Pilihan untuk menekuni sebuah bisnis tertentu menjadi titik awal bagi mereka yang berani ambil risiko untuk meraih kesuksesan. Dimulai dari sesuatu yang kecil, kemudian melangkah ke jenjang yang lebih besar. Fase-fase seperti inilah yang sempat dialami oleh pengusaha muda bernama Elang Gumilang.

Berawal dari berjualan donat semasa SMA, siapa sangka jika dirinya kemudian berhasil meraup omzet sebesar Rp55 triliun setelah banting setir dari bisnis lamanya. Atas pencapaiannya itu, Elang pun sempat disanjung Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai figur pengusaha muda yang sukses. Selengkapnya, simak ulasan Boombastis berikut ini.

Berjualan donat saat duduk di bangku SMA

Menjajal wirausaha dengan berjualan donat saat SMA [sumber gambar]
Awal perkenalan Elang ke dunia usaha adalah ketika dirinya berjualan saat duduk di bangku SMA. Latar belakang keluarganya sendiri sebenarnya cukup mampu dari segi finansial. Hanya saja, pria kelahiran Bogor 6 April 1985 itu memilih untuk mandiri dan tidak bergantung dengan orang tua. Usahanya tersebut akhirnya berhenti setelah ia diminta untuk fokus pada kuliah saja.

Sempat Mengikuti sejumlah kompetisi bisnis

Ikut berbagai kompetisi bisnis yang memperkaya pengalamannya [sumber gambar]
Jiwa wirausaha Elang tak padam meski dirinya tak lagi berjualan donat. Ia pun mencoba peruntungan dengan mengikuti kompetisi bisnis yang diselenggarakan beberapa kampus ternama seperti Universitas Trisakti, Universitas Indonesia, dan Institut Pertanian Bogor. Kompetisi tersebut membuat Elang berhasil mencetak omzet Rp10 juta dan mendapat kemudahan untuk masuk ke jurusan Ekonomi dan Manajemen di Institut Pertanian Bogor.

Usaha serabutan yang menjadi awal kesuksesan dirinya

Menekuni berbagai bisnis hingga terjun ke dunia properti [sumber gambar]
Sejak duduk di bangku kuliah, Elang telah mencoba banyak bisnis bersama teman-temannya. Mulai dari berjualan sepatu dengan modal awal sebanyak Rp1 juta, kursus bahasa inggris dengan modal Rp21 juta, berjualan minyak goreng hingga memasok lampu dengan keuntungan Rp15 juta. Kesuksesan Elang mulai terlihat saat dirinya mencoba terjun ke bisnis properti dengan menjadi tenaga pemasaran lepas.

Sukses terjun ke bisnis properti

Mencoba terjun ke bisnis properti [sumber gambar]
Kegiatannya sebagai tenaga pemasaran lepas properti membuat Elang tertantang untuk membuat perusahaan sendiri. Bersama teman SMA dan kuliahnya, ia patungan modal hingga mencapai Rp340 juta pada tahun 2007 untuk membangun rumah sehat sederhana (RSS), yang menyasar pangsa pasar menengah ke bawah. Hasilnya ternyata luar biasa. Rumah dengan tipe 22/60 dan juga tipe 36/72 seharga Rp25 juta dan Rp37 juta per unitnya ludes terjual.

Dirikan perusahaan properti dengan omzet mencapai Rp55 triliun

Dirikan Elang Group dan hasilkan omzet Rp55 triliun [sumber gambar]
Keuntungan dari usaha pertamanya itu kemudian diputar lagi untuk membebaskan lahan demi lahan yang juga dibangun properti di atasnya. Saat itu, ia dibantu 7 orang karyawan untuk mengurus pemasaran hingga admisnistrasinya. Elang Group pun akhirnya berdiri dan menaungi dua perusahaan inti, yakni PT Elang Semestaguna (Gemilang Property) dan PT Dwikarta Semestaguna, yang menghasilkan omzet Rp55 dari keseluruhan hasil penjualan.

BACA JUGA: Sehari Sedekah Rp 10 Juta, Inilah Sosok HM Fitno yang Bikin Orang Kaya Kapok Pamer Harta

Kesuksesan seorang Gumilang mendapat apresiasi langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam dalam acara Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) 2015 di JCC, Jakarta, orang nomor satu RI itu memuji dirinya sebagai sosok yang muda namun berhasil menghasilkan triliunan rupiah. Hebat ya Sahabat Boombastis.