Kelakuan Orang yang Bikin Kita Sebel Tapi Terus Kejadian

oleh Tetalogi
07:00 AM on Sep 28, 2015

Setiap hari kita akan selalu dihadapkan dengan berbagai macam jenis orang. Sebagai makhluk sosial, tentu kita nggak mungkin menghindarkan diri dari interaksi dengan orang lain. Tapi kadang, ada kalanya kita malas berinteraksi karena alasan-alasan tertentu.

Biarpun kita sudah bersikap baik, ramah ataupun sopan, nggak jarang kita bertemu dengan mereka yang suka semaunya sendiri. Orang-orang seperti inilah yang terkadang membuat kita malas berinteraksi dengan satu atau dua orang. Namun meskipun sebel, kadang kelakuan ini seperti ini sudah begitu mendarah daging sehingga sulit diubah. Berikut ini beberapa diantaranya.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Nyetir Ugal-ugalan

Perjalanan pagi hari itu kadang udah bikin stres. Apalagi jika ditambah padatnya jalan raya yang penuh oleh orang-orang yang mau berangkat ke kantor atau mau ke sekolah. Dengan kondisi jalanan yang super ramai seperti ini, akan sangat menyebalkan ketika kita bertemu dengan orang yang suka nyetir ugal-ugalan.

Orang yang nyetir macam gini bikin orang lain merinding [Image Source]
Orang yang nyetir macam gini bikin orang lain merinding [Image Source]
Nyetir ugal-ugalan itu bukan cuma berarti suka ngebut, tapi juga semaunya sendiri. Salip sana, salip sini, tiba-tiba memotong jalan orang, dan banyak lagi. Selain bikin kaget dan menyebalkan, teknik nyetir semacam ini juga membahayakan diri sendiri dan orang lain. Kalau tiba-tiba nabrak gimana? Meski begitu, setiap hari akan selalu ada yang seperti ini. Kayak nyawanya ada sembilan aja.

2. Nyerobot Antrian

Hal berikutnya yang bikin sebel adalah orang-orang yang suka nyerobot antrian dengan semena-mena. Tulisan budayakan antri yang dipajang di tempat umum terkadang juga nggak banyak berfungsi karena memang cuma menjadi semacam himbauan. Kita sudah antri lama duluan, tiba-tiba orang yang baru datang langsung main serobot begitu saja.

Antri adalah hal yang ternyata susah dilakukan bagi sebagian orang [Image Source]
Antri adalah hal yang ternyata susah dilakukan bagi sebagian orang [Image Source]
Beberapa orang akan langsung menegur jika bertemu dengan orang yang suka menyerobot antrian seperti ini. Tapi kadang, orang Indonesia yang masih sering merasa ‘sungkan’ akan membiarkan sikap seperti ini. Ya akhirnya orang-orang yang semaunya sendiri seperti ini tidak akan pernah kapok. Memang diperlukan ketegasan agar orang yang suka nyerobot antrian ini tidak lagi melakukannya.

3. Memotong Pembicaraan

Saat hangout, ngobrol dengan banyak orang itu memang seru. Kita bisa seru-seruan saling bercerita tentang beberapa topik. Namun kadang saat sedang seru-serunya ngobrol, biasanya ada beberapa orang yang saking bersemangatnya akhirnya memotong pembicaraan orang. Duh, sebel banget kan kalau ada orang seperti ini?

Memotong pembicaraan itu tindakan yang tidak sopan [Image Source]
Memotong pembicaraan itu tindakan yang tidak sopan [Image Source]
Memotong pembicaraan orang itu tindakan yang tidak sopan, lho. Kalau memang mau didengarkan, maka sebaiknya kita juga mendengarkan apa kata-kata orang dulu sebelum mulai ikut bicara. Biarkan lawan bicara selesai mengungkapkan kata-katanya sendiri sebelum kemudian kamu ikut merespon. Dengan begitu, lawan bicara juga merasa dihargai. Sebenarnya masalah ini merupakan salah satu tata krama sih, jadi pasti orang yang tahu tata krama akan tahu untuk menghargai orang yang sedang berbicara.

4. Suka Tiba-tiba Nimbrung

Tidak hanya memotong pembicaraan, suka tiba-tiba nimbrung juga merupakan perilaku yang menyebalkan. Coba saja bayangkan, kita sedang berbicara dengan seseorang, lalu tiba-tiba ada teman yang lain datang dan ikut nimbrung membeberkan pendapatnya, atau bahkan yang lebih parah menyalahkan pendapat yang kita katakan. Duh, rasanya pengen ditinggal pergi saja.

Jangan suka nimbrung kalau tidak diajak bicara [Image Source]
Jangan suka nimbrung kalau tidak diajak bicara [Image Source]
Jika memang sedang tidak diajak bicara atau seseorang memang sedang bukan bicara dengan kita, lebih baik tidak ikut nimbrung dengan tiba-tiba. Ya kecuali kalau orang lain tersebut memang menanyakan pendapat kita atau memang mengajak kita ikut berdiskusi dengan mereka. Orang yang suka tiba-tiba nimbrung biasanya akan terkesan ‘sok tahu’ di mata orang lain dan otomatis sering kali dianggap sebagai orang yang tidak menyenangkan.

5. Ngaret

Di Indonesia yang namanya jam ngaret itu seperti sudah melekat erat. Tentu nggak semua punya hobi ngaret, tapi masih ada banyak orang yang menghargai pentingnya waktu dengan ngaret. Apa lagi jika kita janjian dengan orang lain dan sudah menunggu 1 atau 2 jam, barulah orang yang janjian dengan kita tiba. Pasti berasa pengen marah-marah, kan?

Ngaret kebiasaan yang merugikan [Image Source]
Ngaret kebiasaan yang merugikan [Image Source]
Ngaret seharusnya tidak boleh sampai jadi budaya atau kebiasaan. Karena jelas-jelas hal ini hanya menunjukkan ketidakdisiplinan dan bahwa kita nggak bisa mengatur waktu. Selain itu, kan kasihan orang yang menunggu kita, mereka juga punya urusan lain yang harus dikerjakan selain cuma bertemu dengan kita.

6. Merokok Sembarangan

Merokok itu hak masing-masing kok, lagi pula yang beli dan yang menghisap rokok kan para perokok itu sendiri. Tapi, bukan berarti merokok itu bisa di sembarang tempat apalagi di tempat umum. Masalahnya, nggak semua orang adalah perokok dan nggak semua orang juga bisa tahan bau asap rokok.

Merokok sembarangan itu juga menggangu orang lain [Image Source]
Merokok sembarangan itu juga menggangu orang lain [Image Source]
Jadi, jika memang mau merokok, sebaiknya hindari saja tempat umum agar tidak mengganggu mereka yang bukan perokok. Kalau ketemu perokok yang sembarangan merokok di tempat umum apalagi dengan ventilasi yang sedikit, maka memang sebaiknya ditegur baik-baik. Takutnya jika ada orang yang nggak kuat dengan asap rokok kan bisa tiba-tiba sakit.

Nah, itulah beberapa hal sederhanya yang sering kita jumpai sehari-hari. Sayangnya meskipun hal ini sederhana dan untuk pelakunya bahkan kadang bisa dibilang sebagai sesuatu yang sepele, bagi orang lain justru bisa mengganggu sekali. Jadi, lain kali kalau mau melakukan hal-hal seperti ini, lebih baik dipikir dengan matang apakah tindakan tersebut mengganggu orang lain atau tidak, ya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA