in

Dari Agus Sejagad Sampai CeweQuat, Inilah Komunitas Unik yang Ada di Indonesia

Bertemu dengan orang-orang yang punya minat dan kegemaran yang sama memang menyenangkan,apalagi bisa dibentuk menjadi sebuah komunitas. Komunitas inilah yang menjadi wadah untuk bercerita,  sharing pengalaman sekaligus mempererat tali silaturahmi.

Dalam setiap daerah pasti ada komunitas tertentu yang berbeda dan punya kegiatan unik sebagai agenda mereka. Sebut saja kumpulan para perempuan yang menamakan diri mereka dengan CeweQuat. Selain CeweQuat, berikut ini Boombastis merangkum beberapa komunitas unik yang ada di Indonesia, lengkap dengan segala rencana yang akan mereka lakukan.

Komunitas PAS (Persaudaraan Agus Sejagad) di Malang

Apakah kamu punya teman bernama Agus? Nah, kira-kira seperti itulah banyaknya Agus yang ada di Indonesia. Nama yang terkenal dan populer di seantero jagad ini juga sangat banyak di Malang, Jawa Timur. Berlatar hal tersebut, maka lahirlah komunitas yang menamai diri mereka PAS (Persaudaraan Agus Sejagad) yang anggotanya semua orang yang namanya mengandung kata Agus. Diketuai oleh Agus Bahagianto, yang juga merupakan ayah dari dr. Raisa, komunitas Agus ini merangkul semua orang bernama Agus di Indonesia untuk melakukan hal yang bermanfaat untuk masyarakat.

Persaudaraan Agus Sejagad [Sumber gambar]
Tercatat sudah beranggotakan 7.000 orang, PAS merencanakan untuk mengadakan penyuluhan terkait pelatihan teknologi digital dalam bidang marketing online. Selain itu, sesegera mungkin PAS juga akan mengagendakan ABDI (Agus Membangun Desa Indonesia). Jadi, komunitas para bapak Agus ini sangat mulia sekali tujuannya ya.

Komunitas Preman Super di Malang

Jangan berfikiran negative dulu ya Saboom, Preman Super di sini bukanlah komunitas para preman yang sering berbuat kejahatan. Preman Super (Perempuan Mandiri Sumber Perubahan) adalah sekumpulan emak-emak yang menyibukkan diri dengan berbagai kesibukan bermanfaat di tengah-tengah mengurus anak dan rumah tangga.

Preman Super [Sumber gambar]
Berbasis di Malang, komunitas yang diketuai oleh Peni Budi Astuti ini punya tujuan untuk memberdayakan perempuan dari kaum marjinal, agar mereka bisa berkarya dan punya keahlian di samping tugas sebagai ibu rumah tangga. Hingga kini, Preman Super telah meluncurkan beberapa produk seperti tas dari manik-manik, keripik singkong olahan sendiri, serta mengadakan pelatihan di berbagai tempat.

CeweQuat, kumpulan para perempuan yang siap menyelesaikan masalahmu

Sesuai namanya, CeweQuat berisi para cewe, lajang atau emak-emak yang memiliki kekuatan dalam menyelesaikan segala macam permasalahan yang sedang melilit perempuan. Jangan membayangkan mereka kuat layaknya superhero ya, mereka hanyalah orang-orang yang ingin mengabdikan dirinya di bidang pembangunan mental. Berbasisi di Jakarta, CeweQuat ini muncul dari seorang blogger yang kerapkali membahas permasalahan yang sedang melanda para perempuan, sebut saja seperti percintaan, pekerjaan, keuangan, bahkan rumah tangga.

Komunitas CeweQuat [Sumber gambar]
Dibentuk pada 2012, CeweQuat kini sudah melakukan berbagai macam aktivitas untuk mengembangkan potensi diri mereka. Setiap bulan mereka mempunyai agenda Datang Bulan, dimana narasumber inspiratif dari berbagai bidang keahlian memberikan wejangan kepada para perempuan. Punya masalah? Hubungi para CeweQuat aja!

PASKAS (Pecinta Sepeda Kuno) Surabaya

Hal yang kuno, antik, dan langka memang sedang diminati di mana-mana. Kalau pecinta kegiatan bersepeda tentu akan banyak kamu temukan di Nusantara, tapi kalau para pecinta Sepeda antik mungkin hanya ada di tempat tertentu saja. Salah satu komunitas pecinta sepeda antik ini ada di Surabaya, mereka menamai dirinya PASKAS (Paguyuban Sepeda Kuno Arek Surabaya). Komunitas ini sudah terbentk dari tahun 1994, PASKAS bisa ditemui di beberapa titik kumpul di Surabaya  (Tugu Pahlawan, Taman Bungkul, dan Balai Kota) setiap hari Minggu.

Di kesepatan tersebut kamu akan melihat kembali sepeda langka dengan merk Simplek, Philips, Hartok, Hima, Gazelle, Pongres dan lain-lain. Menyesuaikan dengan sepeda yang sudah langka, penampilan mereka juga ditunjang dengan beragam aksesoris, dari seragam tentara, dedaunan, serta ranting kayu. 23 tahun berdiri, dapat dipastikan setiap ada Parade Budaya digelar, PASKAS pasti ambil bagian di dalamnya.

Urban Jedi, sekelompok orang yang cinta mati dengan Lightsaber ‘Star Wars’ di Bandung

Dari nama sudah kelihatan ya ini komunitas apa? Yap, komunitas Urban Jedi ini berdiri karena terinspirasi dari franchise terkenal Star Wars. Tapi agak berbeda dengan komunitas Star Wars lain, Urban Jedi hanya spesifik ke memainkan lightsaber alias pedang bercahaya ikonik para Star Wars. Untuk bergabung di komunitas ini kamu tidak harus dituntut untuk paham dan suka Star Wars dulu Saboom, cukup dengan enjoy memainkan lightsaber saja.

Berdiri sejak tahun 2011, aktivitas mereka tidak hanya seputar main-main lightsaber aja loh. Kesehariannya ada latihan rutinan yang mempelajari teknik-teknik canggih ala Jedi, serta mereka juga sering di undang ke berbagai event untuk menampilkan aksi hebat memainkan lightsaber-nya.  Siap jadi the next ksatria pokoknya!

Yah, memang ada banyak cara kreatif yang bisa ditempuh untuk mengembangkan minat dan bakat kamu, salah satunya bergabung dengan komunitas. 5 komunitas di atas hanya bagian kecil dari banyak perhimpunan yang ada di Indonesia. Mereka adalah orang-orang yang ingin menjadikan dirinya bermanfaat dan bisa membaginya kepada orang lain, tak lebih. Hidup ini hanya satu kali, jadi buatlah dirimu sebanyak mungkin mendatangkan manfaat untuk orang lain.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Hidup dengan Hutang, Pemuda Tangguh Ini Malah Sukses Besar Setelah Kena Tipu

Hati-Hati Diawasi! 4 Barang Sepele Ini Ternyata Bisa Jadi Kamera Pengintai