Kecelakaan di Indonesia kebanyakan terjadi karena ulah pengendaranya sendiri. Mengemudikan kendaraan memang sepertinya hal yang sepele, namun butuh konsentrasi yang tinggi. Kitanya mungkin sudah hati-hati, tapi kadang pengendara lainlah yang sembrono. Memang begitulah keadaan di Indonesia, pengemudinya asal-asalan kalau nyetir.

Masih soal kecelakaan, sadar atau tidak sih kamu, kalau ada beberapa tipe orang di tempat kejadian. Mulai dari yang tulus menolong hingga menjadikannya ajang tontonan. Berikut adalah beberapa tipe orang saat terjadi kecelakaan, kamu pasti salah satunya.

Pahlawan yang sejati

Penolong [image source]
Tipe pertama ini bisa dibilang sebagai seorang superhero yang sesungguhnya. Saat terjadi kecelakaan, orang-orang inilah yang langsung refleks buat menolong korban tadi. Gak usah diperintah oleh siapapun, mereka langsung inisiatif untuk menolong korban. Namun sayangnya jumlah mereka hanya bisa dihitung dengan jari. Soalnya yang lainnya kebanyakan bukannya membantu, malah hanya menonton kecelakaan.

Artikel Lainnya
Mengenal Delusion of Grandeur, Penyakit Langka yang Menyerang Ratu Kerajaan Ubur-ubur
Ganas di Lapangan, Pemain Ini Juga Tidak Lupakan Amalan Saat Hari Raya Idhul Adha

Pahlawan berbulu domba

Tangan Cabul [image source]
Nah tipe orang seperti ini yang bikin sebel. Sudah tahu kalau orang sedang kena musibah, masih saja curi kesempatan dalam kesempitan. Ada yang nyuri barang, ada yang pegang-pegang, pokoknya semua perbuatan seharusnya tidak dilakukan saat ada musibah. Sulit banget mendeteksi orang seperti mereka ini, kamunflasenya sangat sempurna. Berlagak seperti seorang pahlawan, eh ternyata nusuk dari belakang. Jangan ditiru ya orang seperti ini.

Si selebgram yang eksis

Selfie [image source]
Ada lagi salah satu perbuatan gak patut yang dilakukan saat ada kecelakaan, dia adalah orang-orang yang malah selfie di TKP. Dalihnya sih biar bisa eksis di dunia maya, tapi kan hal itu benar-benar salah waktu. Bukannya membantu, malah pose senyum dan selfie bersama. Bisa dibilang orang yang Indonesia yang bertipe seperti ini adalah dia yang tersenyum diatas penderitaan orang lain. Kalau katanya Dian Sastro sih “Mereka itu…..jahat”.

Kecelakaan berasa bioskop

penonton [image source]
Ini tipe yang paling umum yang ada di Indonesia, mungkin kamu salah satunya. Ya, saat ada kecelakaan, orang-orang ini bukannya menolong malah menjadikannya sebagai tontonan. Alhasil jalan jadi macet karena warga banyak yang bergerombol. Ya begitulah kelakuan orang Indonesia, mungkin karena memang jarang lihat kecelakaan kali ya, malah dijadikan acara nobar. Tapi seharusnya nggak begitu juga sih, kan pengguna jalan lain yang menerima imbasnya.

Si fotografer dadakan

Fotografer dadakan [image source]
Kalau tadi ada yang narsis gak karuan, kalau ini ada tipe orang yang jadi seorang fotografer dadakan. Niatnya sih buat mengabadikan momen yang jarang banget terjadi, kalau tidak ya sengaja cari gambar terbaik agar dicantumkan di sebuah media berita. Memang sih agak nyeleneh, tapi paling tidak lebih etis ketimbang tipe si tukang selfie tadi. Tapi tipe ini juga dibilang berjasa karena mereka lah kita bisa tahu keadaan yang terjadi di TKP.

Pengendara yang cuma nengok doang

pengendara tengok doang [image source]
Tipe yang ini selalu bikin macet saja di jalan raya, bukannya turun buat bantu korban, malah melaju pelan buat lihat kecelakaan. Padahal kan di belakangnya masih banyak pengendara, hasilnya kemacetan parah akibat kelakuan orang yang satu ini. Habis lihat bukannya ikut bantu kek, mereka malah nyelonong terus. Gak tahu harus bilang apa pada para pengendara yang satu ini.

BACA JUGA: Inilah Reaksi Santai dan Menusuk Menteri Susi Saat Disindir ‘Bodoh’ oleh Anggota KOMNAS HAM

Ya, memang seperti itulah realitanya saat terjadi kecelakaan yang ada di Indonesia. Jujur kamu jadi nomor yang mana? Asal jangan jadi yang nomor dua ya, kasian kan sama orang yang lagi terkena musibah itu.