Konsumsi Buah Beri, 9 Warga Australia Positif Hepatitis A

oleh venny
14:46 PM on Feb 17, 2015

Sembilan orang warga Australia terjangkit virus hepatitis A setelah mengkonsumsi buah beri impor yang diduga terkontaminasi virus.

ABC Australia, media lokal negeri kanguru tersebut memberitakan delapan orang yang dinyatakan positif terinfeksi virus hepatitis A adalah 3 orang warga di Victoria, 2 warga New South Wales dan tiga orang warga di Queensland. Sementara seorang lagi baru tadi, Selasa (17/1/2015) dinyatakan positif terinfeksi virus tersebut.

Baca Juga
5 Bahaya Menakutkan Mabuk Pakai Obat Batuk Dioplos Durian, Awas Klenger!
Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap

 

beri impor di Australia terkontaminasi virus
beri impor di Australia terkontaminasi virus

Patties Foods yang merupakan perusahaan pengimpor buah telah menarik empat produk buah beri campuran dan raspberry, termasuk merk Mix Berries Creative Gourmet dan raspberry nanna setelah insiden ini terjadi. Hal ini dilakukan guna mencegah jatuhnya korban terinfeksi lagi. Produk buah dengan merk-merk dagang ini telah dijual secara nasional di supermarket besar dan telah dikemas di Tiongkok. Perusaah pengimpor buah ini menyampaikan permohonan maafnya pada Selasa (17/2/2015)

“Sebagai sebuah perusahaam, kami mohon maaf kepada konsumen dan pelanggan atas kasus ini,” kata Steven Chaur yang merupakan Kepala Eksekutif Patties Foods.

Rosemary Lester, Kepala kesehatan di Negara bagian Victoria mengatakan bahwa kasus hepatitis A memang jarang terjadi, jika terjadi biasanya terkait dengan barang impor dari negara pandemi Hepatitis A.

“Satu-satunya dugaan merujuk pada konsumsi produk ini, karena para korban tidak melakukan perjalanan ke luar negeri atau terkena paparan dari makanan di restoran,” kata Lester melanjutkan penjelasannya.

Terkontaminasinya buah beri asal Tiongkok dengan virus Hepatitis A ini diduga karena faktor kebersihan kalangan pekerja Tiongkok. Selain itu pasokan air di Tiongkok turut diduga sebagai faktor yang menyebabkan buah beri itu terkontaminasi oleh virus yang memiliki masa inkubasi 50 hari ini.

“Dalam situasi ini, kemungkinan besar penyebabnya adalah kebersihan yang buruk di lokasi produksi,” kata Enzo Palombo, ahli kesehatan dan keamanan pangan di Swinburne University of Technology, Selasa (17/2/2015) seperti dikutip dari News.com.au.

“Hepatitis A ini kemungkinan besar ditularkan dari manusia yang terinfeksi melalui kotorannya, yang kemudian mencemari makanan atau air. Kemungkinan, para pengemas buah tidak mencuci tangan dengan baik, atau, virus hinggap di air yang digunakan untuk mencuci buah,” terang Palombo.

Hepatitis A merupakan penyakit yang datang dari virus yang dapat mempengaruhi hati, menyebabkan sakit perut, mual, muntah, kelelahan dan penyakit kuning.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren!
BACA JUGA