Mengenang Kisah Heroik Pratu Suparlan: Demi Negara, Rela Pasang Badan di Garis Depan

oleh Adi Nugroho
10:50 AM on Dec 29, 2016

Menjadi seorang tentara berarti rela mengorbankan nyawanya untuk menjaga kedaulatan NKRI. Seorang tentara harus mau ditugaskan ke pelosok negeri meski itu adalah daerah konflik mematikan yang kerap terjadi aksi baku tembak. Bagi tentara, negeri adalah hal wajib yang harus dilindungi. Bagi mereka, napas yang keluar dari tubuhnya adalah pengabdian dan pengorbanan yang harus dilakukan kapan saja.

Semangat juang yang hebat dari tentara yang disebutkan di atas ternyata menginspirasi Pratu Suparlan. Prajurit dari Koppasus ini rela mengorbankan nyawanya dengan tanpa takut. Dia pasang badan agar rekannya bisa pergi dan melakukan perlawanan habis-habisan di Timor Timor. Berikut kisah heroik dari Pratu Suparlan yang layak untuk diteladani.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Operasi Gabungan untuk Menumpas Pemberontak

Tahun 1980-an, keamanan di Timor Timur yang dahulu masih menjadi milik Indonesia sangatlah buruk. Banyak pemberontak yang melakukan aksi penyerangan sehingga penjagaan di sana diperketat. TNI mengirim banyak pasukan termasuk pasukan khusus Koppasus dan Kostrad yang ditugaskan untuk melakukan penyerangan ke pos miliki Fretilin dan melumpuhkan semua yang ada di sana.

Pratu Suparlan [image source]
Hal yang sudah menjadi kewajiban ini juga dialamiĀ  oleh seorang Pratu Suparlan. Dia dengan 8 rekannya dari Kopassus dan Kostrad melakukan serangan gabungan. Pada aksi ini, 9 pejuang Indonesia ini mengalami cukup banyak kesulitan. Secara jumlah mereka kalah, bayangkan, 9 orang melawan sekitar 300 orang pemberontak yang mayoritas menggunakan senjata api atau senjata tajam.

Terdesak danĀ  Susah untuk Melarikan Diri

Berusaha melawan, kelompok penyerang ini tetaplah kalah jumlah. Dalam sekali serangan, tiga orang langsung tumbang di tempat. Enam orang yang tersisa termasuk di sana ada Pratu Suparlan berusaha mencari jalan dari kejaran dan serangan dari Frentilin. Dalam pengejaran ini aksi baku tempat tetap terjadi dengan sangat mengerikan dan berdarah-darah.

Pratu Supralan dan rekan [image source]
Dalam pelarian yang dilakukan oleh tentara ini, mereka akhirnya terdesak dan tidak bisa bergerak lagi. Mereka harus mencari jalan lain dan itu sangatlah menyusahkan. Akhirnya, Pratu Suparlan yang saat itu bertugas berusaha untuk mengulur waktu. Meski diperintah oleh komandannya dia tetap bergerak mundur untuk mengulur waktu dengan menghadang para pemberontak.

Pasang Badan Demi Rekan Seperjuangan

Untuk mengulur waktu dan membuat temannya bisa kabur dengan selamat, Pratu Suparlan melakukan serangan balik. Dengan tanpa pengaman apa pun dia menghadang sembari menembakkan peluru kepada musuh. Dalam aksi ini, tubuh dari Pratu Suparan terkena tembakan hingga berkali-kali. Bahkan tubuhnya jadi bersimbah darah karena tertembus timah panas.

Ilustrasi Koppasus [image source]
Apa yang terjadi pada tubuhnya ternyata tidak membuat dia kabur. Dia terus maju seperti banteng ketaton. Dengan mengerahkan sisa tenaga dia melakukan penyerangan dengan pisau setelah pelurunya habis. Saat tubuhnya nyaris tidak bisa bergerak, dia masih sempat menarik dua buah granat dan membuat puluhan pasukan Frentilin meninggal dunia.

Jasa Besar dan Penghargaan untuk Pratu Suparlan

Apa yang dilakukan Pratu Suparlan ternyata bisa mengulur waktu cukup lama. Adu tembak yang terjadi di sana menyebabkan 7 dari 9 prajurit tewas. Sementara itu dari pihak Frentilin ada sekitar 50 orang meninggal dunia akibat strategi cerdik dari Pratu Suparlan yang rela membuat tubuhnya tertembus peluru hingga hancur terkena granat yang mematikan.

Perjuangan TNI [image source]
Apa yang dilakukan oleh Pratu Suparlan ini tentu menjadi inspirasi banyak pihak. Dia adalah Ranbo sejati yang berjuang tanpa memedulikan nyawanya. Berkat keberanian yang dilakukan oleh Pratu Suparlan ini, negara memberinya kenaikan pangkat luar biasa dan penghargaan tinggi. Nama dari pejuang ini juga digunakan untuk menamai landasan pacu pesawat yang terletak Pusdikpassus, Batujajar, Bandung.

Inikah kisah heroik dari seorang prajurit Kopassus bernama Pratu Suparlan. Keberanian dan semangatnya dalam melindungi negeri ini menjadi inspirasi kita semua agar mau membela Indonesia. Marilah sama-sama menjaga keamanan negeri yang mulai gonjang-gonjang ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA