Inilah Beberapa Fakta Mengenai Kesamaan Indonesia dan India yang Jarang Diketahui

Mungkin ini yang menyebabkan drama bollywood sampai saat ini tetep dekat di masyarakat Indonesia

oleh Arief Dian
15:15 PM on Jun 2, 2017

Beberapa waktu yang lalu demam Bollywood sempat melanda di Indonesia. Baik musik ataupun serial TV banyak digandrungi oleh penduduk di negeri ini. Terutama kalangan ibu-ibu, asal serial drama India tayang, mereka tidak akan beranjak dari depan TV sampai acara selesai. Namun kalau dipikir-pikir, kenapa ya segala hal dari India ini mudah sekali jadi tren di Indonesia.

Usut punya usut, ternyata India dan Indonesia memiliki hubungan erat sejak dulu kala. Bahkan nama Indonesia sendiri adalah sumbangan dari bahasa di India. Bisa dibilang Indonesia dan India itu merupakan saudara sejak dahulu. Jadi apa saja fakta yang membuktikan kedekatan India dan Indonesia yang jarang diketahui itu? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
Dulu Dikenal Kanibal, Beginilah Nasib Sumanto yang Sempat Dikabarkan Jadi Penceramah Kondang
Inilah 4 Hal yang Terjadi Jika Indonesia Benar-benar Memboikot Produk Amerika

Nama India dan Indonesia

Sadar atau tidak, namun kedua negara ini jika dilafalkan memang seolah memiliki kemiripan nama. Dan ternyata memang hal itu benar-benar dapat dibuktikan. Pasalnya baik India dan Indonesia memiliki arti yang sama menurut pembentukan katanya. Nama negara kita sendiri berasal dari bahasa latin, indus yang berarti India. Kemudian ditambahkan bahasa Yunani nesos yang berarti sebuah pulau. Akhirnya terbentuklah sebuah kata Indonesia yang menjadi nama negara di bumi pertiwi ini.

india Indonesia [image source]
Selain itu, Indonesia dan India juga sering dikaitkan karena sering menggunakan bahasa Sanskerta. Ya, hal itu memang benar mengingat bahwa dahulu pemeluk agama di nusantara ini di dominasi oleh agama Hindu. Oleh sebabnya bukan hal yang aneh jika bahasa Sanskerta banyak ditemukan di istilah Indonesia, misalnya saja semboyan negara Bhinneka Tunggal Ika.

Mata uang yang memiliki arti yang sama

Lagi, mata uang India dan Indonesia ternyata memiliki kedekatan pula. Memang kalau dilafalkan kata Rupe dan Rupiah itu seolah memiliki kesamaan pelafalannya. Usut punya usut, kedua kata tersebut ternyata sama-sama diambil dari bahasa Sanskerta. Baik kata Rupee ataupun rupiah, ternyata sama-sama bermakna uang perak dalam bahasa Sanskerta. Namun kenapa bisa terjadi perbedaan?

Nama mata uang hampir sama [image source]
Ternyata penyebutan kata Rupee itu dipengaruhi oleh pengucapan orang Jawa kuno yang tidak bisa dengan jelas melafalkannya oleh sebab itu jadi kata rupiah. Namun pada dasarnya kedua kata tersebut sama-sama berasal dari kata Rupya di bahasa Sanskerta.

Hubungan kedua pimpinan negara yang mengharukan

Baik Indonesia maupun India, sudah memiliki hubungan erat sejak masa kolonial dahulu. Tepatnya saat Indonesia berusaha merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, India memberikan suplai bantuannya seperti obat-obatan kepada Indonesia. Sejak saat itu kedua negara ini memiliki hubungan yang baik. Presiden Soekarno sering mengunjungi India untuk bertemu menteri Jawaharlal Nehru guna mendiskusikan banyak hal.

Hubungan pemimpin negara [image source]
Soekarno mengungkapkan sangat berhutang budi pada India dengan mengatakan “India dan rakyatnya terikat erat pada kami oleh darah dan kebudayaan. Hubungan ini telah terjalin dari awal tercatatnya sejarah. Kata India juga akan selalu ada dalam hidup kami. Sebagian kata itu merupakan rangkaian huruf pertama yang kami pilih untuk menamai bangsa dan negara ini.”

Banyaknya kebudayaan yang hampir sama

Kita tahu kalau baik cerita mahabarata maupun Ramayana, semua berasal dari India. Kemudian cerita tersebut mengalami akulturasi budaya dengan yang ada di Indonesia. Lahirlah sebuah cerita Ramayana dan Mahabarata yang berpadu dengan unsur Jawa dan Islam.

Budaya hampir sama

Bukan hanya itu, jika kita menengok masalah dangdut, ternyata musik khas Indonesia itu juga ada percampuran dari budaya di India. Dentuman gendang khas India, menjadi cikal bakal terbentuknya musik baru dengan ciri khas nusantara. Masalah budaya, baik Indonesia dan India tidak dapat dipisahkan.

Ketika melihat beberapa fakta di atas, kini mulai masuk akal kenapa hal-hal yang berasal dari India bisa dengan mudah diterima orang Indonesia. Ternyata kita sudah familiar dengan budaya India sejak zaman dahulu. Uniknya, meskipun Indonesia dan India memiliki beberapa kesamaan dalam budaya, namun keduanya tidak saling mengklaim dan mencaplok satu sama lainnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA