in

Diusir dari Kos hingga Dikucilkan, Begini Kisah Sedih Mereka yang Berjuang Melawan Corona

Wabah virus corona di Indonesia membawa banyak kisah yang menarik sekaligus mengharukan. Di tengah-tengah perjuangan keras para tenaga medis hingga masyarakat yang bersentuhan dengan penyakit berkode Covid-19 itu, mereka justru mendapatkan perlakuan yang mungkin terdengar miris di hati.

Salah satunya menimpa seorang perawat pasien Corona (COVID-19) di RS Persahabatan, Jakarta Timur, yang dikabarkan harus angkat kaki dari tempat kosnya. Tak hanya itu, beberapa dari mereka yang berhubungan dengan wabah tersebut juga merasa sangat dikucilkan oleh lingkungan sekitarnya.

Kabar Perawat pasien corona yang diminta angkat kaki dari kos-kosan yang telah diklarifikasi

Resiko bekerja merawat pasien positif corona memang sangatlah besar. Selain penularan, tak jarang hal tersebut juga berimbas pada kehidupan pribadi mereka. Seperti kabar adanya perawat di RS Persahabatan yang diusir dari tempat kos, hal tersebut langsung ditanggapi oleh Direktur Utama RS Persahabatan Rita Rogayah. Di mana lingkungan yang ditinggali perawat  tersebut merasa tidak nyaman atas keberadaan mereka.

Peristiwa ini juga dikabarkan oleh Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia Harif Fadhilah. “Kami mendapat laporan dari perawat itu bahwa ada teman-temannya tidak kos lagi di sana, di tempat kosnya. Karena setelah diketahui rumah sakit tempat bekerjanya tempat rujukan pasien COVID-19.” ucapnya yang dikutip dari News.detik.com (24/03/2020).

Satpam ketakutan saat melihat pasien yang terkena virus corona

Salah seorang pria yang positif mengidap virus corona di Bandung, Jawa Barat, ikut berbagi cerita soal pengalamannya. Dalam sebuah tayangan di YouTube yang diunggah oleh akun DAPOER GEAR (21/03/2020), dirinya bercerita saat harus disolasi di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, hingga bertemu dengan dua orang satpam yang tengah berjaga di ruang isolasi.

Mengetahui dirinya positif Covid-19, kedua satpam disebutnya langsung kabur entah ke mana. Meski demikian, ia menanggapinya dengan santai. “Sudah ada satpam dua, ‘Mau ke mana? Saya mau ke Kemuning. Kenapa? Saya bilang saya suspect’ gitu kan. Ya udah saya parkir ke basemen, saya buka jas hujan, buka helm, udah lah naik aja ke atas. Pas udah nympe di atas, satpamnya hilang. Walaupun ya oke lah mereka security, mungkin kurang edukasi.” ucapnya sembari tertawa.

Dikucilkan warga sekitar karena khawatir terkena dampak dari corona

Salah satu bentuk diskriminasi karena khawatir tertular oleh virus corona juga diunggah oleh Jurnalis Kompas TV Sofie Syarif di akun Twitter miliknya pada Minggu, (22/03/2020). Menurut cerita yang masuk pada dirinya, ada upaya pengusiran oleh tetangga oleh mereka karena dianggap jadi pembawa virus.

Tak hanya itu, anak-anaknya pun menjadi sasaran stigma negatif dari masyarakat sekitar. Unggahan ini kemudian dibalas dengan cerita serupa oleh pemilik akun @pputri707 yang juga menceritakan pengalamannya. “Kakakku perawat dan ada temennya yg sesama perawat harus dirumahkan buat isolasi karena ada kontak sama pasien Corona dan selama isolasi banyak ibu-ibu gosipin dia bahkan anak2 mereka terang-terangan kedepan rumahnya cuma buat teriakan dia “Corona”,” cuitnya.

Kurangnya sarana perlindungan diri (APD) petugas medis untuk hindari penularan

Tak hanya mendapat  stigma negatif dari lingkungan, beberapa petugas di lapangan juga harus berjuang keras di tengah keterbatasan Alat Pelindung Diri (APD). Meski rentan tertular oleh pasien positif Covid-19 yang dirawat, mau tak mau tugas tersebut harus dijalankan karena memang tidak ada pilihan lain.

Salah satunya adalah paramedis yang bertugas di Puskesmas Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat. Karena keterbatasan APD, jas hujan plastik pun digunakan sebagai pelindung. “Kami kan harus safety. APD-nya tidak ada. Pakai jas hujan yang penting petugas tidak kontak dengan kulit orang lain atau percikan dan segala macam,” ucap salah seorang petugas medis bernama Atih Djuarsih yang dikutip dari Liputan6.com (24/03/2020).

BACA JUGA: 13 Potret Petugas Medis dan Lapangan yang Bertaruh Nyawa demi Cegah Corona di Indonesia

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam keterangan persnya mengatakan, jumlah pasien positif corona berjumlah 790 orang pada Koreksi data 686 pasien positif kemarin, menjadi 685 kasus. Ditambah hari ini ada 105, sehingga totalnya 790 kasus,” ucapnya yang dikutip dari CNNIndonesia.com (25/03/2020).

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Inilah Kemungkinan Terburuk Kalau Virus Corona Berlangsung Hingga Bulan Ramadan

Penuh Rahasia, 4 Seleb Ini Pilih Tak Publikasikan Kehidupan Pribadinya kepada Publik