Mengenang Kehebatan OV-10 Bronco, ‘Si Kampret’ yang Pernah Jadi Andalan TNI AU

oleh Rizal
07:00 AM on Aug 3, 2016

Dari semua pesawat tempur yang pernah dimiliki Indonesia, taruhan kamu pasti belum pernah mendengar salah satu jet tempur TNI AU yang bernama OV-10 Bronco. Memang, bagi kebanyakan orang pesawat satu ini tak begitu dikenal, tapi TNI sendiri menganggap Bronco sudah seperti sahabat baik yang tak bisa dipisahkan. Bahkan lucunya, TNI sampai memberikan julukan alias nama khusus kepada si pesawat ini, namanya adalah Si Kampret. Unik, ya?

Nama Kampret ini diberikan bukan tanpa alasan melainkan lantaran OV-10 Bronco ini memang benar-benar cihuy kemampuannya. Pesawat dengan double tail ini di masanya dikenal sebagai light attacker paling handal dan termudah dalam hal pengoperasian. Kalau soal misi, Si Kampret berhasil menjalankan berbagai agenda militer penting.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Sebenarnya pesawat satu ini masih laik terbang bahkan untuk 15 tahun ke depan. Namun, mungkin teknologi yang uzur membuatnya harus dikandangkan. Masih tentang si Kampret yang sangar, berikut adalah deretan fakta soal pesawat maut ini.

1. Si Kampret Dengan Kemampuannya yang Gila

Kalau dilihat dari desain mungkin Broco ini sangat janggal. Terutama bentuk sayap belakangnya yang tergabung menjadi satu seperti itu. Namun, penampilan itu ternyata menipu. Alih-alih tak aerodinamis dan oleng, si Kampret bisa bermanuver sangat oke. Terbang rendah, tinggi, maupun akrobatik, semua dilalap olehnya. Tak hanya itu, desain cockpit-nya juga sangat nyaman lantaran memberikan sudut pandang yang lebih luas.

OV-10 Bronco [Image Source]
OV-10 Bronco [Image Source]
Bicara soal persenjataan, Broco bisa memuat missile dan bom kurang lebih 3 ton beratnya. Ia juga bisa dibekali dengan senapan mesin yang bisa ditempatkan di mana pun, termasuk moncong dan wings. Overall, pesawat ini punya kemampuan yang komplit sebagai jet tempur. Tak hanya soal terbang super cantik, tapi juga bisa mematikan dari sisi persenjataan.

2. Murah Tapi Bukan Murahan

Ketika sebuah pesawat bisa menunjukkan performa sempurna, maka sudah sewajarnya kalau ia dihargai sangat mahal. Lazimnya memang begitu, tapi yang macam begini tak terjadi kepada OV-10 Broco ini. Kemampuan hebatnya ternyata tak harus dibayar dengan harga yang mahal. Di masa kejayaannya yakni di sekitar tahun 60-70an, pesawat ini tergolong salah satu yang termurah.

OV-10 Bronco murah tidak murahan [Image Source]
OV-10 Bronco murah tidak murahan [Image Source]
Hal yang menyenangkan lagi soal Broco adalah ternyata ia juga berbiaya sangat murah dalam operasional. Perawatannya pun juga mudah dan tidak se-rewel pesawat-pesawat tempur pada umumnya. Dengan biaya pengadaan dan perawatan yang rendah ini tak heran kalau Broco sangat diminati dan akhirnya dipakai di banyak negara di dunia.

3. Kehandalan Si Kampret Dalam Misi Timor Timur

Ada begitu banyak misi yang sudah dilakukan TNI AU dengan OV-10 Broco mereka. Tapi, dari semua misi yang pernah dilakukan, mungkin pertempuran Timor Timur yang jadi aksi terbaik si Kampret ini. Ya, benar-benar seperti pahlawan si Broco ini. Ketika pesawat tempur lainnya tak begitu maksimal menghadapi Tropaz dan Fretilin, Kampret muncul dan membalikkan semua keadaan.

OV-10 Bronco TNI AU [Image Source]
OV-10 Bronco TNI AU [Image Source]
Jasa Broco dalam pertempuran ini tak hanya menyerbu menyerang musuh, tapi juga menghadang gerilyawan-gerilyawan yang saat itu benar-benar bikin susah TNI. Tercatat, begitu Broco bergabung, jumlah korban di pihak TNI turun drastis. Mungkin karena pengalaman ini pula akhirnya Broco pun dianggap seperti sahabat baik oleh TNI.

4. OV-10 Broco Dipakai Oleh Banyak Negara di Dunia

Dengan kemampuan yang sangar serta murahnya biaya pengadaan, siapa yang akhirnya tak tertarik untuk memiliki Broco? Tercatat, memang banyak sekali negara yang terpikat dengan pesawat satu ini. Selain Indonesia dan Amerika sebagai negara pembuat, pesawat ini juga digunakan oleh Jerman Barat, Thailand, Venezuela, Brasil, dan masih banyak negara lainnya.

OV-10 Bronco dipakai di seluruh dunia [Image Source]
OV-10 Bronco dipakai di seluruh dunia [Image Source]
Dari semua negara pemakai hampir tak ada komplain soal Broco. Alasan kenapa pesawat ini diganti karena umurnya yang sudah tua saja, walaupun sebenarnya Broco masih sangat layak untuk diterbangkan beberapa tahun lagi. Meskipun banyak negara yang mengandangkan Broco, tapi beberapa masih aktif memakainya hingga hari ini.

5. Amerika Ingin Membangkitkan Broco-nya Lagi

Sebenarnya Broco ini masih sangat layak untuk terus dipakai terbang. Namun dengan mempertimbangkan umur, akhirnya banyak negara yang memutuskan untuk menyudahi kiprah pesawat sangar satu ini. Namun, ada kabar kalau Broco bakal dibangkitkan lagi. Ya, Amerika rupanya masih terlalu sayang dengan pesawat ini dan kemudian berencana untuk menggalinya dari kubur.

Amerika bangkitkan OV-10 Bronco [Image Source]
Amerika bangkitkan OV-10 Bronco [Image Source]
Nantinya, Broco tersebut bakal diperbarui segalanya. Mulai dari mesin sampai persenjataannya. Militer AS pun berharap besar kalau pesawat ini bakal semematikan dulu. Rencananya kalau realisasinya jadi dilakukan, Broco-Broco itu bakal diboyong ke Timur Tengah untuk menyelesaikan konflik di sana. Menurut mereka, kenapa harus pakai F35 yang super canggih kalau Broco saja sudah lebih dari cukup untuk menghajar musuh? Cukup masuk akal ucapan ini.

Inilah OV-10 Broco, si Kampret yang namanya tak banyak dikenal tapi ternyata benar-benar luar biasa. Bahkan Amerika sendiri sampai berencana untuk membangkitkan lagi pesawat ini. Kira-kira bagaimana dengan Indonesia? Sepertinya tak salah juga tuh kalau mengikuti jejak AS dengan memperbarui semua pernik si Kampret. Lumayan bisa makin membuat dirgantara NKRI makin oke.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA