Tinggal di 5 Kota Paling Terisolasi di Dunia ini Membuatmu Seperti Hidup di Planet Lain

oleh Adi Nugroho
07:13 AM on Apr 1, 2016

Kebanyakan dari kita akan berpikir jika tempat paling terisolasi di dunia ini ada di daerah beku di sekitar Rusia, atau Antartika yang dinginnya bisa membuat manusia membeku. Sebenarnya banyak sekali tempat terisolasi di dunia ini yang sebenarnya sebuah kota. Bahkan penduduknya lumayan banyak dan memiliki sistem kota yang baik.

Penduduk di kota terisolasi ini memilih menetap di sana karena merasa nyaman bisa lepas dari ingar-bingar. Mereka bisa hidup selayaknya di planet lain hingga hubungan dengan dunia luar seperti terputus. Di kota terpencil ini kamu bisa hidup dengan damai, lepas dari internet yang bikin candu serta me-refresh pikiran yang terlalu stess.

Baca Juga
Inilah 4 Kisah Pria Beruntung 2017, yang Berhasil Bikin Bule “Ngebet” Nikah
Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah

Inilah lima kota paling terisolasi yang bisa membuatmu hidup seperti di planet lain itu. Mari simak dengan saksama.

1. Edinburgh of the Seven Seas – Tristan Da Cunha

Edinburgh of the Seven Seas adalah sebuah kota kecil yang terletak di Pulau Tristan yang terletak di tengah Samudra Atlantik. Kota ini hanya memiliki sekitar 267 penduduk saja yang menempati daratan seluas 98 km persegi. Kota ini dikenal sebagai salah satu kota paling terisolasi di dunia. Bahkan jarak menuju kota terdekat di pulau utama mencapai 2.173 km dan butuh perjalanan beberapa hari via kapal laut.

Edinburgh of the Seven Seas [image source]
Edinburgh of the Seven Seas [image source]
Meski sangat kecil dan penduduknya tak ada 1.000, kota ini juga memiliki kantor pemerintahan. Bahkan di gedung pemerintahan ada 14 orang yang bekerja dan akan berganti setiap 3 tahun sekali. Hidup di kota kecil ini akan membuatmu merasa hidup di planet lain. Hanya ada pegunungan, laut, dan bangunan kuno yang dibangun sejak Inggris mulai menduduki pulau ini.

2. Pulau Cocos – Australia

Pulau Cocos terletak di Samudra Hindia atau barat daya dari Pulau Sumatra. Pulau ini adalah gugusan beberapa pulau kecil dan dua atol yang yang melingkar. Saat ini Pulau Cocos hanya dihuni 600 orang saja. Semua penduduk di pulau ini kebanyakan bekerja sebagai pegawai konstruksi dan pekerja pariwisata.

Pinggir Pantai Pulau Cocos [image source]
Pinggir Pantai Pulau Cocos [image source]
Pulau ini masuk ke dalam kawasan Australia. Sebelumnya Inggris pernah menempati pulau ini saat perang dunia ke-II berlangsung. Jalan satu-satunya yang bisa ditempuh untuk menuju pulau ini adalah dengan kapal. Bahkan surat yang datang ke sini biasanya baru tiba 2 bulan kemudian mengingat operasional ke pulau ini akan sangat besar. Tertarik mengunjungi kota terpencil di tengah samudra luas ini?

3. Medog – Tiongkok

Medog adalah salah satu kota di Tiongkok yang berada di kawasan pegunungan tinggi. Akses jalan menuju kota yang lebih banyak fasilitasnya sangatlah sulit. Bahkan harus menembus pegunungan yang saat musim salju akan buntu. Jadi saat musim dingin warga di kota ini tak bisa keluar dan hanya hidup dari apa yang ada di dalam kota.

Medog, Tiongkok [image source]
Medog, Tiongkok [image source]
Saking terisolasinya dari dunia luar, kota ini memiliki pelayanan yang sangat buruk dalam bidang kesehatan dan pendidikan. Banyak anak-anak di kota ini memilih tidak sekolah dan membantu orang tuanya bekerja. Meski terisolasi dan susah dicapai, turis lokal atau mancanegara tetap datang ke sini untuk berlibur atau sekadar kamping di alam yang masih sangat alami.

4. Socotra – Yaman

Socotra adalah deretan pulau yang terletak di Samudra Hindia. Wilayah ini masuk ke dalam teritorial Yaman meski terpencil di tengah lautan. Socotra memiliki 44.000 penduduk yang menempati kawasan seluas 3.800 km persegi. Kota di wilayah ini termasuk terpencil dan susah sekali dijangkau dari luar. Meski demikian, kota ini memiliki banyak sekali keragaman hayati yang sudah ditemukan di negara lain.

Socotra [image source]
Socotra [image source]
Tempat ini memiliki setidaknya 307 spesies tumbuhan yang unik. Bahkan Socotra adalah surga bagi peneliti di seluruh dunia. Menghabiskan seminggu di kota ini akan membawa wisatawan ke pengalaman yang unik alat Timur Tengah namun di kota yang sangat terpencil dan jauh dari peradaban maju.

 5. Iqaluit, Nunavut – Kanada

Iqaluit adalah salah satu kota paling besar di regional Nunavut, Kanada. Di kota ini terdapat 6.699 penduduk yang mendiami tanah seluas 52 km persegi. Kota ini sudah memiliki kawasan sekolah, gereja, dan pertokoan meski sangat minim. Untuk mendapatkan barang yang banyak mereka harus keluar menuju kota besar terdekat yang memiliki jaraknya sangat jauh. Bahkan untuk hal penting pun mereka harus menyeberang ke daratan utama Kanada.

Iqaluit, Nunavut – Kanada [image source]
Iqaluit, Nunavut – Kanada [image source]
Penduduk yang ada di wilayah ini beraneka ragam. Orang kulit hitam, putih, Asia, hingga Amerika Latin pun ada. Wilayah ini adalah satu-satunya di Kanada yang tidak memiliki jalan utama yang panjang. Masalah sinyal ponsel? Hanya beberapa tempat saja yang mampu menjangkaunya. Hidup di Iqalut akan membuat anda melupakan dunia luar yang serba hebat.

Inilah lima kota paling terisolasi di dunia yang akan membuat hidup serasa di planet lain. Tak hanya aksesnya saja yang sulit, di tempat ini semua orang juga susah berkomunikasi dengan alat canggih. Namun bagi yang suka back to basic, kota ini adalah pilihan yang tepat. Anyway, Indonesia punya enggak ya kota seperti ini?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA