Kota-Kota Indah di Indonesia Ini Ternyata Punya Kembaran di Luar Negeri Loh

oleh Adi Nugroho
07:36 AM on Oct 9, 2016

Kota kembar atau twin city (sering disebut juga dengan sister city) adalah dua kota yang letaknya berjauhan namun memiliki beberapa kesamaan. Kesamaan itu bisa berupa pemerintahannya, kebijakan publik, tempat wisata, persebaran penduduk, dan masih banyak lainnya. Dari kesamaan ini, dua kota yang berbeda lokasi ini melakukan kerja sama untuk mengembangkan banyak sektor yang sekiranya masih belum sempurna.

Oh ya, kota kembar juga kerap melakukan pertukaran pelajar. Biasanya pelajar yang berprestasi dari dua kota itu akan ditukar untuk merasakan atmosfer di daerah baru. Selain pertukaran pelajar, pelatihan-pelatihan juga kerap dilakukan untuk lebih mempererat hubungan dua kota di kemudian hari. Berikut daftar kota di Indonesia yang memiliki twin city di dunia.

Baca Juga
5 Fakta Gedung BEI, Bangunan Megah yang Kemewahannya Bukan Hanya Hisapan Jempol
5 Fakta Sri Wahyuni Manalip, Si Bupati Cantik Asal Talaud yang Terancam ‘Lepas Seragam’

Surabaya, Kota Pahlawan yang Banyak Kawan

Sebagai ibu kota provinsi, Surabaya merupakan kota termaju dan ramai di Jawa Timur. Segala hal ada di sana termasuk pusat perbelanjaan, hiburan, dan kampus yang memiliki pamor terbaik di Indonesia. Oh ya, Surabaya saat ini dipimpin oleh wali kota terbaik Indonesia, Bu Risma, yang memberikan perubahan besar-besaran termasuk menutup Gang Dolly yang termasyhur itu.

Suramadu, Surabaya [image source]
Suramadu, Surabaya [image source]
Selama berdiri jadi kota, Surabaya memiliki cukup banyak twin city. Banyak kota di belahan bumi yang mau menjalin hubungan karena kehebatan dari Kota Pahlawan ini. Hingga tahun 2016 ini setidaknya Surabaya sudah menjalin kerja sama dengan 22 kota di seluruh dunia termasuk Rotterdam, Belanda; Busan, Korea Selatan; Alexandria, Mesir; dan Seattle, Amerika.

Bandung, Paris van Java yang Mendunia

Kota yang dipimpin oleh Ridwan Kamil terus melakukan perbaikan di berbagai sektor. Fasilitas dan pelayanan publik diperbaiki sehingga warga Bandung bisa mendapatkan kemudahan. Saat ini, Bandung sudah menjelma menjadi kota yang layak dikunjungi karena segala aspek telah dirombak mengikuti saudara-saudaranya di luar sana.

Bandung [image source]
Bandung [image source]
Hingga tahun 2016 ini, Bandung yang terletak di Jawa Barat memiliki setidaknya 25 twin city yang menyebar di banyak benua. Di Amerika, Bandung menjalin kerja sama dengan Las Vegas, Miami, dan Fort Worth. Selanjutnya di Jepang, Bandung menjalin kerja sama dengan Hamamatsu. Kota di Tiongkok seperti Liuzhou, Hangzhou, dan Yingkou juga melakukan kerja sama sebagai twin city dengan Bandung.

Jakarta, Bersahabat dengan Kota Besar Dunia

Sebagai kota terbesar di Indonesia dan juga pusat pemerintahan, Jakarta selalu menjadi incaran banyak orang. Para pencari pekerjaan akan datang ke Jakarta untuk mencari peruntungan. Selain pekerja, Jakarta juga jadi incaran para pemilik modal untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih maju.

Monas, Jakarta [image source]
Monas, Jakarta [image source]
Jakarta yang selama ini menjadi ibu kota Indonesia, ternyata memiliki twin city di banyak negara di dunia loh. Hingga sekarang, ada sekitar 34 twin city yang dimiliki oleh Jakarta. Kota itu meliputi Beijing, Hong Kong, Tokyo, Mumbai, Manila, Kuala Lumpur, Seoul, dan masih banyak lainnya.

Palembang, Kota Kuno yang Memiliki Saudara Jauh

Palembang adalah salah satu kota kuno yang dimiliki oleh Indonesia. Bekas pusat Kerajaan Sriwijaya ini memiliki ciri khas berupa Jembatan Ampera dan juga Sungai Musi yang memiliki pasar apung. Selain dua hal tersebut Palembang juga dikenal karena miliki kuliner nikmat bernama empek-empek.

Jembatan Ampera, Palembang [image source]
Jembatan Ampera, Palembang [image source]
Palembang yang terletak di Sumatra Selatan memiliki 19 twin city di berbagai dunia. beberapa yang terkenal adalah Busan di Korea Selatan. Saint Petersburg di Rusia, Barcelona di Spanyol, Zurich di Swiss, Manchester di Inggris, dan Sapporo di Jepang.

Inilah kota-kota Indah di Indonesia yang ternyata memiliki kembaran di luar negeri. Kota-kota ini menjalin kerja sama sehingga setiap ada masalah bisa diselesaikan secara bersama-sama. Anyway, apakah kotamu punya kembaran juga?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 7 Sosok Pria Paling Aneh Dengan Keunikan yang Mencengangkan di Dunia 4 Surga Dunia yang Tersembunyi di Indonesia Ini Bakal Bikin Negara Tetangga Sirik! 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 4 Fakta Caddy, Wanita Cantik di Lapangan Golf yang Buat Dengkul Para Pria Lemes Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia 5 Kata yang Punya Arti Beda Jika Kamu Ucapkan di Medan Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya
BACA JUGA