Gempa memang salah satu bencana yang kerap kali terjadi, tak hanya di Indonesia saja, melainkan di Jepang pun demikian. Saking seringnya terkena gempa, Jepang membuat inovasi baru yaitu bangunan tahan gempa. Sehingga bisa membuat penduduknya merasa tenang dan nggak lagi panik saat bencana tersebut terjadi.

Seperti yang diketahui, pada sekitar tanggal 13 Februari yang lalu, Jepang lagi-lagi diguncang gempa. Hal ini membuat netizen ramai membicarakannya. Namun, saat itu ada fokus lain yang mengalihkan perhatian para warganet. Dikarenakan unggahan dari akun Twitter pemuda Indonesia yang sedang berada di Jepang yakni @Dikurn.

Unggahan viral pemuda Indonesia sedang salat

Saat gempa terjadi, pemilik akun Twitter @Dikurn tersebut memang tengah merekamnya. Menunjukkan detik-detik tempat tinggalnya bergoyang karena diguncang gempa, terdengar juga ia berkali-kali mengucap istighfar. Sebab, memang guncangannya cukup kuat, menurut perkiraan sekitar 7.3 magnitudo. Yang mana tidak bisa dianggap remeh.

Namun, warganet justru fokus dengan seorang pemuda berkaus hitam dan juga bersarung yang tengah menunaikan ibadah salat. Tentu saja, banyak warganet yang merasa salut karena pemuda tersebut sama sekali nggak membatalkan salatnya dan seolah nggak takut dengan apa yang bisa terjadi. Padahal guncangannya pun bisa dibilang cukup kuat.

Tetap khusyuk meski barang-barang berjatuhan

Gempa di Fukushima, Jepang, itu memang sangat mengejutkan. Akan tetapi justru nggak membuat pemuda yang sedang salat tersebut ketakutan, meski sebenarnya terlihat pula beberapa barang berjatuhan dalam video yang berdurasi belasan detik itu. Ia tetap saja melanjutkan salatnya sampai selesai.

Japan Gempa [sumber gambar]
Dijelaskan pula oleh perekam video bahwa bangunan yang mereka tempati memang salah satu bangunan anti gempa. Sehingga nggak sampai menghancurkan kediaman pemuda dari Indonesia tersebut, meskipun ketakutan tetap jelas dirasakan. Selain itu, netizen juga menyoroti beberapa benda yang nampak bergetar saking hebatnya guncangan yang terjadi.

Tuai ragam komentar positif

Seperti yang biasa terjadi, dalam setiap unggahan yang ada di internet akan menuai beragam komentar dari para netizen. Tak terkecuali unggahan pemuda yang khusyuk salat itu, di mana komentar para warganet sendiri nyatanya cukup positif. Kebanyakan berkomentar salut dengan iman yang melekat pada diri sang pemuda.

Pemuda salat saat gempa [sumber gambar]
Akan tetapi, ada juga yang bergurau bahwa ia merupakan sosok pria idaman. Ada juga netizen yang mengatakan jika ia yang berada di posisi tersebut, maka dirinya pasti sudah tidak peduli dan menjerit-jerit lari saking takutnya. Selain itu, banyak pula doa-doa mengalir untuk pemuda Indonesia viral itu. Sampai saat ini, video yang diunggah sejak 13 Februari lalu telah dibagikan dan ditonton hingga ratusan ribu kali.

Keadaan Jepang saat gempa

Menurut Badan Meteorologi Jepang, gempa yang berpusat di sekitar lepas pantai Fukushima itu kedalamannya mencapai hingga 60 km. Bencana tersebut terjadi sekitar pukul 11 waktu setempat, dan mengguncangkan beberapa bangunan sehingga menimbulkan kerusakan kecil.

Keadaan Jepang saat gempa [sumber gambar]
Meski tidak ada peringatan tsunami, tetap saja membuat sebagian besar orang mengalami ketakutan. Bahkan dilaporkan dari Kantor Berita Kyodo bahwa terdapat setidaknya puluhan orang yang mengalami luka-luka akibat dari gempa.

BACA JUGA: Ini Hal yang Penting untuk Diketahui Semua Orang Saat Terjadi Bencana Gempa

Namun, beruntungnya memang tidak ada gangguan sama sekali dari pembangkit listrik tenaga nuklir alias PLTN Fukushima Daiichi dan Daini. Maupun di beberapa PLTN lain di daerah Kahiwazaki-Kariwa seperti yang disebutkan menurut Tokyo Electric Power Company Holdings.