Setan Dibelenggu Pas Ramadan, Ini Jadi Kerjaan Mereka Pas Senggang

oleh Rizal
07:05 AM on Jun 11, 2016

Ramadan boleh dibilang merupakan bulan paling keramat diantara 11 yang lain. Allah benar-benar memuliakan bulan ini nggak hanya karena di dalamnya ada ibadah puasa wajib, tapi juga soal kebaikan-kebaikan yang dilipat gandakan pahalanya. Bahkan di bulan ini pula setan-setan dibelenggu biar nggak berkeliaran dan menggoda manusia.

Nah, yang menarik soal ungkapan setan-setan yang dikerangkeng dan nggak bisa menggoda manusia, tentu saja adalah tentang apa saja aktivitas yang bakal mereka selama sebulan itu. Apa rutinitas pocong ketika nggak boleh menggoda manusia? Apa pula yang dilakukan Tuyul ketika ia nggak bisa nyolong duit lagi?

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, kira-kira seperti ini lho yang mereka lakukan selama sebulan. Sebelum itu, jangan anggap serius ya ulasan ini, karena isinya ngaco semua. Lumayan sambil nunggu bedug magrib 🙂

Pocong Bakal Nyuci Kafan

Hal yang bikin pocong serem itu ada dua. Wajahnya yang nggak karuan dan juga kain kafannya yang lusuh dan penuh tanah itu. Efek kain kafan yang kotor memang membuat kesan mereka makin serem. Seolah bener-bener bangkit dari kubur.

Kain kafan sebelum dan sesudah dicuci
Kain kafan sebelum dan sesudah dicuci

Nah, berhubungan ketika puasa mereka nggak boleh godain manusia, kira-kira apa yang bakal dilakuin? Jawabannya cuma satu. Yup, nyuci kafan. Sama seperti manusia yang konon jadi fitrah alias suci setelah selesai puasa, pocong juga sama. Kain kafan mereka juga kembali bersih. Alasan lain kenapa pocong nyuci kafan adalah biar pas lebaran mereka nggak harus beli kafan yang baru.

Tuyul, Mungkin Akan Jadi Entreprenur Kepiting

Menurut orang Jawa mainan paling disukai Tuyul adalah kepiting atau Yuyu kalau dalam bahasa setempat. Mereka bisa bermain itu semalaman sampai kadang lupa ngambilin duit-duit targetnya. Nah, soal Ramadan di mana setan dikerangkeng, kira-kira apa yang bakal jadi kesibukan tuyul?

Tuyul jadi entrepreneur kepiting
Tuyul jadi entrepreneur kepiting

Karena nggak boleh nyolong, mereka hanya akan bermain, dan satu-satunya mainan mereka adalah kepiting tadi. Tapi, sebulan bermain mainan yang sama pasti bakal bosen juga, akhirnya tuyul pun berinovasi. Nggak lagi hanya main-main, mereka mungkin bakal belajar cara berternak kepiting. Setelah itu mereka bakal jual-jualin deh ke tengkulak tuyul lain. Dapet duit yang banyak mereka pun bisa santai pas lebaran.

Wewe Gombel Sibuk Jadi Single Mother

Dikatakan dalam legenda, kebiasaan wewe gombel adalah menculik anak-anak. Nggak untuk dibunuh atau dimakan, anak-anak yang diculiknya justru bakal dirawat atau diopeni kalau kata orang Jawa. Nah, soal Ramadan, wewe gombel pun juga harus rehat dulu dari dunia culik menculik bocah.

Wewe gombel sibuk
Wewe gombel sibuk

Lalu, kira-kira apa yang bakal hantu wanita ini saat Ramadan? Mungkin ia bakal lebih menjaga bocah-bocah yang diculiknya. Bahkan mungkin juga lebih sibuk dari biasanya. Mulai dari bangunin sahur sampai bikin takjil dan buka untuk anak-anak yang diculiknya. Nggak bengong, wewe gombel malah makin sibuk pas puasa.

Genderuwo Mengingatkan Orang-Orang Buat ke Masjid

Lantaran masuk ke dalam golongan setan, genderuwo pun juga kena perintah kerangkeng pas Ramadan. Meskipun begitu, nggak berarti si hantu besar ini nggak bisa melakukan apa pun. Ia masih bisa menunjukkan eksistensinya. Tapi caranya kali ini benar-benar lain.

Mau ke masjid nggak nih?
Mau ke masjid nggak nih?

Genderuwo masih bakal tetep di atas pohon favoritnya. Jika biasanya ia menganggu, kini justru sebaliknya. Si hantu gede ini bakal menyuruh orang-orang ke masjid pas lewat jalan di bawah pohonnya. “Ke masjid tong, jangan mainan petasan mulu!”, mendengar ini pun bocah-bocah pun bakal terbirit-birit ke masjid. Lagi pula dengan berbuat kebaikan, mungkin genderuwo bisa dapat parsel pas lebaran.

Kuntilanak Ngebangunin Orang Sahur

Pocong, tuyul, genderuwo, wewe gombel, semua setan ini punya kegiatan meskipun nggak bisa menggoda manusia. Nah, kira-kira apakah kuntilanak juga sama? Tentu saja. Bahkan kuntilanak mengisi waktunya dengan hal-hal yang berguna. Misalnya bangunin orang sahur.

Pesennya kuntilanak begitu
Pesennya kuntilanak begitu

Misalnya ketika ada mas-mas lewat di bawah rumah pohonnya, kuntilanak bisa mengatakan, “Mas, jangan lupa nanti bangun lho. Biar bisa sahur dan puasanya kuat.” Mendengar yang semacam ini si mas-mas pasti ingat bahkan nggak tidur memikirkan dari mana suara itu datang. Ramadan itu bulan kebaikan, mungkin kuntilakan pun memaknai hal itu dengan cara mengingatkan orang-orang untuk sahur.

Ini lho yang kira-kira bakal mereka lakukan. Unik-unik dan nggak biasa, ya? Hehe tentu saja ini hanyalah becandaan aja. Makna dari setan dibelenggu bukan yang seperti ini. Menurut ulama, arti setan dibelenggu karena manusia tengah sibuk-sibuknya beribadah, sehingga setan pun seolah nggak ada waktu untuk menggoda manusia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA