Punya 5 Kualitas Ini? Kamu Berpeluang Kerja di Kantor Facebook

oleh Endah Boom
07:00 AM on Feb 15, 2016

Facebook yang didirikan tahun 2004 ini jumlah pegawainya kurang dari 1.000 orang hingga tahun 2009. Tapi coba tebak berapa jumlah karyawannya sekarang? Tersebar di 65 negara, jumlah karyawan Facebook sudah mencapai 13 ribu orang. Jelas angka yang luar biasa sekali, ya.

Tak sembarang orang bisa lolos dan jadi karyawan Facebook. Lori Goler, Facebook VP of People mengatakan kalau Facebook memiliki lima nilai inti (core values) yang tak pernah berubah sejak tahun 2008. Kelima nilai inti ini memainkan peranan yang sangat penting, bahkan lebih penting dibandingkan penjualan yang dihasilkan perusahaan. Lebih spesifik lagi, lima nilai inti itulah yang jadi patokan utama untuk merekrut karyawan. Hm… kira-kira apakah kamu juga memiliki lima kualitas atau nilai inti yang sangat dijunjung oleh Facebook? Kalau punya, wah kamu punya peluang bekerja di kantor Facebook. Atau setidaknya kamu berkesempatan diterima di perusahaan besar.

Baca Juga
Kabar Siti Rohmah, Si Kasir Minimarket Cantik yang Kini Sukses Menjelma Menjadi Model
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya

1. Punya Sikap Berani

“Hal yang paling berisiko adalah tak mengambil risiko,” ungkap Mark Zuckerberg selaku Ceo dan cofounder Facebook. “Kami mendorong setiap orang untuk bisa membuat keputusan yang berani, meskipun kadangkala melakukan kesalahan,” lanjutnya lagi.

Punya sikap berani
Sikap berani [image source]
“In a world that’s changing really quickly, the only strategy that is guaranteed to fail is not taking risks.” (Mark Zuckerberg, kalimat ini diucapkan dalam wawacaran bulan Oktober 2011 di Y Combinator’s Startup School di Palo Alto, California)

Sikap berani ini rupanya sangat penting dan diperlukan agar perusahaan bisa terus menciptakan inovasi dan terus jadi yang terdepan. Untuk membuat sesuatu yang baru, kita harus berani mengambil keputusan. Dan dalam setiap keputusan, pasti ada risikonya. Kalau dari awal tak pernah berani mengambil risiko, maka tak ada kemajuan dan perkembangan yang bisa didapat.

2. Fokus pada Dampak yang Dihasilkan

“Orang yang bertahan di Facebook ini selalu menciptakan hal-hal  baru dan mencari cara untuk membuat peningkatan,” ujar Miranda Kalinowski selaku Global Head of Recruiting. Karyawan Facebook perlu memiliki semangat kuat untuk terus memperbarui misi Facebook. Membuat banyak terobosan baru. Juga membuat dunia lebih terbuka dan bisa saling terhubung satu sama lain.

Fokus
Fokus tingkat tinggi [image source]
Fokus pada dampak yang dibuat. Selesaikan masalah-masalah besar dan buat perbedaan besar. Apa yang dikerjakan harus bisa memberi dampak bagi masyarakat dan sekitarnya, tentunya dampak yang diharapkan adalah yang positif. Itulah salah satu kualitas yang wajib dimiliki para karyawan Facebook.

3. Harus Bisa Bergerak Cepat

“Gerak cepat dan hancurkan penghalang-penghalang,” ini salah satu mantra dari Mark. Semakin besar sebuah perusahaan, maka semakin besar tantangan yang dihadapi. Untuk selalu maju dan inovatif, penting sekali untuk terus bergerak cepat. Jangan sampai kehilangan peluang dan kesempatan hanya karena gerak yang lamban dan tertinggal dari yang lain. Lebih baik membuat kesalahan daripada harus kehilangan kesempatan karena gerak yang terlalu lamban. Dunia selalu berubah dan bergerak dinamis, kalau tak bisa mengikuti pergerakan cepatnya maka bisa semakin jauh tertinggal.

Gerak Cepat
Gerak cepat [Image Source]
“Move fast and break things. Unless you are breaking stuff, you are not moving fast enough,” ungkap Mark dalam sebuah wawancara dengan Henry Blodget dari Business Insider. Bergerak cepat berbeda dengan terburu-buru. Bergerak cepat yang dimaksud di sini adalah bisa selalu mengikuti perkembangan. Berani melangkah lebih jauh ke depan. Tak apa membuat kesalahan karena yang penting adalah mencoba. Karena perusahaan akan sulit tumbuh dan berkembang kalau para pegawainya tak punya semangat untuk gerak cepat dan dinamis.

4. Bersikap Terbuka

Facebook sangat menghargai para pekerja yang bisa selalu terbuka dan mau berkolaborasi. “Keterbukaan dan transparansi, membangun komunitas, membuat kolaborasi, itu semua merupakan bagian dari cara kita bekerja bersama-sama,” ujar Goler.

Terbuka
Bersikap terbuka [Image Source]
Facebook meyakini kalau dunia yang terbuka adalah dunia yang lebih baik. Kenapa? Karena penduduk dunia bisa mendapat lebih banyak akses dan informasi. Sehingga mereka bisa lebih mudah membuat keputusan, bekerja, dan membuat dampak yang lebih besar.

5. Membangun Nilai Sosial

Goler menjelaskan bahwa Facebook merupakan organisasi yang dilandasi kekuatan. Apa artinya? Artinya perusahaan dibangun dengan menggunakan kekuatan bakat dan kemampuan para pegawainya bukan dengan memperbaiki kelemahan mereka. Dengan begitu para pegawai bisa menciptakan sesuatu yang memberi arti dan makna bagi mereka. Hal ini sejalan dengan misi Mark Zuckerberg untuk memberi kesempatan penduduk dunia bisa mengekspresikan diri mereka secara online.

nilai sosial
Membangun nilai sosial [image source]
Para pegawai Facebook diharapkan bisa fokus setiap hari bekerja untuk membuat sesuatu yang bermakna dan penting untuk penduduk dunia. Bekerja akan terasa lebih bermakna dan membuat kita makin semangat saat kita bisa memberi dampak sosial yang positif ke lebih banyak orang, setuju kan?

Mark pernah mengatakan, “The question I ask myself like almost every day is, ‘Am I doing the most important thing I could be doing?’ … Unless I feel like I’m working on the most important problem that I can help with, then I’m not going to feel good about how I’m spending my time. Rasanya kita pun pernah merenungkan dan mempertanyakan hal yang sama seperti Mark. Bekerja memang seharusnya tak sekadar untuk mencari uang. Lebih dari itu, kita ingin bekerja yang bisa memberi makna dan kepuasan batin. Sangat disayangkan jika apa yang kita kerjakan tak memberi dampak besar apa-apa.

Sekarang pertanyaannya, apakah kita sudah punya kualitas dan kemampuan terbaik untuk bekerja di perusahaan besar yang kita impikan?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA