in

Kisah Tebo, Anak Hasil Hubungan Manusia dan Gendruwo yang Misterius

Secara logis, manusia hanya akan bisa memiliki anak jika berhubungan dengan sesama manusia. Cerita mengenai manusia yang bisa memiliki anak dengan makhluk lain hanya pernah kita dengar di dongeng atau cerita fiksi pop semacam Twilight. Di kehidupan nyata, kita nyaris tidak pernah menemui manusia yang beribu atau berbapak makhluk gaib.

Tapi, ada satu kisah dari Jember tentang anak yang bapaknya konon adalah gendruwo. Anak tersebut bernama Imam Sayuti dan dia adalah sosok yang nyata. Hanya saja kisah kelahirannya sangat menarik sehingga banyak yang menyangsikan. Simak cerita berikut dan nilai sendiri apakah kisah ini benar adanya atau hanya karangan.

Bapaknya Adalah Gendruwo yang Menyamar

Ilustrasi anak gendruwo [Image Source]
Pernah parno karena berpikir pasangan kita punya gelagat yang aneh sampai-sampai kita mikir apakah dia manusia atau bukan? Keanehan sempat terjadi pada rumah tangga Fai dan Nasikah. Pada tahun 1970an, saat mereka baru saja menikah dan belum sempat berhubungan intim, Fai harus meninggalkan istrinya sendirian di rumah karena suatu pekerjaan. Fai berpamitan pergi ke luar kota dalam jangka waktu lama. Namun hanya tiga hari setelah kepergiannya, Nasikah mendapati Fai pulang ke rumah mereka.

Meski Nasikah sempat heran, tapi ia tak menaruh curiga ataupun bertanya lebih lanjut. Kedua orang itu hidup layaknya suami istri sewajarnya dan Nasikah pun hamil. Tujuh bulan di kehamilannya, Fai berpamitan lagi untuk keluar kota. Selang beberapa hari suaminya kembali lagi ke rumah dan terkejut mendapati Nasikah tengah hamil tua.

Rupanya, Fai yang selama ini tinggal bersama Nasikah adalah gendruwo yang menyamar. Penyamarannya cukup lihai karena suara, tindak tanduk, dan postur tubuhnya 100% menyerupai Fai. Tidak ada alasan bagi Nasikah untuk mencurigai.

Diasuh Selayaknya Anak Normal

Konon, Tebo lahir di lereng gunung di desa Wuluhan, Jember [Image Source]
Mengetahui istrinya hamil, tentu Fai marah luar biasa. Ia menuduh Nasikah selingkuh. Untungnya beberapa orang berhasil meyakinkan bahwa Nasikah tidak berselingkuh. Ia hanya bersetubuh dengan seseorang yang ia yakini adalah suaminya sendiri. Ia tidak pernah berniat untuk mengkhianati Fai.

Setelah kemarahannya reda, Fai akhirnya mau menerima bayi yang dikandung Nasikah sebagai anaknya. Rupanya kisah keluarga mereka tidak berakhir di situ. Anak yang keluar dari rahim Nasikah bukanlah anak manusia biasa. Ia memiliki perawakan yang mirip dengan makhluk asing. Tubuhnya penuh rambut dan bintik-bintik merah.

Anak ini kemudian diberi nama Imam Sayuti. Namun setelah mendapat isyarat dari langit, mereka memanggil anak tersebut Tebo.

Kehidupannya Berbeda dengan Manusia Biasa

Sosok Tebo, si anak gendruwo [Image Source]
Sejak dibesarkan oleh manusia, maka tindak-tanduk anak ini pun layaknya orang biasa. Tapi kenyataannya Tebo tidak bisa beradaptasi. Sebagian dari dirinya sangat berbeda dengan kaum anak adam. Ia makan lima kali lebih banyak dari porsi orang kebanyakan. Ia hanya tidur dua jam sehari, kencing dua kali sehari, dan buang air besar dua kali sebulan.

Tebo juga memiliki kesulitan dalam berkomunikasi. Ia hanya bisa memahami bahasa Jawa. Itu pun tidak paham benar.

Tenar Karena Pameran

Apa yang ada di bagian belakang kepala Tebo katanya adalah wajah gendruwo [Image Source]
Nama Tebo awalnya tidak begitu dikenal masyarakat selain penduduk desa sekitar. Ketenarannya berawal di tahun 1990an saat seorang manajer Wahana Misteri mendengar tentang manusia setengah gendruwo. Ia pun mencari tahu tentang makhluk ini dan bertemu dengan Tebo.

Tebo kemudian diundang sebagai salah satu makhluk yang dipamerkan di wahana misteri. Masyarakat yang mendengar tentangnya pun berbondong-bondong datang untuk melihat secara langsung. Mereka takjub melihat adanya manusia keturunan makhluk gaib. Ini semakin memperkuat kepercayaan mereka akan adanya makhluk lain yang selama ini diragukan kebenarannya.

Selain Tebo, masih ada beberapa kisah anak manusia dan gendruwo lainnya yang meninggalkan tanda tanya. Belum ada hasil penelitian yang membuktikan kisah ini dan apakah Tebo memang memiliki DNA yang berbeda dari manusia biasa ataukah apa yang ia alami adalah sebuah kelainan. Kamu boleh percaya atau tidak. Tapi perlu kita sadari bahwa di dunia ini banyak misteri yang tidak bisa dinalar dengan logika.

Written by Aisyah Putri

Leave a Reply

Mengenal Parlindoengan Loebis, Satu-satunya Orang Indonesia yang Lolos dari Kamp Konsentrasi Nazi

Ini Dia, 5 Kereta Bayi Seharga Motor. Kamu Tertarik Beli?