Belum sah menjadi public figure tanah air jika tak pernah sekalipun tercyduk akun gosip @lambe_turah. Meski bukan artis, orang-orang yang digandrungi banyak masyarakat Indonesia pasti akan menjadi bulan-bulanan netizen jika sudah masuk dalam salah satu postingan akun gosip tersebut. Termasuk pula seorang Youtuber.

Jika beberapa waktu lalu, sosok Saaih Halilintar banyak disebut dan dihujat netizen atas ulahnya, kali ini giliran sang abang, yaitu Atta Halilintar. Menilik kasus-kasus yang banyak menyeret nama anggota Gen Halilintar membuat keluarga ini dijuluki penuh kontroversi. Kira-kira apa saja, sih, ulah anggota keluarga Gen Halilintar hingga membuat mereka disebut seperti itu? Temukan secara lengkap di bawah ini.

1. Prank Saaih Halilintar merobek uang seratus ribuan

Sahabat Boombastis (Saboom) pasti sudah kenal dengan sosok satu ini gara-gara kasusnya yang menghebohkan jagat maya kemarin. Meski sudah memberikan klarifikasi bahwa uang yang ia gunakan adalah palsu, netizen masih mempercayai bahwa Saaih Halilintar merobek uang sungguhan. Ia pun telah menyatakan permohonan maaf lewat akun instagram (@saaihalilintar) serta channel YouTube-nya, tetapi hal tersebut tak membuat netizen berhenti menghujatnya.

Selain itu, Saaih juga sudah lebih dulu membuat kontroversi lewat iming-iming video call. Para fans yang ia sebut sebagai SaSquad harus membayar Rp6 jutaan atas pembelian buku karangan sang ibu, barulah mereka bisa mendapat kesempatan untuk melakukan video call dengan dirinya. Yaduh, sudah seperti artis papan atas, ya Saboom.

2. Atta Halilintar melakukan plagiasi dalam video di channel YouTube-nya

Bukan lagi hal baru jika video-video dari Gen Halilintar menjadi viral, pasalnya satu keluarga ini memang terdiri dari 11 YouTubers tanah air. Masing-masing anggota keluarga memiliki channel-nya sendiri, ditambah lagi milik seluruh Gen Halilintar. Atta Halilintar, sebagai anak sulung merupakan yang paling terkenal di antara anggota keluarga lainnya.

Kontroversi Atta Halilintar [sumber gambar]
Baru-baru ini, sebuah kasus plagiasi menyeret nama Atta Halilintar ke dalamnya. Video tentang unboxing produk gadget tanah air, Advan diunggah oleh Atta Halilintar baru-baru ini. Namun ternyata, 6-7 detik dalam video tersebut merupakan hasil colongan dari karya orang lain, yaitu Putu Reza. Setelah tidak muncul 1×24 untuk memberikan klarifikasi, akhirnya Atta Halilintar meminta maaf dan menyatakan akan menegur sang editor karena telah bertindak sembarangan.

3. Gen Halilintar disindir Payung Teduh karena mengover lagunya tanpa izin

Pada akhir tahun 2017 lalu, Payung Teduh merilis single baru berjudul Akad yang benar-benar membius semua kalangan masyarakat Indonesia. Tak menyia-nyiakan kesempatan, Gen Halilintar juga ikut arus dalam tren tersebut dan mengover lagu Akad seperti musisi kebanyakan lainnya. Sempat bertengger di 5 besar trending YouTube, akhirnya video tersebut dihujat lagi oleh netizen.

Hal ini dikarenakan, Is, sang vokalis dari Payung Teduh menyatakan keberatan atas banyaknya orang yang mengover lagu Akad tanpa ijin dan mengomersilkannya, seperti Gen Halilintar ataupun Hanin Dhiya. Alhasil, netizen pun beramai-ramai mengkritisi hasil cover dari Gen Halilintar. Bahkan, ada salah satu pengguna twitter yang mencuit “Payung Teduh bubar gara-gara Gen Halilintar nyanyi lagu Akad” loh.

4. Kontroversi sang ayah terkait kelompok jamaah Al Arqam Indonesia

Seorang wanita bernama Ilyani Sudardjat menuliskan pengalaman pribadinya terkait kelompok jamaah Al Arqam Indonesia dan keterlibatan Halilintar Anofial Asmid, sang kepala keluarga Gen Halilintar. “Jamaah ini tadinya didirikan oleh orang Malaysia kemudian menyebar ke Indonesia, dengan ciri khas yang lelaki memakai surban sedangkan perempuan memakai purdah atau niqab berwarna hitam-hitam,” dikutip dari tulisan Ilyani Sudardjat.

Keluarga Gen Halilintar [sumber gambar]
Di Indonesia, jamaah Al Arqam ini dipimpin oleh Jundullah alias Halilintar Anofial Asmid. Menganut azas mengamalkan tarikat dan berupaya mandiri secara ekonomi, jamaah Al Arqam pun beramai-ramai menggalang dana dari orang-orang kaya yang lalu diserahkan kepada pemimpin mereka dan mendapat imbalan pahala. Alhasil, Halilintar dan keluarganya bisa tinggal di kawasan elit Jakarta dengan kemewahan yang luar biasa. Namun, hingga saat ini, hanya itulah yang ditulis oleh Ilyani dan belum sempat ada konfirmasi lebih lanjut dari Halilintar sendiri.

5. Menjual buku seharga satu handphone terbaru

Masih terkait dengan skandal Saaih Halilintar mengenai video call, inilah akar penyebab dari kontroversi yang terjadi. Pada awal tahun 2018 lalu, ibu dari Gen Halilintar, Lenggogeni Faruk melahirkan satu buku baru untuk melengkapi koleksi buku-buku yang ditulis oleh Gen Halilintar. Namun, pada akun instagram mereka, tertulis harga buku seharga Rp5.950.000 yang membuat para netizen menjadi bertanya-tanya.

Video Call Saaih Halilintar [sumber gambar]
Banyak dari fans Gen Halilintar yang ingin memiliki buku tersebut tetapi terkendala masalah biaya. Ternyata, bukan satu buku seharga hampir Rp6 juta itu, tetapi 3 box yang berisi 60 buku, ditambah dengan video call dengan Saaih Halilintar. Menurut Saboom masih mahal enggak?

Itulah 5 kontroversi yang menghiasi keluarga Gen Halilintar selama berkarya di dunia hiburan tanah air. Meskipun terlibat banyak skandal, salutnya mereka tak malu untuk meminta maaf atas kesalahan yang diperbuat. Namun, jika minta maaf untuk mengulang kesalahan kembali, untuk apa?