Dari sekian banyak hobi yang bernilai ekonomis, mengoleksi uang  kuno bisa dibilang adalah peringkat pertamanya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kolektor uang-uang lawas yang jadi tajir gara-gara duit ini. Pasalnya kadang satu item uang baik koin atau kertas bisa dihargai hingga puluhan juta.

Soal duit langka, belakangan tengah viral koin seribu rupiah bergambar kelapa sawit yang harganya meroket. Nggak tanggung-tanggung, di e-commerce harganya bisa mencapai Rp100 jutaan. Bisa dibayangkan ya kalau punya 10 saja, bisa ditukar mobil baru. Tapi apakah sebenarnya memang semahal itu?

Dijual sampai puluhan juta

Boombastis beberapa waktu lalu pernah mengulas daftar uang-uang lama yang harganya fantastis. Di dalamnya termasuk si koin seribu langka ini yang dulu dijual sampai ratusan ribu. Kemudian belakangan muncul update terbaru soal harganya yang ternyata sudah melejit tak karuan. Siapa sangka uang yang biasa dipakai kerokan ini bisa laku jutaan!

Koin seharga Rp100 juta [sumber gambar]
Dari penelusuran redaksi, harga termahal untuk uang ini di Shopee dan Tokopedia bisa mencapai Rp100 jutaan per kepingnya. Wah, auto tajir ya kalau punya dua keping saja. Selain dibanderol seharga Avanza second, koin-koin ini juga ada yang menjualnya di kisaran Rp15-20 jutaan. Entah apa yang membuat harganya bisa beda. Namun ada yang bilang tahun terbitan memengaruhi harganya. Makin tua biasanya makin mahal.

Ternyata ada yang jual Rp2 ribuan saja

Meskipun dikatakan bisa laku sampai puluhan juta, siapa yang menyangka jika uang ini juga dihargai sangat murah. Di beberapa e-commerce ada lho yang menjual uang ini cuma Rp2000-3000an saja. Meskipun lebih tinggi dari nilainya yang cuma seribu, tapi setidaknya jauh lebih turun dibanding harga yang dijelaskan sebelumnya tadi.

Ada yang jual super murah [sumber gambar]
Secara kasat mata tidak ada pembeda spesifik antara koin seribu berbanderol Rp100 juta dan Rp2000 ini. Malah dilapak yang lebih murah ada paket menarik berupa jasa pembersihan uang. Kalau begini jadi ragu ya. Jangan-jangan koin seribu ini memang tidak selangka dan semahal itu.

Belum ada penjelasan terkait fenomena unik ini

Sampai sekarang belum ada penjelasan khusus kenapa koin seribu itu bisa seharga puluhan bahkan ratusan juta. Uang ini mungkin bisa dimasukkan ke kategori langka lantaran peredarannya jarang dan tidak lagi diproduksi. Tapi selain itu tidak ada hal lain yang membuatnya spesial.

Koin seribu langka [sumber gambar]
Dulu sih pernah ada yang bilang kalau beberapa uang terbitan lama memiliki kandungan emas. Misalnya koin seratus, lima ratus, dan seribu ini. Tahunnya juga spesifik, salah satunya terbitan 1991. Tapi ini masih belum terbuktikan dengan jelas sampai sekarang. Jadi, kesimpulan sementaranya adalah mungkin ada yang iseng dengan menaruh uang ini seharga mobil di market place. Gabut mungkin gegara kelamaan di rumah.

Koin langka yang ternyata masih dipakai

Hal yang tak banyak orang tahu terkait koin seribu fenomenal ini adalah ternyata ia masih bisa digunakan. Jadi selayaknya uang terbitan sekarang, seribuan ini bisa dipakai untuk jual beli dan sama sekali tidak melanggar hukum. Hal ini juga disampaikan oleh pihak terkait dari Bank Indonesia.

Masih sah sebagai alat transaksi [sumber gambar]
Namun ada saran yang mengatakan sebaiknya tidak lagi memakai uang ini. Lebih baik disimpan karena sebenarnya ia termasuk kategori langka. Suatu saat harganya tetap bisa naik, walaupun pastinya tidak sampai seratus juta sih.

Sedikit tips mengoleksi uang kuno

Koin seribu kombinasi warna ini bisa dibilang kategori uang langka dan akan mempunyai nilai investasinya sendiri. Jadi rasa-rasanya tidak masalah kalau untuk dikoleksi. Namun, jangan sampai tertipu membelinya dengan harga yang mahal. Coba cek pasaran atau komunitas untuk mengetahui harga aslinya.

Contoh uang langka [sumber gambar]
Nah, terkait hobi mengoleksi uang kuno, kamu bisa memperhatikan hal-hal ini. Pertama adalah level kelangkaannya, biasanya makin jarang semakin mahal. Kedua, si uang diproduksi terbatas. Ada sejumlah uang yang memang diterbitkan kemudian ditarik lagi dalam waktu yang cukup singkat. Terakhir adalah keterkaitan si uang dengan sejarah atau sosok tertentu. Salah satu contohnya adalah uang bergambar Sukarno tahun 1960 yang harganya super mahal dan langka.

BACA JUGA: 6 Uang Zaman 90-an yang Sekarang Harganya Bikin Kejang

Ada baiknya kita selalu berhati-hati untuk urusan uang, termasuk yang kuno-kuno ini. Pasalnya kalau tidak tahu ilmunya bisa-bisa rugi bandar. Ada banyak kasus yang seperti ini. Jika serius ingin menggeluti hobi tersebut, mulailah bergabung dengan komunitas dan bertanya pada mereka yang ahli.