in

Pungkasi Karier Balap Motornya, Ini Lho Kekayaan Valentino Rossi yang Mencapai 2 Triliun

Tagar #GrazieVale berkumandang di jagat nyata dan maya sepanjang gelaran MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (14/11/2021) lalu. Hashtag yang ditujukan kepada Valentino Rossi ini merupakan ucapan terima kasih atas segala yang diberikannya hingga di penghujung kariernya. Senyum lebar pun tak henti disematkan oleh The Doctor, meski berhasil menyentuh finish di urutan ke-10.

Di dunia balap, nama Valentino Rossi adalah legenda, bahkan jauh sebelum dia pensiun. Dengan status terhormat dan sangat tinggi dibandingkan para pembalap lainnya, tak heran kalau pundi-pundi uang dari pria kelahiran Urbino, Italia ini banyaknya selangit. Yuk, kulik harta kekayaan yang dimiliki pebalap dengan warna favorit kuning ini.

Berapa kekayaan Valentino Rossi selama menjadi pebalap?

Bisa dibilang, separuh usia Rossi dihabiskan di atas motor dan sirkuit. Memulai karier balapnya dengan prestasi mentereng, pria berambut keriting ini sudah mulai mencuri perhatian. Tak heran kalau tim-tim papan atas menggodanya dengan gaji besar untuk menunggangi motor mereka.

Valentino Rossi dalam “The Last Dance” di MotoGP Valencia. [sumber gambar]
Di tahun 2013 lalu, total harta kekayaannya sudah mencapai 120 juta dollar AS (Rp1,7 triliun). Dengan gaji di atas 10 juta Dollar AS, atau Rp144 milyar lebih per musim, ditaksir jumlah kekayaannya saat ini sudah mencapai 150 juta dolar AS (Rp2,1 triliun).

Cerdik dalam berbisnis, tabungan Valentino Rossi makin menggelembung

Valentino Rossi tahu suatu saat akan pensiun dan itu terjadi pada bulan November 2021 usai MotoGP Valencia. Jauh hari, dia sudah mempersiapkan “tabungan” untuk masa depan. Beberapa bisnis pun ia tekuni, di samping menjadi joki kuda balap besi.

Valentino Rossi dalam “The Last Dance” di MotoGP Valencia. [sumber gambar]

Selain gaji dari kebut-kebutan di sirkuit MotoGP, Rossi juga memanfaatkan popularitasnya sebagai legenda untuk meraup uang di media sosial. Tercatat, ia punya kontrak endorsement bareng minuman Monster Energy, Fiat, Dainese, dan lain-lain hingga mencapai angka 10 juta dolar AS, atau sekitar Rp144 triliun. Ia juga punya perusahaan suvenir balap bernama VR46, yang menjual merchandise dirinya dan pembalap-pembalap yang dikontraknya.

Duit melimpah digunakan Rossi untuk investasi dan properti

Valentino Rossi dalam “The Last Dance” di MotoGP Valencia. [sumber gambar]
Hidup bergelimang harta, tak membuat Valentino Rossi tutup mata. Daripada didiamkan, ia memilih untuk berinvestasi di luar dunia balap. Kabarnya, si helm kuning ini sudah tanam modal hingga 85 juta dolar AS. Rossi juga punya rumah mewah di Tavulla, yang harganya ditaksir mencapai 11 juta dolar AS (sekitar Rp159 miliar). Selain itu, disebutkan juga bahwa pembalap bernomor 46 ini memiliki koleksi mobil sport Ferrari 458 Italia dan BMW M3, serta sebuah yatch pribadi.

Punya banyak andil dalam perkembangan MotoGP

Semua kekayaan yang dimiliki Valentino Rossi, tak direngkuhnya dalam semalam. Ada tetesan keringat di balik 25 tahun menjalani karier di dunia balap. Debut pertamanya di ajang balap motor internasional adalah di tahun 1996, kala itu Rossi remaja menggeber motor di kelas 125 cc. Dengan gaya membalap yang atraktif dan sering berdiri di atas podium, makin cepat pula ia promosi ke kelas MotoGP.

Valentino Rossi dalam “The Last Dance” di MotoGP Valencia. [sumber gambar]
Selama di kelas utama, Rossi menyabet sembilan gelar juara dunia. Tujuh di antaranya, direngkuhnya saat masih menggunakan motor 500cc, berturut-turut dari tahun 2001 hingga 2005, kemudian diulanginya lagi di 2008 dan 2009. Selain itu, Rossi juga memiliki empat tim balap yang bertanding di berbagai kelas MotoGP. Keempatnya adalah Avinta VR46 Riders Academy (Moto3), Aramco VR46 (Moto2), Yamaha VR46 Master Camp Team (bakal turun di Moto2 2022), serta satu tim VR46 yang bakal turun di kelas premier MotoGP 2022 dengan menggunakan mesin Ducati.

Memulai sejak muda, kini Vale pergi sebagai legenda

Ada banyak hal yang membuktikan bahwa Valentino Rossi mencintai dan dicintai publik MotoGP. Fakta itu terungkap di balapan terakhirnya di Valencia. Tribun dipenuhi dengan warna kuning, kamera televisi yang tak pernah lepas darinya meski berada di urutan 10, hingga pelukan hangat dari legenda sepakbola Ronaldo Luís Nazario de Lima.

Tarikan gas terakhir Rossi, juga dinikmati oleh para rival semasa di MotoGP, seperti Max Biaggi, Dani Pedrosa, Casey Stoner, hingga Jorge Lorenzo. Ucapan selamat dari para selebritis dunia pun diputar usai semua pebalap merampungkan putarannya. Terakhir, Vale juga didapuk untuk mengibarkan checkered flag, atau bendera finish MotoGP Valencia.

BACA JUGA: Valentino Rossi Pensiun, Balapan Terakhir sampai Diberikan Ucapan Perpisahan yang Menyentuh

Berakhir sudah kisah kehebatan Valentino Rossi di sirkuit. Namun ini bukan akhir dari segalanya, karena sang legenda masih punya banyak urusan di bisnis balapan tersebut. Hal ini termasuk mengasuh tim dan pembalap-pembalap binaannya. So, jangan sedih hati, fans The Doctor karena legenda 46 masih akan terus bernapas di MotoGP.

Written by Bayu Yulianto

Ada yang Tak Boleh Miskin, 5 Kebijakan Unik dari Negara Lain Ini Beda Banget dari Indonesia

Mengenal Nasi Komando, Makanan Legend Para Calon Tentara Buat Melatih Fisik dan Mental