Ad banyak kisah di antara para tokoh perjabat di Indonesia yang sangat inspiratif untuk diceritakan. Seperti yang terjadi baru-baru ini, kegiatan Sri Mulyani teah sukses direkam dan dirilis dalam bentuk video pendek. Dilansir dari laman finance.detik.com, sosok yang tengah menjabat sebagai Menteri Keuangan itu diabadikan dalam sebuah film berjudul “Renjana”.

Tak hanya dirinya, sejumlah tokoh publik di Indonesia sejatinya memiliki banyak kisah inspiratif yang bisa menjadi contoh bagi generasi muda. Perjalanan hidup yang dimulai dari bawah, berjuang meraih kesuksesan, hingga menjadi tokoh yang disegani, merupakan bagian dari mereka yang kisahnya pantas untuk diangkat ke layar lebar.

Perjuangan hidup yang inspiratif dari Menteri Susi Pudjiastuti

Menteri Susi Pudjiastuti [sumber gambar]
Sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, sosok Susi Pudjiastuti memiliki rekam jejak dan perjalanan hidup yang inspiratif. Dilansir dari laman liputan6.com, dirinya yang dulu hanya sekolah hingga tingkat SMP, sempat berjualan bed cover hingga menjual perhiasan sebagai modal menjadi pengepul ikan. Dari sana, ia sukses mengembangkan usahanya hingga berhasil mendirikan pabrik pengalengan ikan yang dilempar ke pasar dalam maupun luar negeri.

Manufacturing Hope ala Dahlan Iskan

Menteri Dahlan Iskan [sumber gambar]
Pria kelahiran Magetan, Jawa Timur pada tanggal 17 Agustus 1951 ini, meruapakan salah satu sosok Menteri yang kisah hidupnya sangat inspiratif. Laman viva.co.id, ia dibesarkan di lingkungan pedesaan dengan penuh kesederhanaan. Namun, hal tersebut tak lantas membuatnya menyerah. Dahlan yang mengawali karirnya sebagai Wartawan di Majalah Tempo, karirnya ternyata terus menanjak hingga sukses menjadi pimpinan Jawa Pos pada 1982. Dari situ, ia kemudian mendirikan gedung Graha Pena di Surabaya dan Jakarta (1997) hingga TV Lokal bernama JTV di Surabaya (2002). Sempat berkari sebagai Dirut PLN, kecerdasan dan kinerja apik Dahlan Iskan membuat dirinya dipilih Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Kisah Menteri Pertanian yang memulai karir dari nol

Menteri Andi Amran Sulaiman [sumber gambar]
Sebelum menjabat menjadi Menteri Pertanian di kabinet Kabinet Kerja Jokowi-JK, Andi Amran sempat bergelut dengan kehidupan yang cukup sulit. Dilansir dari finance.detik.com, Amran yang kala itu tinggal di NTT, pernah melakoni profesi sebagai pemburu rusa, makan pukat (kayu), gali sumur, tangkap ikan, gembala sapi sampai pecah batu. Hingga saat merintis jalan sebagai pengusaha, pria lulusan Doktor Pertanian Universitas Hasanuddin ini juga sempat tidur di emperan masjid-masjid di Jakarta. Kini, ia sukses menjadi seorang menteri sekaligus pengusaha.

Perjalanan hidup Gus Dur yang sarat makna dan filosofi

Gus Dur [sumber gambar]
Figur Gus Dur memang lekat dengan kehidupan warga Nahdliyin yang merupakan sebutan bagi mereka yang bernaung di bawah organisasi Nahdlatul Ulama (NU). sebagai cendekiawan muslim yang cerdas, ia banyak menghabiskan kariernya di lembaga-lembaga dan organisasi, baik kepemudaan hingga pemerintaahan. Dikutip dari nasional.kompas.com, Gus Dur menjadi anggota Syuriah Nahdlatul Ulama tahun 1979-1984. Dalam lingkup pemerintahan, karier politik tertingginya adalah menjadi Presiden RI selama 2 tahun pada 1999-2001. Dikenal sebagai tokoh kerukunan umat beragama, ia juga pernah menjabat Ketua Dewan Internasional Konferensi Dunia bagi Agama dan Perdamaian atau World Conference on Religion and Peace (WCRP), Italia, tahun 1994.

Menkeu Sri Mulyani yang menjadi sosok perempuan yang tangguh

Terlahir dari keluarga berpendidikan, Sri Mulyani Indrawati merupakan sosok Menteri terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Sumber ekbis.sindonews.com menuliskan, Wanita kelahiran Lampung 26 Agustus 1962 itu pernah menjabat berbagai posisi strategis di Indonesia maupun dunia. Di dalam negeri, ia kini menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Bersatu Jokowi-JK. Sementara di kancah internasional, Sri Mulyani sempat menduduki posisi sebagai direktur pelaksana Bank Dunia.

BACA JUGA: Kisah Hidup Sri Mulyani yang Bikin Menitikkan Air Mata

Kesuksesan para menteri di atas, merupakan bukti nyata dari bentuk kerja keras yang dilakukan secara sungguh-sungguh. Tak cukup dengan kemampuan akademis dan bakat semata, tekad yang kuat juga menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan. Jika mereka mampu dan sukses melakukannya, harusnya kamu juga bisa ya Sahabat Boombastis.