in

Beginilah Perubahan Besar di Belahan Dunia karena Adanya Kereta Api

Kereta Uap [sumber gambar]

Kereta api merupakan alat transportasi yang cukup digemari, bukan karena hanya tanpa macet saja, tetapi juga perjalanan terasa indah karena ia mempunyai jalur tersendiri. Di perjalanan, kamu bisa melihat alam sekitar yang luar biasa indah, lewati sawah dan juga hutan biasanya. Perjalanan kereta api dan berkembang sampai sekarang cukup pesat.

Telah hadir sebagai tansportasi selama kurang lebih 2 abad, beginilah perubahan drastis kereta api dari masa ke masa dari berbagai belahan dunia.

Kehadiran kereta api pertama di Inggris

Kereta api ini pertama kali berkembang pesat di Inggris. Melansir grid.id, tanggal 14 Juni 1842, Ratu Victoria menulis surat dari Istana Buckingham, London. “Kami tiba di sini kemarin pagi menggunakan kereta api dari Istana Windsor dengan waktu tempuh setengah jam, bebas dari debu, kemacetan, dan panas.

Kereta api di Inggris [sumber gambar]
Saya sangat terpesona olehnya.” Sejak saat itulah kereta api terus berkembang, dari yang awalnya hanya kereta angkut pribadi, ia menjadi kereta angkut massal yang diidolakan. Kereta ini kemudian dipakai dalam semua sektor industri, perdagangan, dan juga bisnis.

Kereta uap, diesel, hingga kereta cepat

Dari masa ke masa, teknologi yang ada di badan dan sistem operasi kereta api juga berkembang. Kita mungkin pernah tau kalau kereta api pernah menggunakan teknologi uap pada tahun 1769. Hal ini dimulai saat seorang insinyur asal Skotlandia bernama James Watt membuat sebuah inovasi mesin uap. Penggerak berasal dari ketel uap yang dipanaskan dengan kayu bakar, batu bara, atau minyak. Karena inilah ia kemudian disebut sebagai kereta api. Di Indonesia sendiri, kereta uap baru masuk pada tahun 1876, yakni di Semarang.

Kereta Uap [sumber gambar]

Selain menggunakan tenaga uap, kereta api ini juga pernah menggunakan tenaga listrik pada tahun 1866. Setelah hampir setengah abad kemudian, pada tahun 1912 muncullah kereta yang menggunakan tenaga diesel. Kereta ini pertama kali beroperasi pada tahun 1912 di Swiss. Rudolf Diesel dan Adolf Klose memproduksi lokomotif diesel tersebut. Sekarang, kita hidup di era kereta cepat, di mana tak memakan waktu lama untuk bisa sampai ke tujuan dengan hanya naik kereta.

Sejarah kereta api yang ada di Indonesia

Nah, di Indonesia sendiri sejak kapan sih ada kereta api? Melansir kompas.com dari situs PT. Kereta Api Indonesia (KAI), kereta api masuk pada era tanam paksa. Jalur pertama yang dicangkul adalah Semarang-Vorstenlanden di Desa Kemijen.

Kereta di Indonesia [sumber gambar]
Pemerintah Hindia Belanda membangun jalur kereta api di Indonesia saat itu melalui perusahaan bernama Staatssporwegen (SS) pada 8 April 1875. Setelah semarang, barulah dibuat rute menuju Yogyakarta, Suarabaya, bahkan Malang. Setelah kereta di Pulau Jawa rampung, barulah ada kereta di Sumatera.

BACA JUGA: Gak Melulu Impor, Ternyata 4 Negara Ini Diam-diam Doyan Beli Kereta Api Indonesia

Pembangunan kereta ini masih berlanjut hingga zaman penjajahan Jepang –dulu kereta dikhususkan untuk kepentingan perang—. Sampai saat ini, pemerintah masih terus mengusahakan adanya kereta cepat di Indonesia. Semoga segera ada ya, termasuk untuk daerah-daerah pinggiran.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Kisah Hu Hang Feng, Miliarder yang Sukses Hidup Rukun dengan 4 Istri dan 16 Selingkuhannya

Heart Attack Gun, Senjata Rahasia CIA yang Disebut-sebut Bisa Membunuh Target Secara Senyap Tanpa Jejak