Inilah Alasan Kenapa Kucing Jadi Hewan Keramat di Mesir

oleh Bimo
08:00 AM on Jan 17, 2017

Di dunia ini tak ada satu pun negara yang mencintai kucing lebih dari Mesir. Kalau kamu ke sana, pasti bakal takjub dengan bagaimana orang-orang negeri Paraoh ini memperlakukan hewan lucu tersebut. Ya, rata-rata orang-orang Mesir memperlakukan kucing dengan sangat baik. Bahkan kepada kucing yang bukan peliharaannya.

Kecintaan orang-orang Mesir terhadap kucing bukan hanya karena mamalia imut ini memang lucu, tapi juga lantaran faktor sejarah. Diketahui sejak zaman dulu sekali, masyarakat negeri sungai Nil termasuk Firaun-nya memang mencintai kucing. Hal ini kemudian menurun hingga ke habit atau kebiasaan orang-orang Mesir.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Lebih jauh soal kucing dan Mesir, berikut adalah alasan kenapa orang-orang negeri Paraoh mencintai kucing serta perlakuan spesial mereka terhadap hewan yang bikin diabetes karena saking manisnya itu.

Mesir menganggap kucing sebagai dewa

Kucing dianggap dewa [Image Source]
Masyarakat di Mesir menganggap bahwa kucing lebih dari sekedar binatang. Mereka percaya bahwa kucing adalah hewan yang paling suci, terbukti dari patung-patung di Mesir yang berbentuk kucing. Hal ini memiliki alasan yang cukup kuat, karena bagi bangsa Mesir sendiri kucing memang berjasa besar. Menurut cerita, dulu di Mesir banyak sekali tikus yang merugikan. Kemudian muncul kucing yang menghabisi para pengerat itu sehingga kemudian sepupu jauh harimau itu pun diagungkan dan dimuliakan.

Kucing adalah pertanda keberuntungan untuk masyarakat Mesir

Kucing membawa keberuntungan [Image Source]
Masyarakat Mesir percaya ketika bermimpi mengenai kucing, maka mereka akan mengalami nasib yang baik. Misalnya seperti hasil panen yang melimpah atau mendapatkan keberuntungan besar. Hal ini disebabkan karena kecintaan orang-orang Mesir terhadap kucing. Soal kucing yang berhubungan dengan keberuntungan kita juga bisa lihat Spinx. Mungkin definisi umum soal Spinx adalah patung singa, namun bisa saja itu adalah kucing melihat dari fakta kecintaan masyarakat Mesir terhadap hewan lucu tersebut.

Panggilan mesra terhadap kucing di Mesir

Panggilan kucing [Image Source]
Tak seperti orang Indonesia yang memanggil kucing dengan sebutan ‘Pus’, masyarakat Mesir memberikan panggilan yang lebih mesra dan unik. Biasanya, mereka akan memanggil kucing-kucing dengan sebutan “Nedjem” yang berarti sayang atau “Tai Miuwette” yang berarti kucing kecil. Uniknya, panggilan ini universal alias tak memandang kucingnya. Entah peliharaan sendiri atau liar tetap kucing dipanggi seperti itu.

Larangan Membunuh Kucing di Mesir

Larangan membunuh kucing [Image Source]
Saking cintanya terhadap kucing bahkan menganggap hewan ini dewa, maka orang Mesir pun membuat semacam aturan tidak tertulis. Aturan ini adalah soal larangan membunuh kucing. Haram hukumnya untuk membunuh kucing di sana. Dan kalau sampai terjadi, maka si pelakunya bersiap-siap saja dengan dua hal. Kalau tidak hukuman ya kutukan dari masyarakat. Bagi masyarakat Mesir sendiri membunuh kucing bisa berakibat kutukan menyeramkan.

Kontradiksi Perlakuan Kucing di Indonesia dan Mesir

Kucing hutan diburu [Image Source]
Ketika kucing begitu diistimewakan di Mesir, hal yang berkebalikan terjadi di Indonesia. Memang sih banyak masyarakat kita yang suka kucing, tapi sebagian besar memperlakukan makhluk ini dengan tidak baik. Salah satu buktinya adalah berita tentang seorang wanita yang membunuh kucing hutan lalu dipamerkan di sosmed yang bikin geger itu. Kalau orang Mesir tahu itu, maka sudah habis dimaki si pelakunya. Tak hanya itu, banyak orang yang juga sehari-harinya berbuat nista kepada si kucing. Entah ditendang, disiksa, dan sebagainya. Sepertinya masyarakat Indonesia harus berkaca kepada orang-orang Mesir.

Seperti inilah masyarakat Mesir memperlakukan kucing. Begitu istimewa dan spesial bahkan tidak pilih kasih. Terlepas dari kepercayaan mereka terhadap kucing sehingga berdampak pada perlakuan baik, masyarakat Indonesia harus belajar kepada orang-orang Mesir dalam memperlakukan kucing.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA