Penjaga gawang pastinya bukan pemain bola yang identik dengan gol. Kiprahnya di atas rumput hijau kebanyakan dihabiskan untuk menghalau bola masuk ke dalam jalanya. Namun ada sebuah fenomena berbeda yang ditorehkan penjaga gawang yang berasal dari negara-negara ini. Mereka yang biasanya di bawah mistar gawang malah aktif dalam menyumbang gol untuk kesebelasan yang dibela.

Lewat aksinya tersebut dirinya sempat mengalahkan beberapa penyerang top benua biru dalam masalah perolehan gol. Bahkan ada yang mampu mencetak tiga gol sekaligus dalam satu pertandingan. Ngeri enggak tuh? Ya kalau aku sih sangat takjub oleh aksi penjaga gawang ini. Tapi sayang mereka kini sudah tidak aktif lagi di percaturan sepak bola dunia. Siapa sajakah mereka? Ini Boombastis memberikan kepadamu sobatku.

Rodrigo Ceni sempat buat penyerang Italia terlihat cupu

Rodrigo Ceni pastinya menjadi salah satu pemain yang tidak begitu terkenal di kalangan pencinta bola. Meski tidak setenar kiper kelas dunia macam Buffon atau De Gea, namun dirinya mampu ciptakan rekor gol yang tidak mungkin ditandingi nama tadi. Selama kariernya bergulat dengan si kulit bundar, pria asli Brasil ini telah menyumbangkan 131 gol. Lewat rekor tersebut dirinya sempat menenggelamkan penyerang haus gol asal Italia Mario Balotelli. Ceni kerap mencetak gol lewat pinalti dan tendangan Bebas.

Hattrick sebagai penjaga gawang, rekor Jose Luis Chilavert kini abadi

Layaknya Ceni, Chilavert bukan nama yang populer di dunia sepak bola. Tercacat kariernya banyak dihabiskan bersama kesebelasan medioker. Begitu juga rekor golnya yang tak pernah bisa menyamai milik Rodrigo Ceni tadi. Kendati bukan rajanya gol, namun rekor Hattrick-nya dalam satu pertandingan kini sulit tertandingi. Bahkan bisa dikatakan menjadi catatan emas yang abadi. Selama berkarier dirinya telah menyumbang 67 gol dari sejumlah kesebelasan yang pernah dibelanya.

Rene Hugita kiper tendangan kalajengking dengan torehan 41 gol

Eksentrik dengan rambut dan corak pakaian yang warna-warni merupakan salah satu penggambaran penjaga gawang asal Kolombia ini. Seperti beberapa nama tadi, dirinya juga tergolong handal dalam urusan membobol gawang lawan. 41 gol selama kariernya menjadi bukti apabila dirinya juga seorang kiper yang haus membobol jalan lawan. Selama kiprahnya di lapangan hijau ia kerap pertontonkan skill dewa, dengan menghalau bola lewat gaya kalajengking dan hebatnya lagi ia hampir tidak pernah gagal melakukan penyelamat yang ekstrem tersebut.

Catatan luar biasa tersebut membuat nama mereka kini tercatat manis di dunia sepak bola. Mereka juga mengajarkan apabila tidak ada yang mustahil di dunia ini. Asal mau melatih pastinya semua hal dapatlah terwujud. Bahkan menembus batas dari orang-orang lain.