5 Konten Kontroversi di Buku Pelajaran Sekolah, Dari yang Ngawur Sampai Ngeres

oleh Tetalogi
15:14 PM on Aug 26, 2015

Kita semua tahu persis bahwa buku pelajaran digunakan untuk membantu siswa agar bisa lebih memahami materi. Jadi, pastinya buku ini dibuat dengan sungguh-sungguh dan tidak asal-asalan dong. Logikanya, buku tersebut sih harusnya sudah melewati hasil uji atau pengawasan ketat sebelum beredar luas di pasaran. Tapi, melihat beberapa kasus buku pelajaran tidak layak yang sudah terjadi, kita jadi bertanya-tanya apa benar sudah diawasi dan diperiksa isinya?

Baca Juga : 8 Pesan Buruk untuk Anak-Anak dalam Film Kartun Favorit

Baca Juga
15 Status Resolusi Suka-suka ala Netizen Indonesia, dari Realistis Hingga Bikin Ngakak
Inilah 5 Fakta Makam Keramat di Purwokerto yang Tak Dipindah Meski Ganggu Lalu Lintas

Dalam beberapa tahun terakhir, ada beberapa kali kasus buku pelajaran yang mengandung muatan tidak layak yang mencuat ke media. Padahal, buku-buku yang menjadi bahan belajar ini pasti nantinya akan dibaca dan dicerna oleh anak-anak. Kalau isinya ngawur, kan bisa bahaya? Pertanyaannya, kok bisa muatan seperti ini lolos dari pengawasan?

1. Banci Bisa Jadi Imam Shalat

Beberapa waktu lalu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan dunia pendidikan Indonesia sempat dibuat heboh oleh buku pelajaran agama Islam bagi siswa SD. Di salah satu halaman, ditulis bahwa banci boleh menjadi imam shalat yang tentu saja segera menuai kontroversi dan kritikan dari banyak pihak.

Buku agama yang menulis banci boleh jadi imam shalat [Image Source]
Buku agama yang menulis banci boleh jadi imam shalat [Image Source]
Poin yang menjelaskan tentang banci yang boleh menjadi imam ini tentu berpotensi menimbulkan kerancuan jika tidak dijelaskan apa yang dimaksud penulis dengan banci. Pasalnya, dalam Islam hanya ada dua jenis kelamin, yaitu laki-laki dan perempuan, sehingga banci atau waria tidak boleh menjadi imam.

Jika buku tersebut ingin menjelaskan tentang khuntsa, tentu harus dibeberkan lebih jauh. Tidak hanya dengan menulis banci boleh jadi imam, karena banci atau waria dan khuntsa sangatlah berbeda. Khuntsa adalah orang yang secara fisik memiliki kelamin ganda, yakni alat kelamin pria dan wanita di tubuhnya. Karena khuntsa memang secara fisik terlahir seperti ini, maka ia masih boleh menjadi imam bagi jamaah wanita.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren!
BACA JUGA