Konflik antara kedua negara, Korea Utara dan Selatan sudah menjadi rahasia umu. Semua tau kalau keduanya tak pernah satu pemikiran sejak hampir 70 tahun. Namun, ajang bergengsi Asian Games yang terselenggara di Indonesia nampaknya membawa berkah untuk keduanya.

Dalam acara opening ceremony yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, tampak satu kontingen yang berada dalam bendera Korea Bersatu. Bendera tersebut berlambang peta kedua negara yang berwarna biru. Kedua duta besar juga terlihat berdiri sambil bergandengan tangan dan melambai kepada para atlet.

Bendera Korea Bersatu [Sumber gambar]
Tak hanya para pejabat negaranya saja yang akur, para atlet juga memakai baju dominan warna putih dan biru langit, senada dengan bendera mereka. Sorak sorai supporter yang memenuhi stadion juga tak kalah sumringah. Namun, sayangnya Korea bersatu hanya mengikuti tiga cabor dan enam nomor, yakni basket (putri), dayung (putra LM4-, LM8+, dan putri LW2X) serta kano (putra dan putri).

Sebenarnya, sebelum Asian Games terselenggara, mereka sudah mengadakan kesepakatan persatuan dalam Olimpiade Musim Dingin 2018 bulan Februari lalu. Pada ajang olahraga tersebut, keduanya mengikuti satu cabang lomba saja, yakni hoki es putri (23 atlet Korsel, 12 atlet Korut).

Moment ini tentu menjadi hal yang bersejarah mengingat kedua negara sudah terpisah berpuluh tahun, padahal keduanya berasal dari rumpun keturunan yang sama. Beberapa warga Korea juga merasa senang saat dimintai pendapat mengenai hal ini. Mereka berharap agar hal ini menjadi titik awal untuk hubungan yang lebih baik ke depan, seperti dilansir dari kompas.com.

Kim Jong Un dan Moon Jae In [Sumber gambar]
Atas kabar gembira ini, Dewan Olimpiade Asia atau Olympic Council of Asia (OCA) memuji kerjasama antara keduanya. Husain Al Musallam selaku direktur jenderal OCA mengatakan dirinya ikut senang dan bangga karena pekan olahraga terbesar Asia telah memberi secercah perdamaian kepada semenanjung Korea.

Ya, setelah peperangan yang gencar akhirnya ada satu titik di mana kedua negara bisa berdamai. Kita berdoa saja, semoga keduanya tetap langgeng dan tak ada lagi konflik panas yang bisa memicu perpecahan ya Sahabat Boombastis.