7 Fakta Miris Tentang Kemiskinan Dunia ini Akan Membuatmu Menghargai Sebutir Nasi

oleh Adi Nugroho
10:27 AM on Feb 28, 2016

Kemiskinan adalah masalah yang sulit dilepaskan dari dunia ini. Semakin maju zaman tidak menjamin hilangnya kemiskinan yang sudah sangat masif ini. Bahkan, kemiskinan di dunia semakin meningkat dari tahun ke tahun, terutama di daerah yang memiliki banyak konflik seperti Afrika dan Timur Tengah. Kemiskinan sudah menjelma menjadi pandemi yang mampu menyebar dengan sangat cepat.

Sementara di beberapa negara banyak yang susah makan, bahkan minum. Di beberapa daerah justru hidup dengan bergelimang harta. Tak usah jauh-jauh, bandingkan kehidupan Jakarta dan kehidupan di Papua. Semua nampak dengan jelas tanpa perlu diberi caption apa-apa. Untuk bukti kemiskinan di seluruh dunia, tengok tujuh hal miris ini.

Baca Juga
Inilah 4 Cara Greget BNN dalam Menghukum Para Bandar Narkoba yang Mulai Merajarela
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam

1. Satu Miliar Anak Hidup Dalam Kemiskinan

Data dari yang dihimpun oleh UNICEF menunjukkan fakta mencengangkan. Sekitar 1 miliar anak-anak di seluruh dunia hidup dengan kemiskinan. Anak-anak itu hidup di Afrika, Asia, hingga Amerika terutama bagian Selatan. Kemiskinan yang mendera orang tua membuat mereka harus rela hidup dengan apa adanya, termasuk hanya minum air ketika lapar.

Anak-anak kelaparan [image source]
Anak-anak kelaparan [image source]
Kemiskinan ini membuat banyak sekali anak-anak yang mengalami kelaparan akut. Bahkan masih dari UNICEF, sekitar 22.000 anak-anak mati setiap hari karena kemiskinan yang menghimpit mereka hingga batas terbawah.

2. Tak Mampu Membeli Air Bersih

Setidaknya dalam setahun ada 842.000 orang yang mengalami kematian karena kekurangan akses air bersih. Mereka tidak bisa mendapatkannya dengan mudah. Air bersih adalah barang mahal yang ada di dunia ini. Bahkan 750 juta orang susah mendapatkan akses ini.

Krisis air bersih [image source]
Krisis air bersih [image source]
Kita yang hidup di daerah yang mudah air tak akan pernah merasakannya. Bahkan untuk mandi, makan, dan minum, kita sering boros. Di daerah yang susah air, berliter air yang kita gunakan hanya untuk mandi bisa membuat mereka bertahan hidup.

3. Lebih dari Satu Miliar Orang Hidup di Bawah 1 Dolar

Anggap satu dolar adalah Rp13.000,00. Uang yang mungkin kecil bagi kita ini sangat berharga bagi mereka. Bahkan bisa digunakan untuk makan seharian. Bagi kita uang sekecil itu bisa untuk sekali makan, atau bahkan tak cukup karena harga makanannya bisa berlipat ganda.

Hidup di bawah 1 dolar [image source]
Hidup di bawah 1 dolar [image source]
Di Indonesia, banyak juga orang yang hidup di bawah 1 dolar. Mereka bertahan hidup setiap hari dan selalu kebingungan untuk makan keesokan harinya. Sekitar 1,3 miliar penduduk di dunia atau nyaris 20% mengalami kemalangan hidup seperti ini.

4. Lebih dari 100 Juta Anak Mengalami Malnutrisi

Setidaknya ada sekitar 165 juta anak-anak di tahun 2011 yang mengalami gizi buruk. Beberapa di antara sangat parah dan membuat mereka hidup menjadi kerdil. Organ tubuh tak bisa berkembang dengan sangat baik. Bahkan banyak dari mereka yang mengalami cacat secara permanen.

malnutrisi [image source]
malnutrisi [image source]
Kasus malnutrisi dan gizi buruk ini banyak menimpa negara-negara di Afrika. Anak-anak di sana harus bertahan hidup di tengah kemiskinan parah yang menimpanya. Bisa minum air bersih dan makan seadanya saja sudah merupakan hal paling membahagiakan bagi mereka.

5. Kemiskinan Menyebabkan Bencana Kematian Global

Kemiskinan berkaitan dengan erat. Orang yang miskin dan tidak memiliki apa-apa biasanya akan mengalami kelaparan parah. Hal ini menyebabkan kematian yang cukup parah di dunia. Anak-anak adalah orang pertama yang akan terkena dampak ini. Tubuh yang masih kecil membuatnya susah bertahan hidup.

kematian akibat wabah kelaparan [image source]
kematian akibat wabah kelaparan [image source]
Kelaparan di dunia menyebabkan kematian banyak secara global. Bahkan jumlahnya melebihi kematian yang disebabkan oleh HIV/AIDS, malaria, TBC, dan jenis penyakit pandemi lainnya. Jika kemiskinan tetap dibiarkan, maka kematian yang lebih banyak akan terjadi di bumi ini.

6. Ironi Teknologi Pangan dan Kelaparan Dunia

Teknologi di dunia pertanian dan pangan sudah mulai maju dengan pesat. Bahkan saat ini, kecukupan pangan untuk 10 miliar orang di dunia bisa dicukupi dengan mudah. Ilmuwan sudah berusaha membuat cara agar manusia tidak mengalami kelaparan di masa depan.

ladang jagung [image source]
ladang jagung [image source]
Pencapaian di atas sangat hebat, hanya satu kendala yang menyertainya. Banyak dari warga miskin di dunia yang tak akan mampu membelinya. Kemajuan teknologi tidak berpengaruh pada mereka yang tidak mampu membeli. Bahkan bisa dibilang ada atau tidak teknologi ini mereka tetap kelaparan.

7. Dana Untuk Pengentasan Kelaparan yang Sedikit

Setidaknya orang-orang di Eropa membelanjakan sekitar 100 miliar dolar untuk minuman beralkohol. Selanjutnya yang agak ekstrem adalah 400 miliar dolar untuk transaksi obat terlarang. Jumlah itu meningkat jadi 780 miliar dolar untuk pengembangan militer di seluruh dunia. Dana ini bahkan bisa bertambah setiap tahun.

perkembangan militer [image source]
perkembangan militer [image source]
Di tahun yang sama dana yang dihabiskan untuk pengembangan pendidikan hanya 6 miliar dolar. Untuk pengadaan air bersih sekitar 9 miliar dolar. Terakhir untuk kesehatan dan penanganan malnutrisi hanya 13 miliar dolar. Mari kita bandingkan data para kelompok pertama dan kedua di atas. Miris tidak?

Inilah lima fakta miris dari kemiskinan di seluruh dunia. Melihat tujuh poin di atas, apa yang akan akan sobat Boombastis lakukan untuk membantu mereka yang miskin dan kelaparan?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA