Miris, Anak-anak ini Harus Uji Nyali Menantang Maut Demi Bersekolah

oleh Alfry
09:02 AM on Mar 6, 2015

Keadaan memprihatinkan masih saja banyak ditemui di negeri ini yang notabene tahun ini akan merayakan kemerdekaannya yang ke-70. Pembangunan yang belum merata menghambat aktivitas warga di berbagai daerah terpencil. Mirisnya lagi keadaan tersebut harus dialami oleh anak-anak generasi penerus bangsa dalam menuntut ilmu.

Baca Juga: Kebiasaan Orang Indonesia yang Membuat Bule Bingung

Masih banyak anak-anak Indonesia yang harus berjuang menantang maut demi bisa bersekolah. Keterbatasan infrastruktur di daerahnya memaksa mereka melewati rute yang berbahaya saat berangkat menuju ke sekolah. Seprti yang dilakukan murid-murid SD terpencil di Karanganyar ini misalnya. Mereka harus menyeberangi jembatan gantung yang sebetulnya bukanlah jembatan penyeberangan manusia.

Baca Juga
Mengenal Port Moresby, Kota ‘Paling Berbahaya’ yang Bertetangga Dengan Indonesia
Tajir tapi Dermawan, 5 Negara Ini Jadi Sasaran Bill Gates ‘Hambur-hamburkan’ Uangnya

Anak-anak melintasi jembatan gantung untuk pergi sekolah (c) Facebook
Anak-anak melintasi jembatan gantung untuk pergi sekolah (c) Facebook

Jembatan ini sebenarnya sebuah talang irigasi yang dibangun pada masa penjajahan Belanda. Jembatan ini juga menghubungkan dua desa, yaitu Plempungan di Kabupaten Karanganyar dan Desa Suro di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Di bawah jembatan ini ada sungai Pepe yang mengalir deras.

Warga di tiga dukuh yakni Bolon di Kecamatan Colomadu, Karanganyar serta Dukuh Gatak dan Dukuh Suruh di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali memutuskan untuk memanfaatkan jembatan gantung ini sebagai jalan pintas penghubung dua desa. Ada papan kayu selebar 50 sentimeter yang membentang ditengah jembatan, inilah yang menjadi pijakan mereka saat melintas.

Sling baja menjadi pegangan saat melintasi jembatan (c) edukasi.kompasiana.com
Sling baja menjadi pegangan saat melintasi jembatan (c) edukasi.kompasiana.com

Mereka mengaku bahwa warga tidak memiliki alternatif lain selain melewati jembatan tersebut. Meskipun ada mereka harus berputar sejauh 8 kilometer untuk menuju desa seberang. Mereka lebih memilih menyeberang lewat jalan pintas ini walaupun dengan resiko nyawa mereka bisa terancam.

Pemandangan makin memprihatinkan ketika melihat setiap pagi banyak anak kecil yang melintasi jembatan ini. Ada yang berjalan kaki, ada pula yang menaiki sepeda dengan cara menuntunnya. Mereka harus beruji nyali setiap kali berangkat ke sekolah dan tidak menghiraukan keselamatan mereka. Semangat mereka untuk bersekolah patut untuk diacungi jempol.

Tidak ada standar keselamatan di jembatan ini sebab ini bukanlah jembatan penyeberangan. Hanya ada sling baja yang terpasang di sisi barat jembatan yang digunakan untuk berpegangan. Ketidaknyamanan ini sebenarnya sudah warga rasakan sejak lama dan mereka juga tidak tinggal diam.

Warga tiga dusun tersebut sudah berulang kali mengajukan surat permohonan ke Pemkab Karanganyar maupun Pemkab Boyolali untuk membuatkan jembatan permanen. Namun sayang permohonan warga urung ditindak lanjuti hingga kepala daerah di kedua kabupaten tersebut sudah mengalami pergantian.

Baca Juga:10 Fakta Mengenai Negeri China Yang Bikin Anda Terbelalaki

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia 7 Sosok Pria Paling Aneh Dengan Keunikan yang Mencengangkan di Dunia Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas
BACA JUGA