in

Memilih ‘Beternak Domba’ daripada ke Jepang, Beginilah Kehidupan Ricky Elson Sang Ilmuwan Listrik Indonesia Paling Dicari

Bercita-cita Memenuhi Kebutuhan Listrik Daerah

Sering kita dengar cerita desa-desa kecil masih belum terjangkau PLN. Anak-anak tidak bisa belajar karena tidak ada cahaya. Masyarakat pun sulit maju karena tidak ada teknologi. Jika kita hanya bisa prihatin, maka Ricky berharap listrik bisa mengalir di daerah-daerah tersebut dengan biaya murah.

Ricky dan kincir angin buatannya [Image Source]
Bukan hanya bicara, ia benar-benar mewujudkannya. Dengan teknologi pembangkit listrik tenaga angin buatannya, ia berhasil menghidupkan listrik di empat desa di NTT dan di desa tempat ia tinggal saat ini. 107 tujuh buah kincir angin buatannya telah beroperasi dengan masing-masing menghasilkan daya 500 watt. Luar biasa sekali, ya!

Semangatnya Tidak Pernah Padam

Dirjen kelistrikan Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral baru-baru ini menyatakan bahwa mobil listrik tidak bisa diwujudkan jika kita hanya belajar dari gambar dan teori. Secara tidak langsung ia ingin negara mengimpor mobil listrik. Pernyataan ini seakan mengabaikan keberadaan Ricky yang memiliki paten terkait mesin mobil listrik.

Mobil listrik rancangan Ricky yang ia beri nama Selo [Image Source]
Pria asal Padang ini mengungkapkan rasa frustasinya melalui facebook dan terus-menerus mengingatkan kita bahwa anak bangsa bisa menciptakan hal yang mustahil sekalipun dan tidak semuanya bisa diselesaikan dengan impor. Ia rela tidak kembali ke Jepang untuk terus mengembangkan inovasi dalam bertransportasi, namun dengan mudahnya orang lain berkata hanya barang impor yang bisa dimanfaatkan. Tapi itu tidak bisa mematahkan semangatnya untuk terus memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Ricky Elson memang bukan orang biasa, ia rela melepas pekerjaan dengan bayaran tinggi demi mengembalikan kejayaan negeri ini. Melalui tulisan-tulisannya dan hal nyata yang ia lakukan di Ciheras, ia berharap anak-anak muda Indonesia bisa membangun negeri yang lebih baik 20 hingga 30 tahun ke depan.

Written by Aisyah Putri

Leave a Reply

Bikin Melongo! Muka Secantik Selebritis Ternyata Para Cewek Ini Adalah Penjual Es Tebu

Kepik Emas, Serangga Langka Buruan Waktu Bocah yang Sekarang Bisa Bikin Kaya