Kicauan Pertama Jokowi di Twitter Setelah Jadi Presiden!

oleh Adi Nugroho
07:08 AM on Jun 21, 2015

Sosial Media atau sosmed tak hanya menjangkiti para remaja, atau pebisnis yang ingin mempromosikan usahanya. Medsos juga menjangkau lingkungan para politikus di dunia ini. Kita ambil contoh Barack Obama yang kerap berkicau di akun Twitter pribadinya. Lalu di Indonesia, presiden ke-6 kita juga kerap mengeluarkan unek-uneknya melalui Facebook.

Lalu kali ini, Presiden ke-7 kita, Pak Jokowi juga melakukan hal senada. Setelah sekitar 8 bulan menjadi presiden Indonesia, akhirnya Pak Jokowi berkicau lagi. Kali ini di akun Twitter yang dipegangnya sendiri. Seperti apa kicauan Pak Jokowi, yuk simak!

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Akun Twitter Lama Yang Hidup Kembali

Sebenarnya Pak Jokowi telah aktif di Twitter sejak beliau menjabat sebagai salah Walikota Solo. Namun ketika menjabat sebagai Gubernur Jakarta akun itu tidak digunakan lagi. Setelah beberapa tahun berselang, akun yang awalnya bernama @joko_widodo ini bertransformasi menjadi bernama @jokowi.

Jokowi Dilantik [image source]
Jokowi Dilantik [image source]
Akun lama dari Pak Jokowi telah direset ulang. Artinya sama sekali tidak ada kicauan saat beliau menjabat walikota. Kali ini akun yang sudah berganti nama jadi @jokowi ini hanya memiliki satu kicauan yang dilakukan sekitar pukul 04.00 tadi pagi.

2. Perubahan Deskripsi @jokowi Yang Baru

Akun ini memiliki beberapa perubahan mendasar. Terutama pada bagian deskripsi biodata. Sebelumnya pada akun @joko_widodo, Pak Jokowi mengisi akun ini dengan biodata: “Pengennya sederhana dalam kesederhanaan.” Namun setelah jadi Presiden, deskripsi biodata diubah secara total.

Akun Jokowi Ganti Biodata
Akun Jokowi Ganti Biodata

Kali ini deskripsi yang diberikan oleh Pak Jokowi berbunyi: “Akun resmi Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia.” Sampai saat ini ada sekitar 2,9 juta orang yang menjadi pengikut Pak Jokowi di Twitter. Bahkan cuitan pertamanya telah di-retweet nyaris 3.000 kali dalam hitungan 2 jam.

3. Isi Kicauan Pak Jokowi Yang Pertama Setelah Menjadi Presiden

Sekitar pukul 04.00 WIB akun @jokowi melakukan kicauan pertamanya. Kicauan itu berbunyi: “Alhamdulillah bisa sahur bersama keluarga. Selamat berpuasa saudaraku semua. Ini tweet pertama saya sebagai presiden. –Jkw”

Akun Twitter Jokowi Setelah Bertransformasi
Akun Twitter Jokowi Setelah Bertransformasi

Diduga kicauan pertama ini dilakukan beliau saat sedang makan sahur dengan keluarga. Selain itu hari ini, 21 Juni juga merupakan hari ulang tahun Pak Jokowi yang ke-54 tahun. Sehingga Pak Jokowi telah melakukan kicauan pertama sebagai presiden dan kicauan pertama saat berulang tahun.

4. Respon Pengikut Akun @jokowi Terhadap Kicauan Pertama Pak Presiden

Beragam respon diberikan oleh para pengikut akun @jokowi usai kicauan pertamanya terunggah. Beberapa mengucapkan selamat berpuasa seperti yang dilakukan akun @rosgani: “selamat berpuasa dan selamat bergabung di media sosial. Salam sukses dari Subang, Jabar.”

Respon Pengikut Jokowi
Respon Pengikut Jokowi

Lalu ada respon lain yang sedikit menggelikan berasal dari akun dengan nama @fazarwarmit: “pak, main hestek #GantiLirik #Dangdut Indonesia pak hehe” Wah, ada-ada aja ya usahanya? Namun sebagian besar respon dari pengikut akun @jokowi adalah mengucapkan selamat berpuasa dan selamat datang di dunia sosial media.

Itulah kicauan pertama Pak Jokowi di Twitter. Semoga akun ini tidak hanya akun satu arah, namun sebagai penyambung komunikasi antara rakyat dan presidennya. Siapa tahu kita bisa berbalas mention dengan @jokowi. Ya, nggak?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA