in

5 Konglomerat Indonesia yang Kekayaannya Menopang Perekonomian Negara

5. Robert Hartono dan Michael Hartono

Setiap tahun bisa dipastikan dua bersaudara ini selalu bercokol di peringkat satu dan dua orang paling kaya se Indonesia. Bagaimana tidak, jumlah kekayaan masing-masing mencapai Rp 165 triliun. Sama seperti Susilo Wonowidjoyo, konsentrasi usaha kedua orang ini adalah di bidang pengolahan tembakau alias rokok.

Duet maut ini adalah pasangan paling tajir se Indonesia. Jadi, tak mungkin eksistensinya dipandang sebelah mata [Image Source]
Duet maut ini adalah pasangan paling tajir se Indonesia. Jadi, tak mungkin eksistensinya dipandang sebelah mata [Image Source]
Djarum adalah perusahaan yang mereka dirikan, dan ketika itu juga ada nama Oei Hong Leong sebagai salah satu founder-nya. Ketika Leong tiada, perusahaan ini pun diambil alih keduanya dan kemudian diekspansi besar-besaran. Alhasil, Djarum menjadi perusahaan raksasa seperti sekarang.

Ketika membahas perusahaan rokok, maka sudah jelas hajat hidup orang banyak disangkutpautkan. Ya, Djarum sendiri sangat berjasa kepada Indonesia utamanya membantu perekonomian negara. Selain karena pajak, dan jumlah pekerja yang jumlahnya jutaan, turut serta para petani di sana. Hartono bersaudara ini pun ternyata tidak hanya memiliki Djarum saja, tapi juga salah satu bank paling besar di Indonesia, BCA. Perusahaan satu ini juga sedikit banyak turut memengaruhi kondisi ekonomi Indonesia.

Baca Juga : 4 Wanita yang Bakal Bikin Kamu Kaya Setelah Menikahinya

Bisa dibayangkan jika satu saja orang-orang di atas tidak ada. Maka bisa dibilang Indonesia dalam keadaan siaga ekonomi. Bagaimana tidak, keberadaan mereka sangat punya pengaruh. Tidak menampik jika pajak yang diambil dari perusahaan dan produk mereka memberi banyak sumbangsih bagi pemasukan negara. Di samping juga mampu membuat para penduduk Indonesia bisa lebih berkarya dan produktif.

 

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

7 Cara Mantan Presiden Soekarno Memikat Hati Wanita

5 Mesin Terbang Aneh yang Menjadi Cikal Bakal Pesawat Modern