10 Penampakan Komet Tercantik yang Pernah Melintasi Bumi

oleh Tetalogi
15:34 PM on Mar 10, 2016

Sejak zaman dulu, komet yang melintas di langit selalu menjadi sumber dari berbagai macam dongeng dan mitos. Komet sebenarnya hanyalah sisa atau pecahan dari bintang atau planet dari milyaran tahun yang lalu.

Pergerakan komet dipengaruhi dengan gravitasi planet dan bintang yang mereka lewati. Karena itulah, saat melewati sistem tata surya kita pergerakan komet akan banyak dipengaruhi oleh matahari. Saat melintasi bumi, kita bisa melihat cantiknya komet-komet tersebut.

Baca Juga
5 Bahaya Menakutkan Mabuk Pakai Obat Batuk Dioplos Durian, Awas Klenger!
Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap

1. De Kock-Paraskevopoulos (1941)

Komet cantik ini diingat karena ekornya yang panjang tapi tipis. Komet ini terlihat saat subuh atau petang dan pertama kali ditemukan oleh seorang ahli astronomi amatir De Kock. Nama komet ini diambil dari nama si penemu dan seorang astronomer Yunani, Paraskevopoulos.

De Kock-Paraskevopoulos [Image Source]
De Kock-Paraskevopoulos [Image Source]

2. Mellish (1917)

Mellish adalah sebuah komet yang muncul secara periodis dan biasanya bisa terlihat di belahan bumi bagian selatan. Banyak ahli astronomi percaya bahwa komet ini mungkin akan kembali lagi melewati bumi pada tahun 2061, tahun yang sama dengan komet Halley.

Mellish [Image Source]
Mellish [Image Source]

3. Lovejoy C/2011 W3 (2011)

Komet Lovejoy C/2011 W3 melintas sangat dekat dengan matahari dan bahkan memasuki wilayah korona yang berada di sekeliling matahari. Meski melintas dalam jarak yang sangat dekat, komet ini bisa keluar dengan utuh. Lovejoy C/2011 W3 ditemukan oleh seorang astronomer Australia amatir, Terry Lovejoy.

Lovejoy [Image Source]
Lovejoy [Image Source]

4. Bennett (1970)

Komet Bennet adalah satu dari dua komet yang melintasi bumi pada tahun 1970an. Komet ini ditemukan pertama kali oleh John Caister Bennett pada 28 Desember 1969.

Bennett comet [Image Source]
Bennett comet [Image Source]

5. Kohoutek (1973)

Komet Kohoutek pertamakali terlihat dan ditemukan pada 7 Maret 1973 oleh seorang astronom Ceko, Luboš Kohoutek. Kohoutek termasuk dalam komet periode panjang karena ia hanya bisa terlihat sekali selama ratusan ribu tahun. Komet ini diperkirakan muncul pertama kali 150 ribu tahun yang lalu dan akan melewati bumi lagi 75 ribu tahun yang akan datang.

Kohoutek [Image Source]
Kohoutek [Image Source]

6. Eclipse Comet (1948)

Seperti namanya, Eclipse Comet muncul dan terlihat sangat terang pada gerhana matahari 1 November 1948. Meski ada banyak komet lain yang terlihat saat gerhana matahari, Eclipse Comet tahun 1948 adalah yang paling terkenal.

Eclipse Comet [Image Source]
Eclipse Comet [Image Source]

7. McNaught (2007)

Komet McNaught ditemukan pertama kali pada 7 Agustus 2006 oleh seorang astronom Inggris-Amerika yaitu Robert H. McNaught. McNaught adalah komet paling terang yang terlihat sejak 40 tahun terakhir dan bisa dilihat dengan mata telanjang.

McNaught [Image Source]
McNaught [Image Source]

8. West (1976)

Komet West adalah yang paling menakjubkan dan menarik. Ekornya yang panjang dan menyisakan sinar membuat komet ini terlihat benar-benar indah.

Komet West [Image Source]
Komet West [Image Source]

9. Ikeya-Seki (1965)

Ikeya-Seki disebut sebagai komet terhebat di abad 20. Komet ini bisa terlihat di siang hari yang terang beberapa derajat dari matahari. Menurut seorang pengamat Jepang, komet ini terlihat 10 kali lebih terang dari bulan purnama.

Ikeya-Seki [Image Source]
Ikeya-Seki [Image Source]

10. Hale–Bopp (1997)

Hale-Bopp mungkin adalah komet yang paling banyak diamati pada abad ke-20 dan merupakan salah satu yang paling terang dalam sejarah kontemporer. Komet ini bisa terlihat dengan mata telanjang selama 18 bulan.

Hale–Bopp [Image Source]
Hale–Bopp [Image Source]
Langit dan angkasa luar memiliki berbagai macam fenomena yang luar biasa. Gerhana matahari total yang bisa terlihat di Indonesia beberapa waktu lalu cuma salah satu diantaranya. Semua hal-hal yang menakjubkan tersebut membuktikan betapa besar kuasa Tuhan Yang Maha Esa dan kita hanyalah setitik kecil dari ciptaan Tuhan di alam semesta yang sangat luas ini. Jadi, apa kamu sudah bersyukur atas hidup yang diberikan padamu?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren!
BACA JUGA