Kengerian Tragedi Mandor yang Pernah Bikin Kalimantan Banjir Darah

oleh Rizal
07:00 AM on Sep 1, 2016

Membahas soal kejadian berdarah di Kalimantan tentu yang bakal kita ingat adalah tragedi Sampit dan Sambas. Ya, dua kejadian ini benar-benar sangat mengerikan dan tercatat memakan korban nyawa dalam jumlah besar. Bahkan isu-isu sentimen tidak enak pun menyeruak hampir di setiap jengkal tanah Borneo. Sebenarnya Sampit dan Sambas bukanlah satu-satunya kejadian berdarah yang pernah ada di Kalimantan. Ada satu lagi peristiwa mengerikan yang lebih parah tapi justru sudah banyak dilupakan.

Kembali ke masa sebelum Indonesia merdeka, Kalimantan pernah jadi saksi atas dibantainya banyak orang oleh penjajah Jepang. Kali ini bukan masalah etnis lagi melainkan karena kesewenang-wenangan Jepang terkutuk itu. Ya, hanya karena ego dan kepentingan khusus, Jepang dengan teganya membantai sekitar 20 ribu lebih rakyat Kalimantan ketika itu. Peristiwa yang kemudian dinamai dengan Mandor ini jadi salah satu kejadian paling kelam dalam sejarah kependudukan Jepang di Indonesia.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

Masyarakat tanah Borneo, khususnya Kalimantan Barat, mungkin takkan pernah melupakan kejadian buruk itu. Bahkan setelah lebih dari 70 tahun merdeka, kisah kebiadaban Jepang pasti masih begitu jelas membekas di ingatan mereka.

Latar Belakang Peristiwa Mandor

Soal pemberontakan, Jepang tidak pernah setoleran Belanda. Jadi, ketika mereka menemukan yang semacam itu, maka aksi yang dilakukan adalah sikat habis pemberontakan itu. Peduli setan kalau ada orang-orang yang sebenarnya tak terlibat, asalkan pemberontakan bisa hilang sepenuhnya. Kira-kira seperti inilah peristiwa Mandor.

Tragedi Mandor [Image Source]
Tragedi Mandor [Image Source]
Jepang begitu tidak suka dengan pemberontakan-pemberontakan yang terjadi di Kalimantan Barat ini. Lalu kemudian mereka melakukan langkah keji dengan mengumpulkan semua penduduk pribumi yang ada. Lalu kemudian tanpa menginterogasi satu-satu untuk mencari tahu soal keterlibatan mereka. Jepang tanpa ampun memanen satu-satu kepala orang-orang padahal tak semuanya benar-benar bersalah.

Tak Ada Pengecualian, Semua Orang Dibantai

Dalam pandangan Jepang, ketika satu orang berbuat jahat, maka yang lain harus merasakan akibatnya. Dan dalam kejadian Mandor ini hal tersebut benar-benar mereka tunjukkan. Ketika harusnya Jepang hanya menghukum para pemberontak saja, mereka malah melimpahkan hukuman kepada hampir semua orang yang ada. Alhasil, kejadian Mandor ini korbannya tak hanya para pejuang saja, tapi juga orang-orang yang tak tahu apa-apa.

Semua orang dibantai [Image Source]
Semua orang dibantai [Image Source]
Jepang hampir menghabisi semua orang yang ada, tanpa mempedulikan apa pun. Warga sipil yang polos, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, politisi, semua dibantai dengan sadis oleh penjajah laknat ini. Bahkan genosida ini juga tak memandang ras atau suku. Selama seseorang tidak beridentitas Jepang, maka kepalanya bakal ditebas.

Jumlah Korban yang Tak Karuan Banyaknya

Eksekusi yang dilakukan secara serentak dan tanpa pilih-pilih membuat jatuhnya korban menjadi sangat banyak. Angka pastinya adalah kurang lebih sekitar 21.037 orang yang tewas terbantai ketika itu. Rata-rata para korban dibunuh dengan cara dipenggal kepalanya menggunakan samurai. Tapi, ada juga yang dieksekusi memakai senapan-senapan.

Monumen untuk memperingati tragedi Mandor [Image Source]
Monumen untuk memperingati tragedi Mandor [Image Source]
Soal jumlah korban yang lebih dari 21 ribu orang itu, Jepang menolaknya mentah-mentah. Mereka mengakui memang telah melakukan pembantaian, tapi jumlahnya tidak sebanyak itu. Jepang dalam pengakuannya mengatakan hanya membunuh tak lebih dari seribu orang saja.

Peristiwa Mandor Jadi Dosa Jepang yang Tak Terungkap

Jepang dulu memang sangat kejam. Soal genosida, negara matahari terbit ini tercatat melakukan aksi mengerikan itu berkali-kali. Yang paling terkenal tentu pembantaian Nanking yang sampai hari ini masih bikin sakit hati orang-orang Tiongkok. Tak hanya itu, Jepang juga tercatat melakukan hal yang sama di Korea, Malaysia, Filipina, dan tentu Indonesia.

Pembantaian Nanking [Image Source]
Pembantaian Nanking [Image Source]
Soal kejadian genosida yang mereka lakukan di Indonesia, nampaknya hal tersebut cukup jarang diungkapkan apalagi tragedi Mandor ini. Padahal ini juga harusnya jadi peristiwa yang tak kalah penting ketika membahas daftar kejahatan yang dilakukan oleh Jepang. Soal pembantaian, setidaknya selama menjajah, Jepang sudah menghabisi sekitar 10 juta orang.

Mengerikan kalau mengingat kejadian ini kembali. Terbayang dengan cukup jelas bagaimana wajah-wajah polos orang-orang pribumi yang lehernya harus diadu dengan tajamnya Katana orang-orang Jepang itu. Peristiwa ini mungkin menyakitkan, tapi harus tetap diingat. Tak hanya untuk mengenang mereka yang telah gugur, tapi juga sebagai pelajaran tentang penjajahan yang akan selalu menciptakan hal-hal mengerikan seperti ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA