Menjajah Indonesia hampir 350 tahun lamanya, Belanda banyak sekali meninggalkan warisan untuk kita. Selain semangat juang dan kebencian terhadap penjajahan, mereka juga mewarisi bangunan-bangunan indah serta tata kota luar biasa yang takkan kita miliki sebelumnya. Misalnya yang paling ikonik adalah kanal-kanal yang ada di Batavia atau Jakarta yang dulu digunakan untuk sebagai jalur transportasi.

Baca Juga : 9 Negara Paling Sehat di Dunia, Indonesia?

Sangat indah memang, andai saja kita bisa meneruskan pembangunan tersebut. Maka pasti akan banyak perahu-perahu cantik ala Venesia di ibukota. Sayangnya, bekas luka masa lalu membuat kita enggan melakukannya.

Artikel Lainnya
10 Meme Akal-akalan Kocak Binatang Kurban Agar Nggak Disembeli Ini Bikin Terpingkal
Reza Mangar, Bocah yang juga Panjat Tiang Bendera tapi Nasibnya Tak Semujur Joni

Nah, membicarakan kota-kota di dunia dengan kanal-kanal yang indah, mungkin nama Venesia yang akan ada di benakmu. Tidak salah sih, tapi sebenarnya masih banyak kota lain yang ternyata juga tak kalah memukau. Bahkan mereka masing-masing punya ciri khas yang berbeda satu sama lain. Penasaran? Berikut ulasannya.

1. Birmingham

Mampir ke Inggris jangan hanya nonton bola atau menghabiskan waktu di London saja. Ada satu kota di negeri Elizabeth yang juga tak kalah indah apalagi kalau kamu ngidam mampir ke Venice dan belum keturutan. Pernah dengan Birmingham? Kota ini tak hanya punya deretan arsitektur lawas, tapi juga sungai dan kanal-kanal indah.

Menikmati Venesia ala Inggris juga jadi pengalaman yang mengesankan [Image Source]
Menikmati Venesia ala Inggris juga jadi pengalaman yang mengesankan [Image Source]
Dulunya ketika revolusi industri masih happening, jalur air yang dibangun di kota ini bertujuan untuk transportasi barang. Namun, semakin ke sini fungsinya pun berubah total hingga akhirnya menjadi wahana pariwisata. Sehingga para wisatawan kini tak hanya bisa menikmati Birminghan dengan bersepeda atau jalan kaki, ada alternatif lain yang lebih keren yakni menggunakan perahu-perahu. Jangan tanya soal pemandangan, pastinya kamu akan mendapatkan sesuatu yang takkan terbayangkan sebelumnya.

2. Tigre

Jika Birmingham menawarkan indahnya kota tua di atas perahu, maka Tigre akan memberi pemandangan kombinasi antara kebudayaan dan nuansa alam. Tigre ada di Argentina dan letaknya hampir 20 mil dari Buenos Aries. Banyak orang yang sudah mengunjungi tempat ini dan mengatakan kalau ini adalah Venice-nya Amerika Latin.

Tak hanya bersantai naik perahu, pacu adrenalin dengan kano juga bisa di sini [Image Source]
Tak hanya bersantai naik perahu, pacu adrenalin dengan kano juga bisa di sini [Image Source]
Apa saja yang bisa kamu dapatkan di sini? Seperti yang dikatakan sebelumnya, kamu akan disuguhi pemandangan alami dan juga bangunan-bangunan indah. Uniknya, kamu tidak hanya bisa menikmati indahnya pemandangan sambil bersantai di atas perahu. Kamu diizinkan untuk berkano memutari aliran sungainya dan temukan spot favoritmu sendiri.

3. Suzhou

Nah, kalau kamu ingin suasana yang berbau oriental lawas, maka tidak ada tempat terbaik selain Suzhou. Terletak di delta sungai Yangtze, di sini kamu benar-benar akan dimanjakan dengan pemandangan ala film kung fu zaman dulu.

Begitu oriental begitu romantis [Image Source]
Begitu oriental begitu romantis [Image Source]
Tak hanya pemandangan bangunan lawas yang ikonik itu, ada juga ornamen-ornamen penghias yang sengaja dipasang di tepi-tepi sungai untuk makin memperindah suasana. Mulai dari lampu-lampu gantungnya yang berwarna merah hingga taman-taman yang aduhai. Tak hanya itu, ketika berkeliling kamu juga akan digoda dengan nikmatnya bebauan masakan dan juga musik oriental yang sangat menenangkan. Malam hari jadi waktu yang pas jika kamu mencari suasana syahdu level maksimal.

4. Bruges

Siapa sih yang tidak kepincut dengan bangunan khas Eropa yang megah itu? Apalagi kalau menikmatinya sambil bersantai di atas perahu yang tenang. Nuansa seperti ini hanya akan kamu dapatkan di Bruges, Belgia.

Nikmati pemandangan bangunan Eropa tua eksotis hanya di Bruge [Image Source]
Nikmati pemandangan bangunan Eropa tua eksotis hanya di Bruge [Image Source]
Salah satu situs warisan UNESCO ini memang menawarkan keindahan sejati khas Eropa. Mulai dari rumah-rumah tradisional, gereja tua hingga museum yang bisa diakses hanya dengan menggunakan perahu saja. Tidak hanya itu, kamu juga akan dibuat takjub dengan kanal-kanalnya yang disusun sedemikian rupa sehingga makin menambah kesan elegan. Tak heran jika banyak orang yang berkata Bruges adalah surga bagi mereka pecinta seni.

5. Amsterdam

Bukan tanpa alasan kenapa Amsterdam dijuluki salah satu kota paling cantik di Eropa. Tidak hanya karena bangunannya yang rapi dan indah, tapi juga karena kanal-kanal cantik si hampir tiap sisi kota ini. Bahkan jumlahnya sendiri jauh lebih banyak daripada yang ada di Venice.

Jakarta mungkin saja disulap menjadi yang seperti ini [Image Source]
Jakarta mungkin saja disulap menjadi yang seperti ini [Image Source]
Menikmati Amsterdam dengan menggunakan perahu adalah pilihan yang tepat. Selain kamu tidak akan lelah, menikmati kota ini dengan berperahu akan membawamu mendapatkan berbagai pemandangan epic. Tidak hanya view bangunan bergaya modern, kamu juga bisa menikmati indahnya deretan rumah-rumah klasik.

Jakarta mungkin saja dibangun seperti ini lho. Sudah ada template-nya, tinggal pemerintah DKI mau atau tidak memulai proyeknya. Kalau benar-benar direalisasikan, maka orang-orang takkan pergi kemana pun karena sudah ada yang sama indahnya di ibukota.

Baca Juga : 10 Kota Paling Dingin di Indonesia, Yang Menyimpan Sejuta Pesona

Butuh rekomendasi tempat liburan yang tidak biasa dan pasti lebih memorable? Deretan tempat di atas layak untuk kamu coba. Ada berbagai pilihan untuk jenis keindahan yang berbeda. Come visit!