Kehadiran ojek online atau yang kerap disebut ojol di Indonesia, memang tak bisa dipungkiri telah memberi banyak manfaat bagi berbagai lapisan masyarakat. Namun ternyata tak hanya perannya yang membantu mengatasi permasalahan transportasi saja yang dirasakan oleh warga Indonesia, banyak pula kisah menarik, unik, serta mengharukan yang terjadi kepada para ojol yang juga bisa jadi inspirasi bahkan teladan bagi banyak orang.

Seperti halnya empat kisah mengharukan ojol di bawah ini. Sempat menjadi viral, kisahnya pun kerap menghiasi laman berita dan berhasil membuat banyak pihak merasakan haru biru. Lalu seperti apa sih kisahnya?

Gadis SD menggantikan pekerjaan ojol ayahnya

Baru baru ini, publik berhasil dibuat terenyuh dengan salah satu kisah dari dunia ojek online dengan seorang anak kecil yang menjadi tokoh utamanya. Dina, yang sehari-hari menggunakan jaket ojol, harus membantu sang Ayah yang mengalami cedera kaki akibat tabrak lari. Semenjak kejadian nahas yang menimpa Ayahnya itulah, kini gadis yang masih duduk di kelas 3 SD itu memutuskan untuk menerima serta mengantarkan orderan milik sang Ayah.

Dina saat menggantikan sang ayah

Ditemani oleh Ayahnya yang menunggu di motor, Dina memesankan setiap orderan makanan serta mengantarkannya langsung kepada pelanggan. Atas perbuatan tersebut, netizen pun membanjiri kalimat pujian dan doa untuk sang Ayah agar lekas sembuh.

Kaki palsu untuk driver Gojek luar biasa

Netizen TikTok sempat digemparkan oleh sebuah video yang diunggah oleh akun bernama @Asheeqayumnamaulidya. Pasalnya dalam video itu terlihat seorang sopir ojol yang sedang mengantri pesanan dengan menggunakan tongkat sebagai pengganti salah satu kakinya. Pria asal Samarinda yang bernama Lukman itu diketahui telah kehilangan kakinya akibat kecelakaan saat memasuki bangku SMP.

Ojol yang mendapatkan bantuan kaki palsu [sumber gambar]
Berkat viralnya video tersebut, komunitas ojol Samarinda pun mendatangi Lukman dan memberikannya sebuah hadiah yang sangat bermanfaat. Yup, Lukman kini mampu bekerja lebih baik berkat kaki palsu yang diberikan langsung kepadanya.

Membawa keliling balita saat menerima pesanan

Masa kecil merupakan masa indah di mana seorang anak seharusnya bermain dan menyaksikan acara favoritnya di televisi. Namun berbeda dengan Siti Aisyah. Pasalnya, gadis berusia dua tahun ini harus rela menemani sang Ayah berkeliling kota untuk melakukan tugas sebagai seorang driver ojol.

Pak Hasran bekerja dengan membawa anak [sumber gambar]
Hasran, ayah Siti, mengaku terpaksa membawa anak kecilnya itu bekerja akibat sang istri yang tak lagi berada di sisinya. Tak memiliki banyak pilihan dan harus tetap mencari uang, Siti pun dibawa bekerja oleh Hasran dan duduk di bangku kecil di bagian depan motor. Kisah ini pun lantas viral dan menuai banyak reaksi dari berbagai pihak.

Mendapat beasiswa dari Gojek, kisah pria ini berhasil membuat warganet menangis

Dzikru Rahman tak akan pernah melupakan kalimat ayahnya yang merupakan supir ojol, “Kamu harus kuliah ya nak, karena Bapak tidak kuliah.” Menjadi anak dari seorang sopir ojek tidak membuat mahasiswa D3 teknik mesin ini lantas berkecil hati. Selalu menunjukkan kegiatan sang Ayah yang sedang bekerja pada akun TikToknya, Dzikru pun turut bersemangat dalam meraih mimpi.

Dzikru yang mendapatkan beasiswa [sumber gambar]
Hingga akhirnya, sang Ayah mendaftarkan anaknya dalam seleksi beasiswa yang diselenggarakan oleh perusahaan tempat ia bekerja. Berkat kegigihan dan doa, Dzikru pun lolos seleksi dan berhasil menjadi mahasiswa D3 Teknik Mesin jalur beasiswa. Kisah ini pun ia bagikan dalam akun TikTok miliknya yang bernama @dzikru-rahman. Tak ayal, jika warganet merasa terharu bahkan menangis menyaksikan video tersebut.

BACA JUGA: 5 Alasan Mengirim Barang Besar Lewat Ojol Adalah Perbuatan Tak Manusiawi

Sebenarnya tidak hanya empat kisah ini, masih banyak cerita-cerita inspiratif lainnya yang datang dari mereka para ojol. Memang benar jika kehadiran para ojek online ini membantu masyarakat, di samping kisah-kisah mulia mereka yang jadi bukti kalau di dunia ini masih banyak orang baik.