Tahukah kamu? Selama ini masih sedikit lho brand olahraga yang memiliki komunitas futsal perempuan di dalamnya. Mungkin kamu akan kesulitan mencari komunitas yang bekerja sama dengan brand ternama di Indonesia.

Eits jangan putus asa dulu! Di Tangerang, tepatnya di Alam Sutera ada komunitas futsal perempuan lho yang sudah aktif sejak tahun 2018. Yap, komunitas futsal ini lahir dari sebuah brand Kipsta milik Decathlon, perusahaan ritel olahraga ternama dari Perancis.

Decathlon mendirikan store pertamanya di Indonesia di Alam Sutera, Tangerang pada tahun 2017. Menempati area seluas lebih dari 2.000 m2, Decathlon menjadi toko olahraga terbesar di Indonesia.

Di Decathlon Alam Sutera, kamu juga bisa menemukan produk berkualitas dan inovatif, salah satunya dari brand Kipsta. Lalu, apa hubungannya dengan futsal wanita? Nah, tidak hanya sebagai Brand Sport Decathlon, Kipsta memiliki komunitas futsal perempuan yang dapat diikuti oleh umum, lho! Siapapun memiliki kesempatan untuk terjun dan berlaga di playground Decathlon Alam Sutera. Seperti apa komunitas ini?

Awal mula terbentuknya komunitas futsal perempuan, KIPSTA

Berdasarkan wawancara Boombastis.com dengan inisiator komunitas KIPSTA, terbentuknya komunitas berawal dari turnamen futsal perempuan di Decathlon Alam Sutera pada September 2018. Ajang turnamen ini diikuti oleh berbagai sekolah dan tim se-JABODETABEK. Selain mendatangkan tim futsal perempuan terbaik dari berbagai sekolah, Kipsta sendiri harus membentuk tim futsal untuk pertandingan tersebut.

Tim futsal perempuan Kipsta Decathlon [Sumber: Dokumen Pribadi]
Nah, karena sport futsal dalam Decathlon dipegang oleh Kipsta, jadi dibentuklah tim futsal perempuan Kipsta yang mewakili Decathlon Alam Sutera untuk turnamen tersebut. Setelah tim terbentuk dan pertandingan usai, bukannya bubar, mereka memutuskan untuk terus berlatih untuk mengasah kemampuan. Dari hal kecil inilah ide besar itu lahir. Bersama dua rekannya Tommy dan Abi, Luqman menggagas tim ini sekaligus menjadi pelatih untuk mereka.

Keberadaan komunitas KIPSTA untuk memajukan olahraga futsal untuk perempuan

Tak hanya untuk para pekerja di Decathlon Alam Sutera saja, Luqman sebagai penggagas mengatakan kegiatan ini terbuka untuk umum. Jadi, siapapun perempuan yang mau berlatih futsal dipersilakan untuk ikut latihan bersama tim mereka setiap hari Senin, pukul 19.30 sampai 21.30 di playground Decathlon Alam Sutera.

Kipsta Indonesia [Sumber: Instagram Kipsta Indonesia]
Salah satu dari anggota sekaligus pegawai Decathlon Alam Sutera, Astri mengungkapkan perasaannya akan keberadaan komunitas ini. Menurut Astri, hal ini bisa menjadi wadah, terutama untuk orang yang sudah punya ketertarikan dengan dunia futsal sejak lama namun tidak punya teman bermain. Keberadaan komunitas KIPSTA ini juga bisa dijadikan ajang pembuktian diri kepada setiap orang yang menganggap remeh perempuan pecinta bola.

Suka duka yang dialami selama menjadi anggota dan pembina di KIPSTA

Saat ini, ada lebih dari 10 member perempuan yang tergabung dalam grup whatsapp futsal perempuan Kipsta. Sayangnya, mayoritas anggota dalam komunitas ini adalah pegawai Decathlon sehingga mereka harus tetap memprioritaskan pekerjaan. Hal ini tentu menjadi salah satu keterbatasan untuk waktu latihan. Belum lagi, tempat latihan. Latihan futsal sendiri diadakan di playground Decathlon Alam Sutera sehingga cuaca sangat berpengaruh dengan atau tidak diadakannya latihan.

Anggota Futsal Perempuan Kipsta [Dokumen pribadi]
Walaupun adanya keterbatasan jumlah anggota, hal ini tidak menyurutkan semangat anggota yang lain untuk berlatih. Mereka tetap semangat berlatih dan selalu terbuka untuk mengajak siapapun perempuan yang ingin latihan futsal bersama di Decathlon Alam Sutera. Latihannya juga seru, fun, dan terstruktur.

Nah mau tahu keseruan tim futsal perempuan kipsta dalam berlatih? Cek video di bawah yaa!

Rencana untuk komunitas KIPSTA ke depannya

Visi Misi yang dirancang oleh Tommy, Abi, dan Luqman cukup sederhana yaitu ingin komunitas futsal perempuan terus berkembang dan konsisten dalam berlatih. Selain itu, mereka juga memiliki rencana mengadakan turnamen futsal perempuan dalam waktu dekat.

Para anggota komunitas kipsta [Dokumen pribadi]
Bagi teman-teman khususnya perempuan yang tertarik untuk bergabung, kalian boleh ikutan kok. Tak perlu mahir bermain, yang penting punya kemauan dan punya peralatan olahraga saja ya. kalau enggak punya? Bisa deh kunjungi store Decathlon Alam Sutera dan beli produk Kipsta. Selain murah, bergaransi, kualitasnya juga enggak diragukan lagi. Bingung karena kalian di luar Tangerang? Jangan khawatir! Decathlon tersedia di online juga lhoo! Kalian bisa cek di sini, yaa

Tak ada salahnya jika kamu sebagai perempuan ingin menekuni olahraga futsal. Selain produk dari Kipsta, Decathlon Alam Sutera juga memiliki produk-produk terbaik yang sangat recommended, lho!

So, bagi kamu yang memang mau terjun ke dunia futsal, yuk nggak usah ragu lagi untuk menekuni olahraga yang satu ini. Tidak ada yang tidak mungkin, dari yang tadinya sebatas hobby dan fun saja, mungkin ke depan kamu akan disulap menjadi pemain hebat, who knows kan?