Menengok Kekuatan Militer Suriah yang Sampai Sekarang Bikin Ketar-Ketir Negara Adidaya

Masuk di peringkat 36 dunia, wajar sampai sekarang masih belum bisa dikalahkan

oleh Arief Dian
17:00 PM on Apr 8, 2017

Sejak 2011, konflik suriah masih saja terus terjadi. Bahkan banyak campur tangan dari negara-negara besar dalam usaha menegakkan kembali kedamaian di negara ini. Namun hasilnya, masih saja nihil. Suriah masih tidak tumbang meskipun gempuran berasal dari dalam maupun luar. Kemampuan pertahanan Suriah bikin geleng-geleng banyak negara.

Sebenarnya seberapa kuatkah Suriah ini? Sampai-sampai negara adidaya harus sangat memperhatikan langkahnya ketika berhadapan dengan negara kecil ini. Berikut kekuatan militer Suriah yang bikin Amerika dan Rusia tidak mau salah langkah menghadapinya.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Negara kecil dengan personel besar

Pasukan Suria [image source]
Suriah atau Syiria mungkin tidak ada apa-apanya dari pada Indonesia, tapi ternyata mereka memiliki jumlah personel tentara yang besar. Untuk wilayah yang hanya sekitar 180 km persegi, negara ini dijaga oleh kurang lebih 180 ribu personel, ini sudah mengalahkan negara-negara besar seperti Kanada dan Inggris. Wajar sekali kalau rezim Assad sangat diperhitungkan kekuatannya oleh pihak-pihak lawan. Negara seperti Amerika dan Rusia tidak mau mengambil risiko secara langsung melawan Syiria. Serangan militer hanya akan dilakukan bila memang keadaan yang sangat mendesak.

Keamanan udara yang sangat ketat

Syrian Jet [image source]
Kekuatan Suriah udara masuk dalam peringkat kedua puluh lima dunia. Tercatat negara ini memiliki 461 unit udara yang terdiri dari 165 jet tempur, 168 helikopter dan berbagai kendaraan tempur lainnya. Hal itu bahkan membuat Kanada dan Indonesia tertinggal sangat jauh dari Suriah ini. Wajar saja kalau kemarin 9 pesawat tempur milik Assad ini menjatuhkan banyak rudal-rudal tomahawk yang dilancarkan oleh Amerika. Untuk masalah keamanan udara, bukan sebuah masalah bagi Suriah.

Mimpi buruk di daratan

Tank Suriah [image source]
Suriah memiliki kendaraan tempur yang sangat banyak, bahkan masuk dalam jajaran peringkat ke-6 dengan jumlah tank terbanyak. Ada kurang lebih 4,500 tank yang siap melindungi negara ini dari ancaman musuh. Belum lagi ditambah 4, 500 kendaraan lapis baja dan ratusan kendaraan peluncur roket. Hal ini membuat Suriah jadi sebuah mimpi buruk jika sampai terjadi perang di darat. Hal itu mungkin juga karena kondisi di Suriah sendiri yang sedang panas, maka dibutuhkan tambahan ekstra alusista untuk perlindungan. Yang jelas, jangan pernah main-main dengan kekuatan darat milik Suriah, Indonesia saja kalah.

Kekuatan laut yang lumayan

Unit Laut [image source]
Kalau penjaga lautnya, Suriah bisa dibilang lumayan. Mereka punya 56 kapal laut dan beberapa kendaraan tempur air lainnya. Hal itu sudah membuat Suriah lebih baik dari pada Australia dan Arab Saudi. Mungkin itu semua dipengaruhi oleh konflik di sana yang sering terjadi di darat dan udara. Hal itu membuat Suriah jadi tidak memperhitungkan serangan dari laut, tapi dibanding negara lainnya Suriah masih untung punya unit laut sebanyak itu.

Produksi bahan bakar yang minim

Minyak Suriah [image source]
Meskipun berada di kawasan timur tengah, namun tidak seperti negara yang lain, Suriah hanya bisa menghasilkan minyak sekitar 22 ribu barel per hari. Jangan bandingkan dengan Arab maupun kuwait yang bisa menghasilkan jutaan barrel per hari. Mungkin ini pula yang menyebabkan perekonomian di Suriah jadi agak kacau. Belum lagi penggunaan minyak dan bahan bakar sekitar 260 barrel minyak per hari, jadi makin terpuruk keuangannya.

Itulah kekuatan militer yang dimiliki oleh Suriah, wajar jika Amerika dan Rusia tidak mau sembarangan mengambil langkah dalam masalah konflik Suriah ini. Salah-salah malah diri mereka sendiri yang kena imbasnya. Terlepas dari kekuatan militer yang mereka punya, kita berharap konflik di Suriah ini segera selesai dan tidak ada perang saudara yang membuat banyak korban jiwa yang berjatuhan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA