5 Satuan Kepolisian Paling Korup ini Sukses Bikin Masyarakatnya Sengsara

oleh Rizal
07:00 AM on Apr 5, 2016

Tentang polisi Indonesia, masyarakat seakan sudah punya mindset jika tidak semua polisi ini baik. Masih ada anggapan tentang oknum yang bekerja mengusung nama mulia hukum tapi melakukan hal-hal tercela. Mulai dari main tilang untuk cari keuntungan ataupun yang lainnya. Polisi Indonesia sebenarnya sama sekali tidak buruk. Hal ini terlihat jelas dari usaha mereka untuk memperbaiki citra.

Lain polisi Indonesia lain polisi deretan negara-negara ini. Ya, mereka adalah pelayan hukum tapi justru memanfaatkan title untuk melakukan hal-hal gila secara terang-terangan, terutama aksi korupsi. Miris tentu saja, bahkan masyarakatnya sendiri saja sudah jengah dengan eksistensi pengayom mereka itu.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Berikut adalah negara-negara dengan polisi paling korup. Jangan tanya tentang loyalitas, mereka hanyalah preman berseragam polisi.

1. Polisi Haiti Sudah Terkenal Dengan Kebusukannya

Negara dengan polisi paling korup di dunia adalah Haiti. Tentu ini bukan praduga atau tuduhan semata, melainkan memang ada bukti yang kuat. Polisi Haiti diketahui secara rahasia terlibat dalam banyaknya aksi kriminal. Mulai dari penculikan, obat-obatan dan juga penganiayaan. Utamanya, mereka juga aktif mencari keuntungan sendiri alias melakukan korupsi.

Polisi Haiti [Image Source]
Polisi Haiti [Image Source]
Citra polisi Haiti makin buruk lantaran mereka konon seperti ogah-ogahan untuk memberantas aksi para gengster di sana. Dugaan kuat, para polisi ini juga terlihat dengan sindikat kriminal itu. Entah kenapa oknum polisi seperti ini dibiarkan saja. Padahal, pemerintah Haiti sendiri pastinya sudah tahu bahkan melebihi masyarakatnya.

2. Polisi Meksiko yang Sudah Tak Pantas Disebut Penegak Hukum

Mengetahui bagaimana polisi Meksiko pasti akan membuatmu geleng-geleng kepala. Ya, tak ubahnya seperti polisi Haiti, para penegak hukum negeri Tacho itu juga korup luar biasa. Bahkan mereka juga terlibat aktif dalam berbagai aksi kejahatan, terutama yang berhubungan dengan kartel-kartel yang melegenda itu.

Polisi Meksiko [Image Source]
Polisi Meksiko [Image Source]
Menjadi Polisi jujur dan benar di Meksiko sangat sulit, karena lingkungan sekitar akan membencinya. Jadi, mau tidak mau yang ikut mayoritas. Belum lagi konon polisi di sana bayarannya sangat kecil, sehingga untuk mencukupi kebutuhan mereka akhirnya melakukan hal-hal buruk termasuk korupsi tadi. Soal aksi melindungi aktivitas kartel, mereka juga melakukannya demi uang.

3. Polisi Kenya Tukang Palak Paling Ekstrem

Peringkat 139 dari 168 menurut indeks transparansi korupsi 2015 jadi bukti kalau Kenya merupakan salah satu negara paling korup di dunia. Ya, memang apa yang terjadi di negara itu sungguh bikin miris. Banyak oknum pemerintah yang melakukan segala cara untuk mendapatkan uang. Hal ini juga dilakukan oleh kepolisian mereka.

Polisi Kenya [Image Source]
Polisi Kenya [Image Source]
Polisi di sana dikenal sebagai tukang palak yang lebih ngeri dari preman. Mereka akan melakukan apa pun untuk mendapatkan uang. Mau masuk rumah sakit bayar, mau sekolah bayar, mau urus surat-surat dan perijinan juga bayar. Masyarakat Kenya sendiri sudah bosan protes mengenai kepolisian mereka yang seperti itu. Alhasil, mereka akhirnya memilih pasrah saja dengan keadaan ini.

4. Polisi Somalia, Mereka Sudah Lupa Tentang Arti Menjadi Petugas

Miris sekali kalau melihat keadaan di Somalia. Politik tidak stabil, banyak kekacauan, serta polisi mereka yang gila. Ya, tentang polisi Somalia, mereka seakan tidak berperan apa pun dalam menjaga keamanan. Polisi Somalia bahkan terkesan takut ingin memberantas hal yang tidak benar meskipun mereka punya kuasa.

Polisi Somalia [Image Source]
Polisi Somalia [Image Source]
Tak hanya itu, mereka juga melakukan apa pun demi uang. Diketahui, selama ini ternyata mereka terlibat aksi-aksi kriminal semacam pencurian, pemerasan dan kekerasan kepada masyarakat untuk mendapatkan uang. Salah satu alasan kenapa mereka melakukan ini adalah karena gajinya yang sangat-sangat kecil.

5. Polisi Irak yang Gagal Menjalankan Kewajiban

Semenjak Irak digempur AS beberapa tahun lalu, negara ini seolah linglung. Tidak jelas ke manakah mereka akan berjalan. Hal ini kemudian mempengaruhi banyak hal. Termasuk polisi mereka yang makin hari makin tak jelas kelakuannya.

Polisi Irak [Image Source]
Polisi Irak [Image Source]
Sama seperti polisi lain di negara ini, polisi Irak terkenal dengan aksi korupnya. Mereka rela melakukan apa pun untuk mendapatkan uang, mulai dari terlibat aksi kriminal seperti penculikan dan pemerasan, serta menarik upah untuk hal-hal yang tidak semestinya.

Inilah polisi paling buruk sedunia, alih-alih melindungi warga seperti yang seharusnya, mereka justru mengancam orang-orangnya sendiri. Makanya, mayoritas dari warga di negara-negara di atas menganggap kalau lebih baik tak usah ada polisi saja. Ada atau tidak, keadaannya pun tak jauh beda. Justru eksistensi para pengayom ini malah bikin resah warga. Untungnya di Indonesia tidak seperti ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA