Cerita para TKI yang mengadu nasib di daerah Timur Tengah seperti Arab Saudi, tak selamanya menyisakan kisah pilu. Ada pula dari mereka yang justru bahagia dan sukses menikmati profesinya meski jauh dari tanah rantau. Hal inilah yang dibagikan oleh seorang TKI sekaligus YouTuber sukses asal Indonesia di Arab Saudi yang bernama Alman Mulyana.

Saat itu, dirinya menceritakan kisah dari rekannya sesama TKI yang berprofesi sebagai supir yang bernama Jaya. Pria yang berasal dari Sukabumi, Jawa Barat tersebut, telah bekerja selama 12 tahun di Jeddah, Arab Saudi. Kesehariannya banyak dihabiskan untuk mengantar sang majikan beraktivitas, seperti berbelanja ke pasar, hingga mencuci mobilnya.

Beruntung, Jaya memiliki majikan yang baik pada dirinya. Dari sana pula ia juga menceritakan kisahnya hingga bisa punya mobil pribadi, yang juga tak lepas dari kebaikan hati sang majikan. Berawal dari satu unit mobil merek Hyundai yang akan dibuang milik tuannya, Jaya lantas menawarkan diri untuk membetulkan mobil tersebut hingga kembali layak pakai.

“Udah lah saya modalin. Dibetulin semuanya, surat-surat diurusin atas nama saya, alhamdullilah jadi milik saya. Pokoknya enak lah”, ucap Jaya dalam channel YouTube Alman.

Tangkapan layar dari channel YouTube Alman Mulyana [sumber gambar]
Dari sana, pemasukan Jaya pun bertambah lantaran dirinya menggunakan mobil tersebut untuk mencari order lainnya di luar jadwal sebagai sopir pribadi. Pria asal Sukabumi, Jawa Barat, itu sendiri digaji sebesar Rp6 juta jika dikonversikan dari mata uang Riyal ke Rupiah. Justru Jaya memiliki pendapatan yang lebih besar dari hasil sampingannya sebagai sopir freelance.

“Jadi untuk gaji saya tidak diambil satu perak pun. Mulai dari jajan, beli baju, hingga kebutuhan sehari-hari lainnya, semua berasal dari pekerjaan sampingan”. ucap Jaya.

Tangkapan layar dari YouTube Alman Mulyana [sumber gambar]
Lain dengan Jaya, ada pula sosok TKI sukses lainnya yang juga diangkat kisah oleh Alman Mulyana di channel Youtube miliknya. Sang pemilik yang bernama Khairy, berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Di sana, ia menekuni bisnis persewaan Villa. Uniknya, ruangan untuk pria dan wanita dipisahkan karena tradisi di Arab Saudi tergolong ketat untuk hal tersebut.

Diceritakan pula Khairy, dirinya memberikan spesial diskon pada orang Indonesia yang berada di Arab Saudi jika hendak menyewa Villa tersebut. Sementara harga pasaran untuk warga lokal Saudi, dikenakan biaya mulai dari 1.000 riyal (Rp3.635.220) hingga 1.200 Riyal (Rp4.361.798).

BACA JUGA: 4 Kelakuan Sok Kaya Para TKI yang Bikin Prihatin dan Gregetan

Meski terkadang kerap dipandang remeh, banyak dari para TKI di Arab Saudi yang justru menuai sukses dalam pekerjaannya. Bahkan, kerja keras mereka sangat dihargai oleh majikannya sehingga hidupnya terjamin meski berada jauh dari Tanah Air. Ya, meski semua hal tersebut tak banyak dinikmati oleh para TKI kita saat ini.