juga menawarkan beasiswa. Nggak usah pusing soal biaya deh, dan kamu tetep bisa traveling.

4. Spanyol

Udah nggak usah diragukan lagi kalau Spanyol adalah spot impian para traveler seluruh dunia. Ada banyak hal yang bisa kamu nikmati di sini. Mulai dari eksotisnya tata kota dan arsitekturnya, wisata budayanya yang keren termasuk upacara banteng ngamuk hingga hiburan olahraga sekelas La Liga. Asik bener deh!

Cuma kuliah di sini kamu bisa menikmati serunya Bull Run! [Image Source]
Cuma kuliah di sini kamu bisa menikmati serunya Bull Run! [Image Source]
Uniknya, selain ramah traveler, Spanyol juga welcome banget sama mahasiswa. Buktinya departemen pendidikan di sini mematok harga yang murah untuk biaya kampus. Kamu cuma perlu mengeluarkan uang sebesar $1.002 atau hanya Rp 13 jutaan aja pertahunnya. Mungkin yang mahal adalah biaya hidupnya. Tapi bisa diakalin kok dengan cari promo-promo atau bekerja sambilan.

5. Jerman

Udah jadi mindset banyak orang kalau Jerman itu identik sama hal-hal yang berbau pendidikan berkualitas. Hal tersebut emang bener nih, buktinya Negeri Panzer ini banyak menyumbang penelitian keren untuk dunia. Nah, buat kamu yang pengen secerdas Habibie, bisa memilih Jerman sebagai destinasi untuk ngampus. Nggak usah khawatir karena biayanya sangat murah. Pertahunnya hanya perlu menghabiskan sekitar $ 635 atau Rp 8,3 jutaan.

Aachen University ini bisa jadi salah satu pilihanmu di Jerman [Image Source]
Aachen University ini bisa jadi salah satu pilihanmu di Jerman [Image Source]
Soal tempat asik, Jerman juga nggak kalah keren dari negara lainnya di Eropa. Pengen menikmati arsitekturnya yang bikin nangis? bisa kunjungi Brandenburg Gate atau Holstentor. Pengen nikmati suasana alam khas Eropa? Mampir deh ke Rugen Cliffs. Jerman jadi paket lengkap buat kamu yang pengen traveling sekaligus ngampus.

Nggak hanya bergelar sarjana luar negeri nih kalau lulus, kamu juga bakal mendapatkan banyak banget pengalaman asik di negeri orang. Berminat melakukan hal ini guys? Pastinya kamu harus prepare berbagai hal nih. Terutama yang paling penting adalah perbendaharaan bahasa.

Siap mewujudkan sebagian kecil dari mimpi? Buruan deh cari tahu lebih dalam tentang negara-negara di atas.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA