Gerakan radikal ISIS yang mengatasnamakan jihad kian meresahkan warga dunia. Aktivitasnya semakin hari semakin berani dan ngawur dalam memilih targetnya. Mereka juga melakukan serangan dan eksekusi mati terhadap tawanan secara terang-terangan.

Melihat dari serangkaian aktivitas yang dilakukan organisasi ini, jelas nampak bahwa ISIS bukanlah bagian dari orang Islam yang melakukan jihad. Banyak aksi konyol dan kejam yang dilakukan oleh ISIS. Berikut 7 aksi konyol ISIS yang menggemparkan dunia.

1. Pejuang ISIS Tidak Sengaja Memberitahu Lokasi Rahasia Saat Twitteran

Abu Abdul-Rahman, yang juga dikenal sebagai Mark Taylor, ia adalah warga negara Selandia Baru yang bergabung dengan ISIS pada bulan Mei 2012. Taylor yang hobi nge-tweet tidak sengaja mengungkapkan lokasi dimana dia berada. Pada saat itu ia memposting sebuah tweet dan mengaktifkan geotag sehingga keberadaannya bisa dilacak.

Pejuang ISIS Tidak Sengaja Memberitahu Lokasi Rahasia Saat Twitteran (c) time.com
Pejuang ISIS Tidak Sengaja Memberitahu Lokasi Rahasia Saat Twitteran (c) time.com

Setelah sekian lama barulah ia sadar jika telah mengaktifkan geotag yang mana secara otomatis dapat memberitahukan dimana ia berada saat memposting tweet tersebut. Setelah itu ia segera menghapus sekitar 45 tweet yang telah diunggahnya. Peneliti keamanan dunia maya, Jeff Wyers terus melacak keberadaan Taylor dengan cara menggunakan informasi geo-lokasi dan mendapatkan bahwa militan ISIS tersebut berada di sebuah rumah kecil di Suriah.

Selanjutnya : 2. Video ISIS Menunjukkan Seorang Anak Mengeksekusi Dua Tawanan

2. Video ISIS Menunjukkan Seorang Anak Mengeksekusi Dua Tawanan

Pada bulan Januari 2015, ISIS merilis sebuah video yang menampilkan prosesi eksekusi dua tawanan. Kedua tawanan tersebut dituduh sebagai mata-mata Rusia. Namun bukan itu yang membuat heboh seluruh dunia, tapi sang eksekutor yang ternyata adalah seorang bocah laki-laki yang masih kecil.

Video ISIS Menunjukkan Seorang Anak Mengeksekusi Dua Tawanan (c) www.nbcnews.com
Video ISIS Menunjukkan Seorang Anak Mengeksekusi Dua Tawanan (c) www.nbcnews.com

Dalam video tersebut ISIS juga memperingatkan pada dunia bahwa mereka tidak akan mengampuni setiap mata-mata yang dikirim ke Irak maupun Suriah. Dalam video menunjukkan seorang militan ISIS yang disampingnya ada seorang anak laki-laki. Saat tiba waktu eksekusi, anak tersebut maju ke depan dan menembak dua orang tawanan tadi.

Flashpoint Partners, sebuah layanan yang memonitor kelompok jihad, mengidentifikasi bahwa anak tersebut berasal dari Kazakhstan yang datang ke Suriah dan direkrut oleh ISIS. Anak itu telah tampil dalam dua video ISIS yang lain.

3. Aturan Aneh yang Menghalalkan Seks Bebas

Ideolog ISIS membuat aturan yang sangat aneh pada Desember 2014. Ia menerbitkan selembar pamflet yang menguraikan pedoman tentang apa yang harus dilakukan oleh para pejuang ISIS terhadap tahanan perempuan yang mereka tawan. Dokumen tersebut berjudul “Questions and Answers on Taking Captives and Slaves”.

Aturan Aneh yang Menghalalkan Seks Bebas (c) www.washingtonpost.com
Aturan Aneh yang Menghalalkan Seks Bebas (c) www.washingtonpost.com

Anehnya dalam pamflet tersebut mengatakan bahwa pejuang ISIS diperbolehkan berhubungan suami isteri dengan para tawanan perempuan yang pasih perawan. Tidak hanya itu saja, para pejuang juga diberi hak untuk berhubungan intim dengan gadis di bawah umur. Sungguh ini semua adalah perbuatan yang biadab.

4. Tiga Remaja dari Colorado Mencoba Melarikan Diri dan Bergabung dengan ISIS

Tiga gadis remaja dari pinggiran kota Denver mencoba bergabung dengan militan ISIS setelah mencuri uang orang tua mereka dan terbang ke Jerman. Tiga gadis tersebut terdiri dari dua perempuan bersaudara berusia 15 dan 17 tahun dan satu teman mereka umur 16 tahun. Mereka dilaporkan hilang setelah bolos sekolah, namun masing-masing orang tua mereka tidak ada yang mengkonfirmasi bahwa anak mereka akan pergi kemana.

Tiga Remaja dari Colorado Mencoba Melarikan Diri dan Bergabung dengan ISIS (c) denver.cbslocal.com
Tiga Remaja dari Colorado Mencoba Melarikan Diri dan Bergabung dengan ISIS (c) denver.cbslocal.com

Akhirnya ketiga gadis tersebut ditangkap di bandara Frankfurt, Jerman oleh agen FBI. Akhirnya mereka dipulangkan kembali ke Colorado dan bersatu kembali dengan orang tua mereka. Usut punya usut kedua gadis bersaudara tersebut adalah keturunan Somalia dan satu temannya keturunan Sudan.

5. Seorang Gadis Dibully Karena Memiliki Nama Isis

Mungkin rasa frustasi adalah hal yang terus diderita wanita berusia 38 tahun asal Miami ini. Pasalnya ia memiliki nama yang sama dengan organisasi teroris yang sedang heboh saat ini yaitu ISIS. Nama wanita itu adalah Isis Martinez, nama tersebut membuatnya mendapat reaksi negatif dari orang-orang sehingga membuatnya frustasi.

Seorang Gadis Dibully Karena Memiliki Nama Isis (c) fusion.net
Seorang Gadis Dibully Karena Memiliki Nama Isis (c) fusion.net

Alih-alih mengganti namanya, wanita tersebut malah memilih untuk melakukan petisi dengan meminya media berhenti menggunakan akronim ISIS untuk menyebut organisasi negara islam Irak-Suriah tersebut. Ia berusaha sekuat tenaga untuk memperjuangkan namanya hingga melakukan gugatan pada PBB dan Departemen Luar Negeri AS. Saat ditanya apakah ia ingin mengganti namanya, Martiez bersikeras akan tetap menggunakan nama Isis.

6. Bandar Narkoba di Lebanon Ingin Bergabung dalam Perang Melawan ISIS

Banyaknya konflik yang terjadi di Timur Tengah membuat keadaan di medan perang menjadi kian rumit. Sangat sulit mengidentifikasi siapa melawan siapa dalam perang tersebut. Anehnya yang tadinya menjadi musuh para penegak hukum kini berubah sementara menjadi kawan untuk memerangi ISIS.

Bandar Narkoba di Lebanon Ingin Bergabung dalam Perang Melawan ISIS (c) www.pri.org
Bandar Narkoba di Lebanon Ingin Bergabung dalam Perang Melawan ISIS (c) www.pri.org

Ya, seorang bandar narkoba yang seharusnya menjadi buruan militer menyatakan siap membantu memerangi ISIS. Adalah Ali Nasri Shamas, yang tinggal di Lembah Bekaa, Lebanon. Ia adalah seorang andar narkoba dan telah menjadi buronan selama 35 tahun. Kini ia dan 50 orang lainnya juga memiliki musuh yang sama dengan militer yaitu ISIS. Mereka akhirnya ikut berjuang memberantas organsasi teroris itu.

7. Pilot Irak Salah Menjatuhkan Pasokan Makanan Pada ISIS

Seorang pilot berpengalaman yang diberi tugas menjatuhkan bom denga pesawatnya ternyata melakukan kekeliruan. Bukannya bom yang mereka jatuhkan tapi malah seperangkat box makanan, air dan amunisi. Sontak ISIS mendapat rejeki nomplok yang tak diduga-duga.

Pilot Irak Salah Menjatuhkan Pasokan Makanan Pada ISIS (c) www.washingtontimes.com
Pilot Irak Salah Menjatuhkan Pasokan Makanan Pada ISIS (c) www.washingtontimes.com

Kejadian ini berlangsung pada September 2014, tujuan awalnya adalah memberi bantuan pada tentara Irak yang dikepung militan ISIS di Saglawyah. Namun entah apa yang terjadi, sang pilot menjatuhkan bantuan itu pada lokasi yang salah. Sang pilot menurunkan bantuan pada wilayah provinsi Anbar dimana di sana adalah pusat ISIS.

Itulah beberapa kisah konyol seputar ISIS yang sempat menggegerkan dunia yang jarang diketahui banyak orang.