in

Nama Afi Nihaya Mencuat Lagi Setelah Dituding Jadi Dalang di Balik Akun Penyebar Foto Syur

Kontroversi Afi Nihaya

Pernah mendengar nama Afi Nihaya Faradisa? Afi Nihaya ini pernah menjadi perbincangan hangat pada tahun 2017 karena tulisan yang ia unggah di Facebook miliknya. Tulisan tersebut dianggap netizen sebagai buah pemikiran yang matang, sangat dewasa dibanding dengan usianya saat itu yang masih duduk di bangku SMA.

Saat ini lagi-lagi nama Afi Nihaya muncul menjadi trending di Twitter, namun bukan perkara tulisan-tulisannya yang menghipnotis. Afi Nihaya protes kepada sebuah akun, yang dianggap mencemarkan nama baiknya. Lebih lengkapnya mengenai permasalahan ini simak dalam ulasan berikut ya!

Dituding sebagai sosok di balik akun yang menyebar foto syur

Permasalahan ini bermula dari akun Twitter @aulrevoir yang menyebarkan sebuah meme dengan caption ‘people changes’. Dalam meme tersebut, akun @aulrevoir menyandingkan Afi Nihaya dengan pemilik akun alter bernama Natalie yang kerap mengunggah foto syur dan statement yang memancing emosi netizen. Statement ini secara tidak langsung menyebut bahwa orang di balik akun Natalie sebenarnya adalah Afi Nihaya.

Melalui akun Twitter pribadi miliknya, Afi Nihaya mengungkap bahwa ia bukanlah sosok di balik akun Natalie. Ia menyebut bahwa sejak lama dirinya sudah tidak lagi aktif di berbagai media sosial. Masalah ini saja ia ketahui melalui salah seorang temannya. Afi kemudian mendesak akun @aulrevoir untuk memberikan klarifikasi dan kembali membersihkan namanya. Pemilik akun Aul ini kemudian mengaku kalau dirinya hanya iseng membuat meme tersebut. Afi Nihaya semakin kesal dengan pernyataan tersebut, ia kemudian mengancam Aul dengan cara doxing (menyebarluaskan informasi pribadi).

Netizen membuat beberapa bukti kemiripan Afi Nihaya dan Natalie

Pemilik akun Twitter Natalie tak hanya kerap menyebar foto syur saja, ada beberapa tweetnya yang dianggap tidak pantas oleh netizen. Salah satunya adalah bahwa ‘semua perempuan itu adalah lon*e, hanya berbeda cara ‘berjualan’ saja, termasuk mereka yang bekerja 8 jam sehari dan mendapatkan gaji kisaran Rp3 juta’. Netizen kemudian menemukan bukti bahwa akun Aul memang benar, Afi Nihaya adalah orang di balik akun Natalie.

Afi Nihaya dan Aul [sumber gambar]
Salah satu buktinya adalah unggahan Natalie di mana ia mendapatkan BPKB (Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor). Di bagian atas tulisan –yang sangat samar—tertulis nama Asa Firda Inayah (nama asli Afi Nihaya). Netizen juga menemukan kesamaan antara Afi Nihaya, Natalie, dan akun Twitter @AlanaThia (sempat viral karena menistakan beberapa agama, merendahkan profesi ojek online pada tahun 2021 lalu). Netizen percaya bahwa mereka bertiga adalah satu orang, yaitu Afi Nihaya.

Kasus plagiat yang pernah dilakukan oleh Afi Nihaya

Dulu, Afi Nihaya menjadi perbincangan karena tulisannya yang berjudul ‘Belas Kasih dalam Agama Kita’. Tulisan itu membuat banyak orang kagum, karena saat itu ia masih duduk di bangku SMA dan sudah bisa menghasilkan tulisan yang sangat bagus. Hal itulah yang membawa Afi dipanggil oleh Presiden Joko Widodo ke Istana Negara.

Afi Nihaya Faradisa plagiat [sumber gambar]

Sayang, tulisan tersebut dianggap sebagai plagiat karena ‘plek’ mirip dengan tulisan milik Mita Handayani yang sudah diunggah sejak tahun 2016. Saat dirinya dirundung, Afi muncul memberikan video klarifikasi dalam bahasa Inggris tentang bahaya bullying, yang lagi-lagi menjiplak video orang lain, milik Amanda Todd. Setelah berkali-kali menuai kontroversi (termasuk dalam kasus atlet blind judo, Miftahul Jannah) Afi Nihaya menghilang dan tak lagi terdengar namanya.

Pernah mengancam jurnalis VOA Indonesia dan beberapa orang di media sosial

Saat tulisannya viral dan ternyata hasil plagiat, jurnalis dari media VOA Islam sempat melakukan wawancara kepada guru Afi Nihaya. Salah satu gurunya –yang menolak ditulis namanya—mengatakan bahwa dirinya juga tidak yakin dengan kemampuan menulis Afi yang sebelumnya biasa saja, kemudian bisa terdongkrak dengan sangat pesat. Ia malah mencurigai jika Afi sedang dimanfaatkan oleh rezim.

Afi Nihaya ancam jurnalis VOA Islam [sumber gambar]
Tulisan tersebut terpublish di laman media VOA Islam. Afi Nihaya sendiri kemudian memberikan komentar pedas, ia mengancam gurunya dan jurnalis yang menuliskan berita tersebut. Ia mengungkap bahwa sang jurnalis menulis berita yang salah. Afi kemudian menyebut akan menelusuri data pribadi sang jurnalis. Hal ini membuat netizen tercengang, bagaimana mungkin anak seusia SMA (saat itu) bisa melakukan ancaman sedemikian rupa.

BACA JUGA: Bikin Tepok Jidat, Video Curhat Afi Nihaya dalam Bahasa Inggris Ini Lagi-lagi Diduga Plagiasi

Beberapa pengakuan netizen dari laman Quora (laman tanya jawab) juga menyebut bahwa sosok Afi Nihaya memang terbiasa melakukan ancaman doxing kepada orang yang ia anggap mengganggunya. Menyebut dirinya akan membawa ‘suatu masalah’ ke jalur hukum juga lagu lama yang sering dilakukan Afi Nihaya kepada beberapa orang yang dianggap bermasalah dengan dirinya.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Kisah Arista, Siswa Berprestasi dengan 700 Piala tapi Sempat Ditolak Masuk Sekolah Negeri

Buaya muara masuk kolam warga

Bikin Heboh! 4 Fakta Buaya Muara Berbobot 50 Kilogram Masuk ke Kolam Ikan Warga Subang