6 Orang Ini Kabur dari Penjara dengan Cara yang Kreatif

oleh Tetalogi
07:50 AM on Mar 31, 2016

Kebanyakan orang membayangkan penjara sebagai sebuah tempat hukuman dengan begitu banyak penjaga yang tidak mungkin bisa ditembus begitu saja. Hal ini ada benarnya, karena seorang kriminal seharusnya tidak mungkin dibiarkan melengang keluar masuk begitu saja. Apalagi jika mereka termasuk penjahat berbahaya.

Tapi nyatanya, ada saja orang-orang yang bisa kabur dan melepaskan diri dari penjara. Dengan resiko kemungkinan mendapatkan tambahan hukuman jika sampai tertangkap, orang-orang ini malah mencoba kabur dengan cara-cara yang tidak biasa.

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

1. Hugo Grotius

Pada tahun 1600, penulis Hugo Grotius terlibat masalah hukum gara-gara tulisannya tentang keadilan dan hukum alam dianggap bertentangan dengan agama yang dianut negaranya. Di dalam penjara, ia memperhatikan dan menganalisa setiap gerak-gerik para sipir penjara.

Hugo Grotius [Image Source]
Hugo Grotius [Image Source]
Ia berhasil kabur dengan cara bersembunyi di dalam peti buku yang secara rutin dikeluarkan dari penjara dan dibawa ke dalam sebuah perahu. Beberapa kali ia hampir ketahuan gara-gara penjaga merasa peti tersebut terlalu berat. Tapi ternyata ia berhasil kabul dan sampai di Belanda.

2. Jack Shephard

Jack Shephard adalah seorang tukang kayu yang terlibat kejahatan gara-gara memenuhi kehidupannya yang suka berfoya-foya. Ia ditangkap beberapa kali oleh pihak berwajib tapi selalu berhasil kabur dari penjara. Metode yang ia gunakan juga selalu berubah-ubah setiap saat. Mulai dari menerobos atap hingga menyamar menjadi wanita.

Jack Shephard [Image Source]
Jack Shephard [Image Source]
Di penjara manapun ia ditahan, Jack Shephard selalu bisa melepaskan diri. Tapi justru karena kemahirannya kabur dari penjara itulah, ia langsung dihukum gantung di depan umum ketika berhasil ditangkap lagi setelah berhasil kabur untuk kesekian kalinya.

3. John Dillinger

John Dillinger adalah seorang perampok bank yang terkenal berbahaya sekaligus kreatif. Ia pertama kali kabur dari penjara ketika sekelompok anggota geng membebaskannya dengan cara membunuh para penjaga. Namun ia kemudian ditangkap di dimasukkan kedalam sebuah sel yang lebih ketat hanya dengan sebuah kentang, semir sepatu, dan sebuah pisau cukur.

John Dillinger [Image Source]
John Dillinger [Image Source]
Dengan keinginan untuk bebas yang sangat besar, ia kemudian mengukir kentang tersebut menjadi sebuah pistol dan mengecatnya agar berwarna hitam dengan menggunakan semir sepatu. Dengan menggunakan pistol palsu tersebut, ia mengancam penjaga dan berhasil melarikan diri dan bebas selama berminggu-minggu. Tapi ia kemudian tewas dalam baku tembak setelah FBI menemukan lokasi keberadaannya.

4. Joaquin Guzman

Raja narkoba Meksiko, Joaquin Guzman alias El Chapo juga terkenal sebagai seseorang yang begitu sering melarikan diri dari penjara. Pertama kali ia berhasil melarikan diri setelah menyuap beberapa penjaga dan polisi untuk membantunya kabur. Ia kemudian bersembunyi di pegunungan Meksiko selama 13 tahun sebelum akhirnya berhasil ditangkap kembali.

Joaquin Guzman [Image Source]
Joaquin Guzman [Image Source]
Ternyata penangkapan kedua ini juga tidak bertahan lama karena El Chapo berhasil kabur dengan menggali terowongan di bawah kamar mandinya sepanjang beberapa kilometer. Ia kabur dengan menaiki motor di dalam terowongan tersebut dan berhasil keluar ke lokasi konstruksi yang tidak jauh dari sana. Tapi ia akhirnya berhasil ditangkap lagi setelah mengundang beberapa produser Hollywood untuk membuat film tentang bagaimana ia kabur dari penjara.

5. Frank Abagnale

Saat Frank Abagnale pertama kali dijebloskan ke dalam penjara, ia sadar bahwa seorang perwira Amerika tidak sengaja meninggalkan surat-surat keterangan miliknya. Ia kemudian menggunakan informasi ini dan meyakinkan kepada para penjaga bahwa dirinya adalah seorang agen yang menyamar untuk melakukan inspeksi rahasia. Abagnale kemudian juga menyuruh pacarnya mencetak kartu bisnis palsu untuknya.

Frank Abagnale [Image Source]
Frank Abagnale [Image Source]
Ketika petugas menghubungi nomor yang tertera di kartu tersebut, ternyata teman Abagnale sudah siap sedia dan mengatakan bahwa Abagnale memang seorang agen inspeksi. Para penjaga percaya dengan tipuan tersebut hingga mereka memberikan perlakukan istimewa pada Abagnale dan mengijinkannya keluar dari penjara.

6. Pascal Payet

Pascal Payet adalah seorang kriminal Prancis yang dipenjara atas tuduhan pembunuhan setelah melakukan perampokan. Ia kemudian meminta beberapa temannya untuk membajak sebuah helikopter dan menerbangkannya ke penjara di waktu ia berada di lapangan olahraga. Tidak puas kabur sendirian, ia meminta rekannya untuk memutar kembali helikopternya ke arah penjara dan membantu teman barunya di penjara kabur.

Pascal Payet [Image Source]
Pascal Payet [Image Source]
Pascal kemudian kembali ditangkap dan diletakkan di dalam sel yang dikira akan aman dari kedatangan helikopter. Namun ternyata sebuah helikopter kembali datang di malam hari dan kali ini ia benar-benar berhasil kabur dan tidak kembali.

Seorang penjahat yang benar-benar menyesali perbuatannya seharusnya tidak akan berusaha kabur dari penjara. Karena hukuman tersebut juga diberikan baginya untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Kalaupun mereka memang tidak bersalah, seharusnya bisa diambil langkah lain yang tetap patuh pada hukum. Namun harus diakui, beberapa orang  yang disebutkan tadi memang cukup kreatif, sayang mereka menggunakannya untuk hal yang salah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA