in

Mengaku Pacari Anak di Bawah Umur, Kriss Hatta Disebut Pedofil hingga Tuai Kecaman KPAI

Kriss Hatta pacari anak di bawah umur
Kriss Hatta [sumber gambar]

Nama Kriss Hatta kembali mencuat setelah ia membuat pengakuan mengejutkan. Mantan suami Hilda Vitria itu, mengaku tengah berpacaran dengan seorang artis wanita yang usianya jauh lebih muda dibanding dirinya.

Pacaran beda usia memang kerap terjadi. Namun, usia kekasih Kriss Hatta yang masih tergolong di bawah umur, menimbulkan kecaman banyak pihak. Kriss dinilai memanfaatkan sang kekasih yang masih polos. KPAI pun ikut angkat bicara setelah mendengar pengakuan Kriss. Inilah informasi selengkapnya.

Kriss Hatta miliki kekasih 20 tahun lebih muda

Di kanal YouTube Sambel Lalap, Kriss Hatta menceritakan bahwa ia sedang memadu kasih dengan gadis yang berusia 20 tahun lebih muda darinya. Kriss mengenal kekasihnya itu saat bermain di sinetron yang sama. Ia juga mengaku tak menyukai wanita yang lebih tua lantaran menurutnya banyak menuntut. Kriss menyukai sang kekasih karena dinilai lebih gampang diatur. Ia memuji kekasihnya sebagai sosok yang baik dan lebih sabar menghadapinya yang dominan.

Kriss Hatta [sumber gambar]
Meski usia keduanya terpaut sangat jauh, ibu sang kekasih justru memberikan lampu hijau. Sang ibu mengatakan pernikahan bisa dilakukan saat anaknya sudah lulus SMA. Kriss Hatta juga mengatakan, ibu kekasihnya tak keberatan jika sang anak harus kuliah sambil berumah tangga. Bahkan, sang ibu berpikir untuk tak lama-lama menunda pernikahan lantaran baginya semakin tua wanita akan semakin susah mendapat pasangan.

Kriss Hatta samakan dirinya dengan Leonardo DiCaprio

Postingan Kriss Hatta [sumber gambar]

Di tengah pengakuannya yang menuai kecaman, Kriss Hatta justru menyamakan kisah cintanya dengan Leonardo DiCaprio dan Gigi Hadid. Ia tak menunjukkan rasa bersalah dan justru bangga dengan sikapnya tersebut. Padahal, Gigi yang digosipkan berpacaran dengan Leonardo bukanlah anak di bawah umur. Gigi adalah wanita dewasa yang sudah berusia 27 tahun. Berbeda dengan artis yang dipacari Kriss yang usianya masih 14 tahun.

Disebut pedofil hingga tuai kecaman KPAI

Usai pengakuan tersebut, Instagram Kriss Hatta langsung diserbu netizen. Mereka menyebut aktor yang berusia 34 tahun itu sebagai pedofilia. Netizen juga mempertanyakan sikap sang ibu yang merestui hubungan Kriss dan anaknya. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pun tak tinggal diam, mereka turut mengecam tindakan sang aktor.

Kriss Hatta [sumber gambar]
Komisioner KPAI Retno Listyarti mengecam Kriss Hatta yang telah memberikan contoh buruk bagi masyarakat. Retno menyebut, Kriss berpotensi mengglorifikasi pernikahan anak di bawah umur. Padahal, pemerintah tengah berjuang menurunkan angka perkawinan anak. Usia 14 tahun belum memenuhi usia minium dalam UU Perkawinan, yakni 19 tahun.

Bahaya di balik tindakan Kriss Hatta

Tindakan Kriss Hatta berpotensi menjadi child grooming atau aktivitas membangun rasa percaya dan ikatan emosional melalui hubungan romantis yang dilakukan orang dewasa kepada anak di bawah umur. Child Grooming sering dilakukan oleh orang dengan kelainan seksual tertentu, seperti pedofilia. Ini adalah awal dari modus pelecehan seksual kepada anak-anak.

Kriss Hatta [sumber gambar]
Tak hanya itu, kisah cinta Kriss Hatta yang mengarah ke pernikahan dini juga menimbulkan dampak berbahaya. Pernikahan usia anak menyebabkan kematian ibu, kurang gizi pada bayi, kematian bayi, hingga dampak ekonomi.

BACA JUGA: 10 Potret Pengantin Anak di India yang Justru Meningkat Saat Pandemi

Meski Kriss Hatta tak mengungkap identitas kekasih dengan alasan kekasihnya tak mau panjat sosial, tak butuh waktu lama identitas sang kekasih akan terungkap. Hal ini bisa semakin menunjukkan glorifikasi pernikahan dini. Semoga tindakan Kriss tak dicontoh oleh masyarakat dan semoga semakin banyak yang menyadari bahaya dari child grooming hingga pelaku pedofilia.

Written by F A Agustina

Es Teh Indonesia somasi konsumen

Dikritik Varian Minuman Terlalu Manis, Es Teh Indonesia Somasi Konsumen

Kematian Mahsa Amini di Iran

4 Fakta Kematian Mahsa Amini di Iran, Ditangkap Polisi Moral hingga Demo Soal Hijab