5 Komik Paling Hits Era 90an, Mana Favoritmu?

oleh Rizal
13:00 PM on Oct 6, 2015

Menjadi dewasa ada enak dan tidaknya. Enaknya, kita bisa melakukan hal apa pun yang disukai lantaran tanggung jawab kini sudah ada di tangan masing-masing. Kita juga bebas memilih pasangan, membentuk keluarga dan sebagainya yang merupakan impian masa kecil dulu. Nah, kalau dilihat dari sisi yang tidak enak juga banyak sekali sih. Mulai problem dengan karir, pasangan, sosial ekonomi dan sebagainya. Rasanya ingin sekali kembali ke masa kecil dulu dimana semua hal sangat menyenangkan. Tak peduli meskipun aturan yang diberlakukan orangtua begitu ketat.

Kembali ke masa lalu, hal favorit apa sih yang sering kamu lakukan? Jawabannya mungkin sangat banyak. Mulai dari bermain permainan tradisional sampai melakukan kejahilan seru. Nah, dari sekian banyak aktivitas itu, salah satu yang juga paling memorable adalah duduk manis membaca komik-komik favorit. Yup, masa kecil juga berarti saat dimana komik begitu berjaya.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Siang ini lepaskan sejenak segala hal yang menyiksa pikiran dan mari bernostalgia dengan deretan komik legendaris masa kecil berikut.

1. Doraemon, Kucing Masa Depan Sahabat Si Bocah Tukang Nangis

Masa kecilmu kurang greget kalau dulu sama sekali tidak pernah membuka lembaran-lembaran komik Doraemon. Bagaimana tidak, cerita si kucing masa depan ini begitu asyik dan melenakan, serta membuat masa kecil dipenuhi dengan imajinasi-imajinasi keren tentang masa depan. Bahkan ketika si kreatornya, Fujiko F Fujio, meninggal, cerita ini terus dilanjutkan hingga saat ini.

Meskipun selalu dibantu Doraemon, Nobita hampir tidak pernah memintanya kecuali dalam keadaan mendesak [Image Source]
Meskipun selalu dibantu Doraemon, Nobita hampir tidak pernah memintanya kecuali dalam keadaan mendesak [Image Source]
Doraemon bercerita tentang Nobita, anak kelas 5 SD yang tiap harinya jadi bulan-bulanan teman-teman sepermainannya. Tak hanya selalu sial, si Nobita ini juga kurang beruntung soal akademis. Nah, karena kondisi yang miris ini, cucu Nobita dari masa depan mengirim sebuah robot kucing bernama Doraemon yang ditugaskan untuk membantu kakeknya dalam melewati hari-hari yang sulit.

Siapa yang menyangka jika hubungan Nobita dan Doraemon menjadi sangat erat. Keduanya pun bersama-sama melewati banyak hal dan petualangan seru. Keduanya sempat terpisah dan bertemu kembali dalam film keren berjudul Stand By Me.

2. Crayon Shincan, Cerita Bocah Cerdas yang Genit

Ada alasan kenapa serial Crayon Shincan masih terus diproduksi sampai sekarang. Apalagi kalau bukan peminatnya yang memang luar biasa. Ya, harus diakui meskipun kadang jahil dan guyonannya dewasa, serial komik Crayon Shincan ini jadi teman paling seru di saat santai dan sukses bikin kita dikira aneh gara-gara tertawa sendiri.

Aksinya yang lucu dan tak terduga selalu saja sukses membuat kita yang membacanya terpingkal [Image Source]
Aksinya yang lucu dan tak terduga selalu saja sukses membuat kita yang membacanya terpingkal [Image Source]
Seperti yang kamu tahu, cerita komik ini adalah tentang Nohara Shinosuke, bocah sekolah taman kanak-kanak yang aslinya cerdas dan out of the box, tapi sering salah arah. Shinchan begitu teman-temannya memanggilnya, adalah sosok periang yang bisa memberikan kebahagiaan tak terduga kepada orang-orang disekitarnya.

Kisah lucunya memang sekilas konyol sih namun kadang di dalamnya terdapat hal-hal yang harusnya tidak boleh sampai dibaca oleh anak-anak. Salah satunya adalah hobinya yang erat dengan wanita-wanita dewasa. Terlepas dari kontroversi yang dihadirkan, cerita Crayon Shincan sukses bikin masa kecil lebih menantang.

3. Dragonball, Petualangan Untuk Mencari 7 Bola Naga

“Mimpi itu dari mana datangnya? Jawabnya ada di ujung langit” familiar dengan penggalan bait ini? Yup, kali ini kita akan membahas tentang cerita bocah Planet Saiya bernama Son Goku dalam cerita legendarisnya mencari Dragon Ball. Anak 90an sudah barang pasti mengenal kisah satu ini dan sukses terpukau dengan aksi si Goku dkk.

Petualangan pencarian bola naga ini juga menemani saat-saat terbaik di masa kecil dulu [Image Source]
Petualangan pencarian bola naga ini juga menemani saat-saat terbaik di masa kecil dulu [Image Source]
Dragonbal merupakan kisah paling laris sepanjang masa. Serial televisinya sendiri sudah menghiasi layar kaca hingga bertahun-tahun, pun begitu dengan komiknya yang sukses dikoleksi banyak anak-anak. Cerita tentang Dragonball ini sebenarnya hanya seputar pencarian tujuh bola naga, namun Akira Toriyama si kreatornya mengemas sedemikian rupa sehingga hasilnya sangat epic dan mengena di pikiran anak-anak.

Cerita Goku ini dimulai ketika ia masih kecil lalu kemudian bertemu dengan teman-teman baru lewat aksi petualangan seru. Kemudian si tokoh utama ini beranjak dewasa hingga akhirnya punya anak dan bahkan cucu. Bahkan kita mungkin sudah tidak ingat lagi berapa kali Goku mati dan hidup lagi. Ceritanya sendiri sebenarnya berpola dan bisa ditebak, tapi tetap saja rasa penasaran dan takjub selalu ada.

4. Sailor Moon, Kisah Gadis Ceroboh Penyelamat Bumi

Kita sekarang mungkin sudah berumur hampir seperempat abad, tapi coba tanya tentang tagline-nya Sailor Moon, pasti hampir rata-rata tahu. “Dengan kekuatan bulan, akan menghukummu!” kalimat ini begitu lekat dengan serial yang peminatnya rata-rata adalah anak-anak perempuan ini.

"Dengan kekuatan bulan akan menghukummu!" tagline ini begitu melekat, bahkan bagi anak-anak cowok sekalipun [Image Source]
“Dengan kekuatan bulan akan menghukummu!” tagline ini begitu melekat, bahkan bagi anak-anak cowok sekalipun [Image Source]
Sailor Moon bercerita tentang pasukan prajurit cantik pembela kebenaran yang diketuai oleh si gadis ceroboh bernama Usagi Tsukino. Ceritanya sendiri mirip tokoh superhero Power Ranger, dimana ketika itu Bumi diserang monster-monster maka Usagi dkk akan keluar untuk memberantasnya. Nah, salah satu hal yang paling diingat lagi dari cerita Sailor Moon ini adalah kisah cinta antara Usagi dan Mamoru Chiba yang kadang membantu para Sailor dengan berbekal kostum Tuxedo dan topeng.

Asyiknya mengikuti cerita ini kita juga jadi hafal nama-nama planet di tata surya. Pasalnya, tiap Sailor punya nama belakang planetnya sendiri. Mulai Sailor Mercury sampai Sailor Jupiter.

5. Kungfu Boy, Perjuangan Bocah Jago Silat yang Memukau

Dragonball, Doraemon, dan Sailor Moon memang populer komiknya, namun tidak akan pernah mengalahkan Kungfu Boy. Ya, cerita bocah jago silat ini sangat fenomenal di kalangan anak-anak dulu. Ceritanya sendiri adalah tentang Chinmi, bocah China yang berpetualang mencari para master beladiri untuk bisa belajar dari mereka.

Komik ini bagus tak hanya karena ceritanya, tapi penyampaian ceritanya yang keren dan detail [Image Source]
Komik ini bagus tak hanya karena ceritanya, tapi penyampaian ceritanya yang keren dan detail [Image Source]
Sepanjang perjalanan, Chinmi tidak hanya mendapatkan teman dan ilmu baru tapi juga konflik-konflik kelas berat. Nah, biasanya dari sini berkembanglah ilmu beladirinya. Uniknya komik satu ini adalah penjelasan secara logis dan terperinci tentang jurus-jurus yang dikeluarkan Chinmi atau tokoh lainnya. Hal tersebut sukses membuat anak-anak turut ikut pula menirukan teori-teori yang ada di dalam komik tersebut.

Cerita komiknya sendiri ada beberapa seri. Misalnya, Kungfu Boy, New Kungfu Boy dan Kungfu Boy Legends yang serinya masih rilis hingga sekarang. Versi anime Kungfu Boy juga pernah tayang di Indonesia, tapi entah kenapa pesonanya tidak se-greget komiknya.

Tentu deretan komik ini begitu membekas di pikiran ya. Tak cuma tentang ceritanya, tapi cara kita mendapatkannya. Ada yang menyewa lalu lupa dikembalikan hingga kena denda. Ada pula yang rela menyisihkan uang tabungan untuk membeli satu seri dari judul di atas. Padahal harga komik dulu tak karuan mahalnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA