in

Kontroversi ‘Rendang Krispi’ dalam Masterchef UK, Beginilah Komentar Para Warganet

Siapa yang tak mengenal Rendang? Rasanya masakan ini menduduki tempat paling atas sebagai hidangan yang tersohor di mana-mana. Pepatah orang Minang yang mengatakan bahwa ‘Dima simpang di situ lapau batagak’ (di manapun berada di situ orang Padang akan mendirikan warung makan) memang bukan bualan belaka. Terbukti, kata-kata tersebut membuat Rendang go Internasional dan dikenal di berbagai sudut negara.

Masalahnya sekarang, Indonesia maupun Malaysia sedang gencarnya membicarakan kekalahan Zaleha karena #crispychickenrendang yang disebut juri masterchef UK sebagai standar enak dan lezatnya masakan olahan daging ini. Masakan Rendang krispi versi kedua koki tersebut terasa janggal di hati warganet, terlebih untuk orang melayu seperti Indonesia dan Malaysia yang sangat sering memakan Rendang. Saking geramnya netizen ini, akun twitter salah satu juri @JohnTorode1 banjir komentar. Seperti apa reaksi waragnet, simak ulasannya berikut ini!

Anggapan bahwa John Torode tidak paham dunia masak memasak

Tolong bedakan ‘Rendang’ dan ‘Penyet’ ya pak! [Sumber gambar]
Bermula dari Zaleha, peserta masterchef UK asal Malaysia ini menghidangkan Rendang daging ayam lengkap dengan nasi lemak dalam acara tersebut. Namun,  menurut kedua dewan juri (John Torode dan Gregg Wallace) Rendang itu seharusnya krispi dan bumbunya tidak meresap hingga daging ayam. Perkataan ini memicu hujatan demi hujatan yang dilayangkan kepada dirinya. Para netizen yang maha benar kompak mengatakan bahwa keduanya tak pantas menjadi juri, John dan Gregg tidak paham dunia masak memasak. Ada pula yang bilang jika John harus belajar lebih banyak lagi mengenai bagaimana rasa makanan yang lezat, terlebih Rendang adalah makanan yang dikenal hampir di seluruh dunia.

John Torode beramai-ramai dibully oleh warganet Indonesia-Malaysia

Serangan dari netizen [Sumber gambar]

Komentar John Torode memang lebih banyak disorot di sini. Setelah mengatakan Rendang yang dibuat Zaleha tak sesuai seleranya karena kurang garing dan krispi, cuitan John Torode di Twitter yang menyapa warga melayu dengan ‘Namaste’ yang berupa Bahasa India juga dibully habis-habisan oleh netizen julita jaya. Mereka mengatakan bahwa tak hanya pengetahuan dunia masak-memasak saja yang harus dipelajari lagi, ilmu Geography Torodepun memalukan.

Moment di mana negara ASEAN bersatu membela keoriginalan Rendang

Perdamaian antara Malaysia dan Indonesia [Sumber gambar]
#crispychickenrendang ini ternyata membawa dampak ajaib bagi beberapa negara ASEAN, terlebih Indonesia dan Malaysia. Terkenal sering berseteru, bahkan terakhir memanas karena konflik bendera terbalik di ajang SEA Games 2017 kemarin, moment kisruh Rendang ini menjadi pendingin Indonesia dan negara tetangga. Tak heran jika banyak warganet yang mensyukuri dengan adanya masalah ini, kedua negara satu suara dan kompak. Bahkan Singapura dan Bruneipun ikut buka suara membela jika original Rendang ya seperti yang dimasak oleh Zaleha di ajang Masterchef tersebut. Netizen bilang: kalau krispi namanya KFC bukan Rendang.

Komisioner Tinggi Inggris hingga Perdana Menteri Malaysia turut buka suara

Bukan sesuatu yang aneh jika #crispychickenrendang mendadak trending di twitter dan menjadi bahasan maha penting. Pasalnya, acara tv show Masterchef memang terbilang cukup dikenal dan ada di berbagai negara. Tak mau ketinggalan dengan para warganet, Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak dengan sinis menyindir dua juri tersebut melalui akun Twitternya. Selain itu, insiden Rendang ini juga melibatkan Komisioner Tinggi Inggris untuk Malaysia, Vicki Treadell. Ia menulis untuk kedua juri bahwa tak perlu bingung antara Rendang dan ayam goreng, keduanya memang sering disajikan dengan nasi lemak. Sungguh dahsyat bukan berkah dari kasus Rendang krispi ini Saboom?

Saboom semua, begitulah bagaimana kelakuan warganet menanggapi aksi John Torode dan rekannya ketika menjadi juri di Masterchef UK, ada yang membully dengan komentar pedas, ada pula yang menganggap hal tersebut sebagai candaan serta pemersatu dua negara. Ya, terlepas dari itu, masalah sepele Rendang ini mungkin menjadi angin segar jika Indonesia-Malaysia memang berasal dari satu rumpun saudara. Kalau akur terus begini kan adem!

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

5 Cara Nyeleneh Orang Jaman Dulu untuk Meramal Dirinya, Nomer 5 Jangan Pernah Dicoba!

4 Modus Kejahatan Ini Adalah Bukti Betapa Mengerikannya Jadi Anak Kecil di Indonesia