Malam jumat memang paling pas kalau ditemani dengan kisah horor. Kali ini kisah horornya berasal dari Tiktok. Ceritanya, ada sepasang kekasih yang berencana istirahat sejenak di sebuah hotel di Kabupaten Malang sebelum melanjutkan perjalanan ke Gunung Bromo. Tapi pemilik akun @fmpeg dan kekasihnya ini sudah merasakan keanehan sejak pertama menginjakkan kaki di hotel.

Beberapa keanehan dirasakan oleh perempuan yang menceritakan kisahnya lewat deretan video di Tiktok ini. Kalau kamu cukup berani, coba baca ceritanya berikut ini.

Berniat membetulkan mobil di bengkel, ketemu hotel rekomendasi yang bikin merinding

Tidak memiliki niat untuk jalan-jalan, awalnya si pemilik akun hanya ingin membetulkan mobilnya di bengkel. Karena lokasi bengkel yang dipilih ada di Lawang, maka ia pun mulai mencari hotel terdekat untuk singgah sejenak. Sebab ia dan kekasihnya ingin pergi ke Gunung Bromo pada dini hari.

Sumber gambar : tiktok/@fmpeg

Akhirnya setelah beberapa kali mencari rekomendasi hotel, ia pun memilih hotel ini di daerah Lawang. Hotel ini muncul dengan rekomendasi teratas di aplikasi pencari hotel. Karena harga yang murah yaitu Rp120.000 termasuk pajak dan hanya ingin singgah sejenak, tanpa pikir panjang perempuan ini pun langsung booking dan menuju lokasi. Ternyata, yang terjadi selanjutnya bikin perempuan ini tidak betah dan hanya sempat rebahan 15 menit saja.

Baru sampai hotel sudah merasa ‘terganggu’, ada apa?

Saat sampai, ia bercerita kalau hotel ini terasa sepi sekali. Padahal saat bertanya pada resepsionis, dikatakan kalau hotel ini sedang penuh dipesan. Hal ini berbeda sekali dengan apa yang terlihat melalui video yang direkam dan dibagikannya di Tiktok. Sejak masuk, hanya ada satu satpam dan satu resepsionis. Hampir tak ada kendaraan lain yang parkir, bahkan dari lantai dasar hingga lantai dimana ia menginap pun tak terlihat ada pengunjung lain.

@fmpeg

Reply to @jhonjamesonstrauss yaelah baru liat lagi gue😭😭😭 #hotelmalang #ujinyali #hotelangker #fypシ

♬ Amityville Horror – Scary Halloween Sound Effects – Halloween Sound Effects

Tapi keanehan tak berhenti di sana. Di sebuah video lainnya, sesosok bayangan hitam tak sengaja terekam. Bayangan tersebut muncul ketika tiba-tiba ada suara ketokan pintu di kamar mereka. Tanpa curiga tentu mereka membuka pintu tapi tidak mendapati siapapun di sana. Setelah dilihat lagi rekaman tersebut, saat pintu terbuka ada bayangan hitam di pintu. Hmm, menurut kamu bayangan apakah itu?

Tentang hotel berkesan horor di Lawang, Malang

Di video lainnya disebutkan kalau ternyata hotel yang dimaksud oleh pemilik video adalah Hotel Niagara, Lawang, Malang. Hotel ini memang memiliki desain vintage dan memiliki lima lantai. Konon bangunan ini sudah ada sejak tahun 1918, dibangun oleh Liem Sian Joe. Awalnya hotel ini adalah villa keluarga namun akhirnya terbengkalai karena ditinggal pindah ke Belanda.

Sumber gambar : instagram/hotelniagaramalang/

Sejak diwariskan ke Ong Kie Tjai, villa ini dialihfungsikan menjadi hotel hingga sekarang. Bentuk bangunan hampir tak banyak berubah. Pun dengan kisah horor yang mengelilingi hotel ini. Entah bagaimana mulanya, namun Hotel Niagara Lawang ini sangat erat dengan berbagai cerita horor. Yang paling terkenal adalah penampakan Noni Belanda di lantai 3. Ya, tepat di lantai dimana akun @fmpeg menginap. Cerita lainnya adalah ketukan tak bertuan seperti yang juga dialami oleh pemilik akun tersebut.

Hotel Niagara di Lawang ini sebenarnya memiliki kisah masa lalu yang unik namun tertimbun jauh oleh kisah-kisah horornya. Mungkin tak banyak yang tahu bahwa di masanya, bangunan ini adalah gedung tertinggi di Indonesia dan Asia. Atau bahkan tak tahu kalau Hotel Niagara ini adalah hasil karya arsitek Fritz Joseph Pinedo yang juga mendesain bangunan Hotel Kartika Chandra di Jakarta. Pihak pengelola hotel yang dikonfirmasi terkait kabar ini (dan beragam cerita misteri yang ditanyakan) sebenarnya menyayangkan kisah yang beredar. Menurutnya sejauh puluhan tahun mengelola hotel, tidak ada keluhan atau hal-hal simpang siur yang sering diyakini publik terkait tempat tersebut.

BACA JUGA: Seramnya Bioskop Atoom , Tempat Angker dan Jadi Sarang Jin Karena Lama Terbengkalai

Sebagai tambahan informasi, hotel antik ini merupakan salah satu cagar sejarah dan budaya yang dilestarikan dan sangat ikonik di wilayah tersebut. Kendati seringkali mendapat stigma mengerikan, tapi selama ini masih banyak turis yang berminat menginap di sana. Tak jarang di antaranya memang mau membuktikan keindahannya atau uji adrenalin. Apakah kamu tertarik juga?