Kenyamanan Hidup di Luxembourg Ini Pasti Bikin Iri Masyarakat Indonesia

oleh Aisyah Putri
18:16 PM on Jan 25, 2017

Luxembourg memang tidak seterkenal Singapura atau Uni Arab Emirat, tapi negara berpenduduk 600.000 jiwa ini jauh lebih makmur dibanding dua negara termakmur itu. Ukuran negaranya memang cukup kecil jika dibandingkan dengan negara lain. Luasnya setara dengan Kota Palangkaraya yaitu 2.586 kilometer persegi. Tapi sebenarnya Luxembourg cukup besar lho mengingat penduduknya hanya setara dengan penduduk Kota Banjarmasin.

Kepadatan penduduknya hanya 220 orang setiap kilometer perseginya. Mereka tidak perlu tinggal di rumah susun yang sempit dan berdempetan dengan tetangga. Jika dibandingkan dengan rumah-rumah di negara Eropa lainnya, rumah di Luxembourg termasuk berukuran sangat besar!

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

Itu salah satu keuntungan tinggal di Luxembourg. Ruang gerak kita cukup luas. Jika selama ini kita tinggal di Jakarta yang sangat padat, kemudian pindah ke Luxembourg, kita bakal bisa bernapas lega. Tanah dan jalanannya luas, tidak bising, dan lingkungannya bersih. Selain itu, negara kaya ini memiliki fasilitas bagi penduduknya yang bakal bikin kamu ngiler dan pengen buru-buru pindah ke sana.

Pendidikan Gratis

Pendidikan di Luxembourg [Image Source]
Anak-anak berusia 4-16 tahun diwajibkan menempuh pendidikan. Tidak ada alasan untuk tidak menyekolahkan anak mereka karena sebagian besar sekolah di Luxembourg adalah milik pemerintah dan gratis! Sistem pendidikannya pun unik. Di sekolah, mereka wajib mempelajari bahasa Luxembourg, Prancis, dan Jerman. Sebagian dari mereka mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pilihan. Karena itu penduduk Luxembourg dikenal sebagai masyarakat multilingual atau dapat berbicara lebih dari satu bahasa.

Kesehatan Terjamin

Rumah sakit di Luxembourg [Image Source]
Masyarakat Luxembourg tidak perlu pusing memikirkan biaya pengobatan seandainya mereka jatuh sakit. Kesehatan mereka dijamin oleh pemerintah dan asuransi swasta. Pemerintah bahkan tidak hanya menanggung biaya penyembuhan, namun juga imunisasi dan vaksinasi. 99% penduduk Luxembourg mendapatkan imunisasi sehingga kemungkinan mereka sakit cukup kecil. Tenaga medis di sana pun cukup terampil. Tercatat di tahun 2003, tidak ada ibu dan anak yang meninggal sama sekali saat proses melahirkan.

Kemudahan Transportasi

Stasiun kereta api di Kota Luxembourg [Image Source]
Dengan pendapatan per kapita mencapai Rp 1,3 milyar per tahun, tidak heran jika 68% penduduk Luxembourg memiliki mobil. Namun ini tidak menghentikan pemerintah untuk menyediakan fasilitas transportasi publik terbaik. Jalanan di sana sangat efisien sehingga tidak sering terjadi kemacetan (di jam-jam tertentu masih macet sih). Ke depannya ada rencana untuk mengoperasikan komuter di dalam kota untuk mengurangi kemacetan. Kemudian terdapat kereta untuk mengangkut masyarakat ke seluruh dan ke luar negeri. Mereka bahkan memiliki kereta cepat yang menghubungkan Luxembourg dengan Paris. Jangan kaget kalau mendengar cerita masyarakat Luxembourg sering malam mingguan di Paris!

Kehidupan di Luxembourg berbeda jauh dengan di Indonesia, ya. Pendapatan per kapita mereka yang sepuluh kali lipat lebih tinggi dari Indonesia serta penduduk yang sedikit inilah yang membuat mereka jauh lebih makmur daripada kita. Mungkin jika Indonesia bisa meningkatkan ekonominya hingga setara Luxembourg, kita juga bisa menikmati fasilitas-fasilitas di atas!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA