in

Gak Melulu Tentang Perang, Inilah 4 Kisah Mistis dari Dunia Militer yang “Ngeri-ngeri Sedap”

Tidak bisa dipungkiri, namanya cerita horor mistis memang menjadi hal yang menarik untuk dibicarakan. Terlepas para pendengarnya percaya atau tidak mengenai hal tersebut. Tepatnya orang menyukai cerita horor bukan pada kemistisannya, namun lebih pada penasaran dan dek-dekan yang bikin bulu kuduk jadi merinding.

Masih soal cerita horor dan mistis, memang  kalau kisah yang bikin bulu kuduk merinding bisa datang dari mana saja, nah salah satunya dari lingkungan militer. Namun siapa sangka kalau kisah-kisah yang dipaparkan itu tidak kalah seram dengan yang lainnya, bahkan sekelas Annabelle dan Conjuring pun lewat. Tidak percaya? Simak ulasan berikut.

Mitos si “Taruna Merah” yang melegenda di jajaran TNI

Kalau cerita yang satu ini sudah akrab di telinga angkatan bersenjata. Ya, dimulai sejak kecelakaan latihan yang dialami salah satu taruna saat sedang latihan. Tepatnya, saat melakukan latihan merayap dengan berondongan peluru, tanpa sengaja salah satu dari tentara itu hampir digigit ular.

Taruna merah [image source]
Alhasil karena kaget, dirinya mengarahkan senjatanya ke atas, hingga akhirnya tanpa sengaja menarik pelatuk dan menembak dirinya. Sejak kematian sang taruna itulah muncul sosok tentara misterius dengan penuh darah di wajah dengan helm tembus peluru. Umumnya sosok ini selalu datang menghampiri para Taruna yang sedang ujian, namun juga menampakkan diri pada prajurit yang berjaga.

Tandu Panglima Sudirman yang tiba-tiba jadi berat padahal tidak ada isinya

Kisah kehebatan sang panglima perang Indonesia ini mungkin sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Jangankan Indonesia, bahkan Jepang pun sampai membangun monumen patung untuk menghormati beliau. Namun sepeninggal beliau, ternyata masih ada cerita mistis yang mengikuti, mungkin bukti kesaktian sang Panglima Sudirman semasa hidup.

Tandu Panglima Soedirman [image source]
Tepatnya saat diadakan napak tilas para pejuang, beberapa taruna diwajibkan mengikutinya sambil membawa sebuah tandu yang dulu sempat dikenakan oleh sang Panglima. Peraturannya hanya satu, apapun yang terjadi jangan pernah menoleh ke belakang. Ternyata benar, ada sebuah kejadian aneh yang terjadi saat mengangkat tandu itu, hingga salah satu personel melanggar wejangan dari para senior itu. Akhirnya sang taruna pingsan karena melihat ada sosok yang naik di tandu yang dibawanya itu.

Barak Bantir Sumowono, markas peninggalan Belanda yang sering bikin kesurupan

Jika disebut mengenai Barak Bantir Sumowono, mungkin hampir seluruh masyarakat Semarang kenal dengan keangkerannya. Hal itu mungkin berhubungan sejarahnya sendiri yang ternyata dulu merupakan peninggalan serdadu Belanda. Umumnya kejadian di luar nalar yang terjadi pada tempat ini adalah kesurupan massal. Ya, pasalnya tempat ini sendiri juga sering digunakan untuk diklat dan lain-lain, sehingga otomatis banyak siswa dan mahasiswa yang berkunjung ke sana.

Barak Bantir Suwono [image source]
Nah ternyata beberapa dari mereka itu entah sengaja atau tidak melanggar pantangan. Akhirnya kesurupan massal pun sering terjadi dan tidak terelakkan. Sejatinya pantangannya sendiri lumayan unik, mereka yang dulu sempat kerasukan mengatakan agar saat berada di sana agar tidak jorok, berkata kotor dan berpikiran negatif. Namun meskipun sudah berkali-kali diingatkan oleh petugas, masih ada yang melanggar, alhasil jadilah yang seperti ini dikabarkan.

Sosok berbaju putih yang berkeliaran di rutan TNI

Salah satu penjara yang digunakan TNI, rutan Guntur sempat jadi bahan pembicaraan oleh netizen pada tahun 2012. Hal itu karena memang waktu itu tempat tersebut juga akan digunakan sebagai penjara bagi para koruptor. Namun siapa sangka di balik ketatnya penjara yang dijaga personel militer itu ada sebuah cerita mistis yang mengikuti. Ya, ternyata banyak orang yang bersaksi sering melihat sosok perempuan berbaju putih selalu lewat di areal rutan.

Rutan guntur [image source]
Umumnya sosk misterius itu mendatangi para pemilik sel yang selalu berbuat jorok. Tidak hanya itu, bahkan warga sekitar juga mengatakan kalau di sana ada sebuah tempat khusus tempat siluman buaya bersembunyi, jadi mesti hati-hati. Kalau melihat sejarahnya, memang wajar tempat ini jadi angker mengingat dulu juga sempat dijadikan penjara serta penyiksaan di zaman Belanda dan Orde Baru.

Ya, memang namanya cerita mistis dan horor selalu ada di mana-mana, termasuk militer. Namun percaya atau tidak tentang hal itu, tergantung pada keyakinan masing-masing pembaca. Tetapi satu hal yang pasti, cerita-cerita seperti ini memang “ngeri-ngeri sedap” sehingga banyak yang menyukai.

 

 

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Ini Bukti Mesranya Hubungan Korsel-Indonesia, Bisa Jadi Inspirasi Tetangga Sebelah Nih!

Mengulik Gaya Hidup Anak Setya Novanto dan Pengacaranya, Mewah Bak Putri Raja