Indonesia memang tak pernah kehabisan talenta-talenta kreatif yang menorehkan prestasi di kancah internasional. Pada bidang yang mungkin awam bagi kebanyakan orang sekalipun, ada sosok hebat yang keahliannya diakui oleh dunia. Dia adalah Herry Rasio, salah satu seniman Aquascape yang tersohor di Indonesia

Aquascape sendiri merupakan sebuah seni mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu dan lain sebagai dekorasi yang menjadi sebuah ekosistem layaknya ‘hutan mini’ di dalam air. Herry Rasio adalah salah satu ahlinya dengan kemampuan yang diakui dunia. Seperti apa kisahnya? Simak ulasan Boombastis berikut ini.

Berawal dari hobi yang membuatnya tertarik menggeluti dunia Aquascape

Berawal dari hobi hingga menggeluti Aquascape [sumber gambar]
Ketertarikan Herry pada dunia Aquascape berawal dari hobinya pada miniatur mainan (action figure), hingga bonsai. Secara tak sengaja, ia menemukan sebuah diorama di dalam air yang indah dan diberi tanaman hidup saat menjelajah internet. Dari sana, pria yang tinggal di Jalan Wijayandanu, Kelurahan Polehan, Kota Malang, Jawa Timur ini mengetahui bahwa hal tersebut dinamakan Aquascape. Ia pun langsung tertarik dan mendalaminya.

Tekun mendalami teknik Aquascape dan keluar sebagai juara tingkat nasional

Keluar sebagai juara di berbagai kontes Aquascape internasional [sumber gambar]
Tahun 2013 adalah awal-awal dirinya mendalami tentang Aquascape. Mulai dari desain, teknik, hingga membentuk polanya. Hebatnya lagi, pria 38 tahun itu berhasil menjuarai sebuah kontes Aquascape tingkat nasional. Herry pun semakin terpacu hingga ia disarankan agar mengikuti kejuaraan tingkat dunia karena skill Aquascape miliknya telah dikenal secara luas.

Berjaya di kompetisi internasional dengan karya luar biasa

Salah satu diorama Aquascape karya Herry [sumber gambar]
Ajang kontes internasional menjadi kejuaraan Aquascape berikutnya yang diikuti oleh pria bernama asli Heri Amir Lubis ini. Dilansir dari Kumparan (30/08/2020), ia telah menjuarai beberapa kontes yang diselenggarakan di Turki, Shanghai, Taiwan, hingga Jerman. Untuk negara terakhir, Herry bahkan berhasil memenangi lima kategori yang dilombakan dalam satu kontes yang diselenggarakan.

Dipercaya menangani desain Aquascape artis Irfan Hakim

Dipercya membangun Aquascape megatank milik Irfan Hakim [sumber gambar]
Jika sering melihat channel YouTube Irfan Hakim, Herry pernah muncul di dalam beberapa episode di konten videonya saat merancang Aquascape megatank miliknya. Herry sendiri dipercaya sebagai arsitek lanskap proyek paludrium pertama di Indonesia milik sang artis yang nilainya mencapai Rp1 miliar.

Hobi unik yang menjanjikan dan menghasilkan keuntungan

Hobi Aquascape yang mendatangkan keuntungan [sumber gambar]
Keahlian dan orisinalitas karya yang dihasilkan, membuat Herry kebanjiran order dari penggemar Aquascape. Dalam sebulan, ia rata-rata mendapat 10 order dengan rentang harga mulai dari Rp 7-50 juta. Bahkan di tengah pandemi seperti saat ini, kegiatan tersebut tak begitu terpengaruh. ‘Meningkat tiga kali lipat anehnya. Ya mungkin karena hobi jadi ga ada terpengaruh dari pandemi. Kalau aku sih kebanyakan orderan dari Jakarta,” katanya yang dikutip dari Kumparan (30/08/2020).

BACA JUGA: 7 Desain Akuarium Unik dan Menyenangkan yang Cocok untuk Generasi Kekinian

Seni Aquascape kini tak lagi menjadi sekedar hobi semata. Ada peluang besar yang menjanjikan jika ditekuni dengan baik. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 saat ini, potensinya sangat menjanjikan dan bisa menghasilkan keuntungan. Seperti yang telah dilakukan oleh Herry Rasio di atas. Gimana Sahabat Boombastis? Tertarik menekuni seni Aquascape?